Selasa, 01 Maret 2016

# curhat

Blogmu Gratis atau Berbayar?

Hollaa...
Selamat datang bulan Maret.
Semoga di bulan ini tetep dilimpahkan kesehatan, rezeki yang lancar dan halal, dan dipenuhi cinta. Cinta dari siapapun. Cinta dari pasangan boleh suami/istri, atau pacar asal bukan selingkuhan :p, dari sahabat, teman, ataupun keluarga.
Aaamiiinn....

Menyambut bulan baru ini, aku menemukan banyak sekali teman-teman blogger yang menyambutnya dengan semangat dan suasana baru. Salah satu cara diantaranya adalah dengan mengubah domain blog, dari yang gratisan menjadi berbayar.

Ilustrasi

Domain .com adalah salah satu domain yang sering dipilih oleh teman-teman blogger ketika mengubah blognya dari yang gratisan jadi berbayar. Jadi kelihatan kece gitu yaa kalau domain blog kita langsung .com tanpa ada embel-embel lain (misal blogspot atau wordpress.)

Dari yang aku baca, ternyata banyak alasan yang melatarbelakangi kenapa seseorang memutuskan untuk pindah ke domain berbayar (.com) salah satunya adalah ingin terlihat lebih profesional. Yaaa nggak bisa dipungkiri kalau kita pakai domain .com selain kelihatan keren, blog kita seakan-akan mirip website perusahaan-perusahaan yang dikelola secara profesional. Ya meskipun sebenernya itu cuma blog pribadi, tapi aku yakin kalian-kalian sebagai pemilik blog pasti akan berusaha sangat profesional dalam ngurusin blognya masing-masing.

Alasan kedua yang paling banyak diutarain ketika memutuskan untuk pindah domain adalah biar semangat ngeblognya semakin terpacu. Yaaa... kalau gak semakin terpacu buat ngeblog, gak semakin rajin untuk posting kan sayang. Udah ngeluarin uang buat beli domainnya eh kok gak pernah diisi blognya. Kan mubazir.

Dua alasan ini menurutku saling nyambung satu sama lain juga. Dalam ke-profesional-an salah satunya terkandung semangat untuk rajin posting. Dalam semangat rajin posting ada keprofesionalan kerja. Menurutku gak cukup semangat rajin posting tapi hasil postingannya ternyata asal-asalan. Kalau menurutku, semangat posting juga harus diikuti dengan semangat keprofesionalan dalam menghasilkan tulisan-tulisan yang kece dan bermanfaat bagi pembaca.


Jujur, jujur banget.... sebenernya aku pun pengen banget blog ini juga pakai domain .com gak cuma numpang di blogspot dan diembel-embeli .blospot.com. biar aku juga bisa kelihatan profesional dan punya tambahan semangat buat ngeblog kayak temen-temen yang lain yang udah lebih dulu pindah domain.

Cumaaaaa......
Aku ngerasa untuk saat ini, aku masih ngerasa belum mampu untuk mengusung blog ini pindah ke domain .com. Aku masih perlu banyak lagi persiapan. Selain persiapan dana untuk bayar domain tentunya, aku juga masih harus mempersiapkan kesiapan diri sendiri; mampu nggak ntar pas udah pindah ke domain .com untuk rutin posting di blog, mampu nggak ngehasilin tulisan yang bermanfaat untuk pembaca?

Jadi, sekarang sambil nabung buat bekal beli domain ntar... #eaaa.... juga sambil terus belajar dan membiasakan diri dengan ritme "ayo coba bikin postingan setiap hari". Sambil terus belajar untuk menggali ide-ide untuk bisa dibikin tulisan yang kece juga, yang enggak cuma sekedar curhat menye-menye. Hihihihiii.... *tapi sesekali curhat menye-menye juga boleh kan yaaa?* :D

Akhir kata, mau blogmu itu masih gratisan atau blogmu udah berbayar, mari tetep sama-sama semangat untuk tetep ngeblog, tetep semangat buat bikin tulisan yang kece, keren, dan bermafaat untuk pembaca.. :)

Semangaaaatttt...!!!!

6 komentar:

  1. saya jg masih pake yg gratisan soalnya masih suka curhat menye-menye...hihi

    BalasHapus
  2. Saya seneng dengan topik ini, kenapa? Soalnya social contract di masyarakat melihat bahwa blog dengan domain ".com" itu lebih keren dan profesional, padahal kan belum tentu, well, ada yang blognya bagus dengan domain berbayar, ada yang blognya domain gratis, semuanya tentang pilihan, cuma seru aja kalo ada yang berani beda, nggak pake hosting domain sendiri tapi blognya bagus banget, this is just my view, gimana menurut aini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panggil saja Fitri Mas.. :)

      Kalau menurut saya sih tergantung pilihan masing-masing yaa... sama seperti yang Mas Agung bilang.
      Tergantung gimana si empunya blog mengelola blognya. Meskipun domainnya gratisan tapi kalau tulisannya disukai banyak orang akan lebih baik dibanding domain berbayar tapi jarang update.
      Di luar sana ada juga kok blogger yang sukses meskipun blognya masih pakai domain gratisan.. :)

      Hapus
  3. ah blog saya masih gretongan... ahahhahah
    seneng yang gratis-gratis sih :D

    BalasHapus
  4. Mau gratis atau berbayar, yang penting isi hehehe aku pakai berbayar karena dua faktor di atas utamanya, sampingannya sekalian cari tambahan biaya kuliah. Hehehe bayar domain setahun gak sampai 150rb itu worth it banget untuk penghasilan lebih dari itu. Dia alhamdulillah sih aku bisa biayai kuliahku sampai semester 6 ini lewat blog. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaahhhhh kereeeennnn.....
      Bisa biayai kuliah dari penghasilan yang didapetin dari blog.
      Ajarin dong Mbaaakkk...
      Atau sharing2 tips dan triknya deh...
      Heheheheee.... :)

      Hapus