Senin, 07 Maret 2016

# Serba-Serbi

Ngomongin Kiddle (Lagi!)

Pagi ini aku udah tiga kali baca share-share an info yang (menurutku) kurang akurat. Tentang search engine baru khusus anak-anak bernama 'Kiddle'.


Banyak banget yang mengira kalau Kiddle ini adalah hasil produksi atau pengembangan dari google. Padahal kiddle sama sekali bukan punya google juga bukan pengembangan dari google.

Kiddle ini merupakan search engine yang dikembangin oleh pihak luar. Hanya dalam sistem pencariannya masih memakai google dalam 'mode aman' selain itu Kiddle juga punya editor yg akan menyeleksi dan memilih-milih konten yg akan ditampilkan pada page di Kiddle sesuai topik yg dicari pengguna dalam batas aman untuk anak-anak.

Banyak yang salah sangka kalau kiddle ini keluaran atau pengembangan google karena cara kerjanya yang sama seperti google yakni sebagai search engine. Padahal mah bukan punya google.

Beberapa hari yang lalu, ada orang-orang yang kritis yang menyampaikan kritikan mereka terhadap media yang memberitakan tentang kiddle yang merupakan hasil dari pengembangan yang dilakukan google. Padahal bukan sama sekali. Salah seorang yang memberikan kritik (atau bisa aku bilang konfirmasi?) adalah Danny Sullivan yang merupakan co-founder of Search Engine Land, an industry publication that covers news and information about search engines mengatakan lewat twitternya bahwa :
Di halaman resmi kiddle juga menyebutkan bahwa kiddle adalah "Visual search engine for kids, powered by editors and Google safe search".

Kesalahsangkaan kalau kiddle dikembangkan oleh google ini sepertinya selain salah sangka dari orang-orang akibat cara kerjanya kiddle yang sama seperti google juga karena kesalahan translasi dan interpretasi media-media Indonesia terhadap berita-berita dari media-media luar yang kemudian dibaca oleh banyak orang. Setauku (yang hanya dikit dan sekilas), berita-berita di media luar (salah satunya dailymail.co.uk yang aku jadiin  referensi waktu bikin tulisan INI) gak ada tuh dia nulis kalau kiddle ini buatan/keluaran/pengembangannya google. Bahkan disitu udah disebutinnya :

Sumber : dailymail


Jadi, yaa menteman kiddle ini bukan search engine kembangannya google. Kiddle hanya piranti (search engine) luar yang memanfaatkan/menggunakan hasil pencarian dari Google, yakni pencarian 'mode aman' yang sudah aku singgung di awal tadi.

So, jangan sampai ikut salah juga yaaa mantemaaaannn..... :*


(Pembahasanku tentang Kiddle bisa dibaca di : Ngomongin Kiddle, Search Engine untuk Anak-anak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar