Selasa, 31 Januari 2012

Donor Darah is My Birthday's Promise

Selasa, Januari 31, 2012 14 Comments
Yap..
Seperti kayak yang udah diceritain di postingan sebelumnya kalo hari ini aku ultah. Yang keberapa..?? Baca deh postingan sebelumnya.. :p

Nah ceritanya beberapa bulan yang lalu sebelum aku ultah, aku sempet bikin janji sama diri sendiri, ntar tepat di tanggal 31 Januari pas ultah aku nggak mau ngelewatinnya gitu aja. Sia-sia, tanpa ngelakuin apa-apa. Aku nggak mau ulang tahun tahun ini cuma dilewatin sama ngebalesin SMS, mention, sama wall di FB yang ngucapin selamat ulang tahun. Akhirnya aku janji buat donor darah sebagai peringatan ulang tahunku tahun ini...

Yap, dan akhirnya tanggal 31 Januari datang...
Rencananya aku mau donor darah pagi-pagi aja. Sekitar jam 10 atau jam 11an. Tapi karena ada satu dan lain hal *ngomong aja males* akhirnya baru keluar rumah jam 2 siang.

Sebelum pergi ke PMI Cabang Jombang aku pergi ke Bank Mandiri Cabang Jombang dulu buat bayar SPP semester 4. Sebenernya agak males juga mau bayar SPP. Masa' mahasiswa udah disuruh bayar SPP aja, padahal nilai semester 3 kemarin belom keluar semua. Nilaiku baru keluar 3 biji doang dari total 8 biji. Tapi daripada ntar pas mau KRS-an susah karena lupa belum bayar SPP akhirnya dibayar aja tuh SPP.

Setelah dari Bank Mandiri akhirnya aku meluncur ke PMI. Sampe di PMI aku celingak-celinguk soalnya tuh kantor sepi banget. Untungnya di depan ada bapak-bapak yang lagi duduk-duduk, aku tanya aja tuh bapak-bapak dimana tempatnya kalo mau donor darah. Akhirnya sama bapak-bapak itu diarahin ke suatu ruangan.

Di ruangan itu aku ketemu sama Ibu-Ibu petugas PMI-nya. Selanjutnya sama kayak prosedur donor darah pada umumnya, mula-mula aku disuruh periksa tensi darah, terus periksa kadar hemoglobin. Setelah semuanya oke baru disuruh tiduran di atas kasur yang udah disediain buat diambil darahnya.

Gimana rasanya donor darah..?? Sakit nggak..??
Rasanya donor darah, enak looh.. Buat badan jadi enteng. Soalnya abis donor darah kan tubuh kita jadi produksi darah-darah segar baru karena darah-darah lama kita udah keluar karena didonorin. Nggak perlu takut kita bakal keabisan darah. Karena sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru dan lebih fresh. Selain itu donor darah juga bisa menjaga kesehatan jantung. Donor darah ternyata juga bisa membantu penurunan berat badan loh.. Karena dengan mendonorkan kira-kira 450 ml darah kita, itu akan membatu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Itu jumlah kalori yangg lumayan banyak yang bisa ngebuat pinggang ramping.
Kalo masalah sakit apa nggak, menurut pendapatku pribadi secara keseluruhan nggak sakit kok. Cuma sedikit sakit pas petugasnya nancepin jarum donornya nya ke lengan kita, abis itu.. Nggak ada apa-apa. Santai..
Setelah jarum donor dipasang di lengan kita, kita cuma nunggu buat kantong darahnya penuh. Setelah penuh, jarum suntiknya dicabut.
Hehee..

Yang aku suka setelah donor darah adalah bisa dapet kotakan yang isinya roti, susu, sama vitamin penambah darah. Gratis lhoo.. Lumayaann.. :D

Bekas donor darah pas masih di plester

Bekas donor pas plester udah dibuka

Kantong Snack dari PMI sama Kartu Donorku

Kartu Donorku

Kantong snack sama kartu donor part 2

Kantong Snack dan isinya


Yihaa..
Itu foto-foto pasca donor darah. Lha foto waktu donor darahnya mana..?? Nggak ada.. Sebenernya pengen foto-foto, tapi malu mau minta tolong sama Ibu-Ibu petugas PMI-nya. Akhirnya nggak jadi foto deeh.. :P

Sejauh ini aku baru 3x donor. Tapi aku berniat ntar bisa rutin 3 bulan sekali buat donor. Karena donor darah selain baik buat kesehatan, juga bisa membantu sesama.. Ya kan..??

Aku sudah mulai donor..
Kamu kapan..??
Ayo donor dong.. :)

Not Teenagers Again

Selasa, Januari 31, 2012 7 Comments
Today is January, 31st 2012.
Today is my birthday.
Today I'm already to to be youth. Not teenagers again.
Many wishes from my friends I get. Thank you all.. :)

Yap.. Hari ini resmi udah aku harus say good bye pada umur belasan alias teenagers. Mulai hari ini aku udah resmi jadi anggota perkumpulan manusia-manusia berumur dua puluhan alias 'youth'. Hahaa..
Macem-macem perasaan campur aduk jadi satu. Tapi yang jelas sih seneng yaa.. tapi ada sedihnya juga. Seneng karena dapet banyak doa dan ucapan dari temen-temen. Tapi sekaligus sedih juga, soalnya sekarang udah makin tua. Sisa umur makin berkurang. Huhuu.. u,u

Dari semalem bahkan kemarin siang pun ucapan-ucapan dan doa-doa Selamat Ulang Tahun udah mulai masuk. Si Kakak sepupu Mega Rachmalia ngelindur aja tuh udah ngucapin Happy Birthday sejak siang kemarin (30/01) padahal ulang tahunku baru hari ini. #ngok

Sebenernya kemarin itu niat mau tidur cepet di bawah jam 12 soalnya hari ini aku punya rencana yang mewajibkan aku harus tidur cepet, tapi apa daya nggak bisa.. Soalnya pas mau tidur tiba-tiba aku ngeliat sekotak makanan yang menggiurkan yang di bawah sama ayah. Alhasil karena emang laper, akhirnya aku makan aja tuh makanan. Sebelum makan ngeliat HP ada SMS masuk... Eeehh itu SMS HBD dari Hadi 'temen' SMA dulu. Ngeliat jam masih jam 23.28. Itu berarti masih tanggal 30, aku bales tuh SMS. "Kecepetan setengah jam oy." Setelah bales SMS, aku makan.

Setelah makan, buka HP lagi ada 2 SMS masuk. Satu dari Hadi lagi, dan satu dari my lovely sista Uni.. :* ngeliat jam udah lewat jam 12, jadi udah masuk tanggal 31. Secara officially yg ngucapin HBD pertama *versi SMS* ke aku itu UNI.. Yeaay.. Makasih sayang.. :*

Abis bales-bales SMS, ganti buka Twitter. Mention udah penuh aja sama kericuhan Twidicted Gank. Alhasil yg berhasil jadi yang pertama ngucapin HBD ke aku *versi twitter* adalah my sista Ika dan disusul sama Nat, dua partner heboh di Twidicted Gank. Thank you gals.. :*
Setelah mereka berdua, di twitter ada ucapan HBD juga dari Rahman Dian. *rather shock but still say thanks bro..:)*
Abis Dian, ada Irma, Wisnu (pacarnya Uni) yang ngucapin pas jam 12 lewat dikit. Thank you.. Thank you..

Setelah balesin mention-mention dari mereka tidur deeh.. Paginya setelah shalat shubuh langsung cek HP lagi, ada SMS dari sobatku Novi. Trus ganti cek mention di twitter udah banyak ucapan-ucapan dan doa HBD. Trus agak siangnya ganti cek wall FB. Wuaah.. Udah banyak banget yg ngucapin.. Meskipun jujur kayaknya nggak sebanyak tahun kemarin. Hahahaa...
Pokoknya tahun ini amazing banget.
 
Oh iya.. tadi pagi sempet dapet kejutan telepon dari anakku Elis, Rizki Rahmadania P yang sempet-sempetnya nelepon aku cuma buat nyanyi dan ngucapin Happy Birthday padahal dia lagi sekolah. Makasih sayang... :*

Umur 19 jadi umur paling memorable buat aku, di umur 19 ini aku punya keluarga yang sangat baik dan sangat sayang sama aku. Ayah, Ibu, Mas Haki.. Thank you so much. Love you every moment forever.
Punya banyak sahabat-sahabat yang TOP banget, ada Bima, Mayang, Novi.
Madam Lai, Kakak Dicta, Amel, Ike, Ridwan, Faizal, Fitria, Tia, Nana, Fingky.
Ely, Herda, Zahra.
Punya 14 anak (Titi, Okky, Uni, Nofita, Megha, Desy, Meida, Kak Ira, Upret, Karin, Michel, Shafira, Zitha, Cyndyana *yang terakhir itu anak nemu :p*) dan 1 cucu (Kak Sintia) yang selalu mewarnai hari-hariku. Ini semua berkat @twihardfam *okay it's so awkward, but I'm so happy with that. Love you all guys*
Dan punya teman-teman yang lain yang nggak bisa disebutin satu-satu. Love you all guys..

Terima kasih buat keluarga yang selalu menyayangi aku. Makasih buat semua sahabat-sahabat yang udah ngisi hidupku. Makasih buat semuanya yang udah jadi bagian dari hidupku ini.

Di umur 20 ini aku berharap semoga lebih baik dari umur 19 kemarin.
Semoga bisa lebih rajin dan nggak males-malesan lagi.
Semoga kuliah lancar, dapet IPK 3,.. terus biar bisa cepet lulus.
Cepet punya pacar..
Hahaa..
Tapi yang terpenting sih bisa ngebahagiain orang tua.. :)

And the last..
Happy birtday to me...
The best for me..

Oh iya, masih nunggu ucapan Selamat Ulang Tahun dari seseorang yang lahir di tanggal 5 Mei 1991. Kira-kira dia ngucapin gak yaa..?? Soalnya tahun kemarin dia nggak ngucapin.. u,u

Senin, 30 Januari 2012

Dendeng Sapi Abal-Abal

Senin, Januari 30, 2012 4 Comments
Haa...
Akhir-akhir ini gak tau kenapa Ibuku hobi banget deh nonton acara Investigasi di Trans TV yang tayang setiap Sabtu dan Minggu. Padahal asal kalian tahu Ibuku ini termasuk orang yang jarang banget nonton tivi kalo nggak ada yang ngeduluin nyetel tivinya.
Tapi hobi Ibuku yang jarang ini sangat bermanfaat. Karena acara Investigasi di Trans TV ini ngebahas kecurangan-kecurangan yang dilakukan beberapa orang terutama makanan. Kayak episode kemarin (Minggu, 29/01) yang bahas tentang Dendeng Sapi.

Hayyoo.. Siapa disini yang doyan sama Dendeng Sapi..?? Kalo aku sih jujur kayaknya belum pernah makan olahan makanan yang satu ini. Aku seringnya makan yang hampir mirip sama Dendeng yaitu Empal.. Hahaa...
Sepemahamanku Dendeng itu salah satu hasil cara mengolah makanan yang bisa membuat makanan itu terutama daging sapi bisa jadi tahan lama bisa sampai 3-4 bulan. Karena dalam pegolahannya setelah daging sapi dibumbui, daging sapi kemudian dijemur sampai kering sampai gak ada kandungan airnya. Nah kalo ntar kita mau konsumsi tuh daging lagi kita tinggal goreng atau olah lagi sesuai selera.

Dendeng Sapi Asli. Gambar dari sini
Olahan Dendeng Sapi. Gambar dari sini

Tapi siapa sangka kalo olahan sederhana ini diselewengkan dan dipalsukan sama segelintir orang cuma buat mengeruk keuntungan pribadi. Daging dendeng yang seharusnya terbuat dari daging sapi diganti sama daging celeng alias babi hutan atau yang lebih menjijikkan lagi diganti sama daging tikus yang dioplos sama daging kerbau yang hampir busuk. Yeekkk...

Cara ngolah dendeng abal-abal ini sebenernya hampir sama kayak bikin dendeng sapi biasa, cuma bahan dasarnya aja yang diganti sama celeng, kerbau hampir busuk atau tikus. Nah.. buat nyamarin bau anyir dari bau tikus atau daging kerbau yang hampir busuk pelaku menggunakan bahan kimia yang bernama Campora. Aslinya, Campora ini dibuat untuk bahan baku semacam balsem yang dibuat untuk pengawet mayat. Hueekk..
Setelah direndem bentar sama larutan Campora ini, baru deh daging-daging gak layak konsumsi itu diolah.

Lantas, darimana pelaku pembuat dendeng abal-abal itu daging-daging tak layak konsumsi itu..?? Kalo daging kerbau yang udah hampir busuk mereka dapetnya dari pedagang-pedagang di pasar yang dagangan daginganya gak laku dari 3-4 hari yang lalu. Jadi harga daging per-kilonya jadi murah banget. Nah kalo celeng mereka dapetnya dari pemburu celeng. Kalo tikus mereka biasanya berburu sendiri. Tikus yang diburu pun gak cuma tikus sawah, tapi juga tikus got yang kalo di wilayah rumahku sini sebutannya Tikus Thonthong. Lantas apa bedanya tikus sawah sama tikus got..??

Kalo tikus sawah, secara fisik badannya agak kecil kalo dibanding sama tikus thonthong alias tikus got dan bulunya juga berwarna coklat-coklat tua. Habitat aslinya ya di sawah, makanya dia disebutnya tikus sawah. Hama yang paling dimusuhi sama Pak Tani. Hahaa..
Nah kalo Tikus Got atau Tikus Thonthhong badannya lebih gede, trus bulunya warnanya lebih gelap, berwarna agak abu-abu hampir item. Laknatnya kalo dia lagi jalan-jalan di darat, nggak di got trus ketemu orang dan dia ngerasa terancam, dia bakalan ngembangin bulunya dan hasilnya akan merebaklah bau busuk ke seantero jagat raya. Oke mungkin ini lebay, tapi kenyataan. Nah karena kelaknatan inilah Kucing predator alami si tikus ini sampe nggak mau buat mangsa si tikus got ini. Buru-buru mangsa, ngejar aja ogah..!!

"Yeekk.. tikusnya bau. Ogah buat ngejar. Mending foto2 aja aah.. :p"

Kalo kucing aja gak doyan buat ngejar tuh tikus, kenapa itu orang-orang malah bohongin kita manusia dengan ngeganti makanan kita dengan tikus-tikus laknat itu..?? Itu berarti dengan nggak langsung mereka nyamain kita dengan kucing dong..?? Kalo kucing gak doyan tapi kita tetep makan, berarti selera makan kita lebih rendah dari kucing dong ya..?? Yaiks..

Naahh buat ngehindarin kita dari mengkonsumsi dendeng sapi abal-abal, langkahnya sih kita harus lebih waspada aja. Jangan mudah percaya apalagi tergiur dengan makanan-makanan yang berharga murah. Karena biasanya barang abal-abal gitu dijual dengan harga yang jauh lebih murah kalo dibanding dengan yang asli.
Kalo misalnya udah terlanjur kebeli, ada tes sederhana, goreng aja dendengnya. Kalo dendeng sapi asli setelah digoreng teksturnya tetep kenyal dan susah buat di-cuil. Kalo daging celeng, tikus atau yang lain teksturnya jadi pecah, gampang buat di-cuil-nya.

Ada lagi siih cara yang gampang buat bedain dendeng asli sama dendeng abal-abal. Tapi ini nggak valid looh.. Tapi bisa lah untuk dicoba :p
Caranya... Ambil secuil dendeng. Kemudian lempar dendengnya ke arah seekor kucing. Kemudian lihat reaksi si kucing, kalo tuh kucing mau makan tuh dendeng berarti daging dendengnya asli dari daging sapi. Aman untuk dikonsumsi. Tapi kalo kucingnya cuek aja trus abis itu dendengnya malah ditinggal pergi maka segeralah untuk membuang dendeng yang anda beli karena terindikasi terbuat dari daging 'abal-abal'.

Semoga bisa membantu..

Sekali lagi, lebih hati-hati yaa buat milih makanan.. :)

Kamis, 26 Januari 2012

Kembalikan Kejayaan Lagu Anak-Anak

Kamis, Januari 26, 2012 6 Comments
Masih pada ingat sama lagu-lagu macam si Kodok, Bis Sekolah, si Komo Lewat atau Naik Delman gak..?? Kalo sobat blogger lahir di tahun 90an pasti pada tahu lagu-lagu itu. Penyanyi-penyanyinya juga pasti pada tahu, ada Susan dan Kak Ria Enes, Trio Kwek-Kwek, Meisy, dan yang lain yang sekarang pasti udah pada dewasa semua kecuali Susan. *hahaha*

Gak tau kenapa sih akhir-akhir ini lagi seneng muterin 4 biji lagunya Suzan yaitu Si Kodok, Suzan Main-Mainan, Suzan Punya Cita-Cita, sama Suzan Masuk Sekolah tiap nyalain laptop. Mungkin karena lagu-lagu itu bernuansa gembira, mudah, dan enak kali yaa jadi suka diputer berulang-ulang. Tapi mungkin juga karena lagu-lagu itu adalah lagu-lagu memorable, lagu-lagu yang nemenin masa anak-anakku dulu.

Suzan - Si Kodok

Suzan - Suzan Masuk Sekolah

Suzan - Suzan Punya Cita-Cita

Suzan - Suzan Main-Mainan

Sedikit share, masa-masa kecilku dulu aku adalah salah satu fans fanatiknya Suzan ini looh.. Selain ada Trio Kwek-Kwek, Meisy, dan Joshua. Hampir semua kasetnya Suzan aku punya. Tapi sayang sekarang kasetnya udah nggak bisa diputer lagi soalnya udah pada jamuran dan tape yang buat muter kasetnya juga udah pada rusak *huhuuu*. Malah sampe sekarang di kaca penyimpan buku-buku yang ada di ruang tamu keluargaku masih ada salah satu stiker bonus kasetnya Suzan yang Suzan I Love You.

Sobat blogger ngerasa gak sih kalo lagunya Suzan itu lagu yang mendidik? Mendidik apa aja? Banyak! Mulai mendidik kita untuk punya cita-cita setinggi langit. Mendidik kita untuk rajin-rajin belajar dan sekolah. Dan juga mendidik kita untuk berteman dengan siapa aja walau dia dan kita sifatnya saling bertolak belakang. Kayak kodok dan kambing di lagu Suzan yang judulnya Si Kodok. Si Kodok yang suka air dan suka mandi tetep mau bersahabat sama kambing yang takut dengan air dan badannya bau. Hahahaa...
Kalo kodok dan kambing aja bisa sahabatan, walau aku sendiri juga gak tau sejak kapan mereka bisa sahabatan, tapi bisa lah buat perenungan. Kita yang sesama manusia kenapa nggak bisa akur dan sahabatan..??

Akhirnya ngerasa sedikit bersyukur bisa dilahirkan di tahun 90-an dimana masa lagu-lagu anak masih gampang buat ditemuin. Dimana anak-anak masih bisa ngedengerin lagu sesuai sama umurnya. Dimana anak-anak nggak harus 'dicekokin' lagu-lagu orang dewasa yang belum saatnya mereka dengerin.


Agak ngerasa miris juga ngeliat anak-anak jaman sekarang yang sehari-harinya denger lagu dewasa, atau lagu dangdut yang agak 'seronok'. Kalo pas masih anak-anak aja udah dididik dengan lagu seperti ini gimana ntar pas udah dewasa?
Kalo pas di rumah yang paling sering curhat masalah lagu yang dinyanyiin sama anak-anak sih ya si Ibu yaa.. Pernah suatu hari hari si Ibu curhat dan bilang gini.. "Masa' kemarin sore serombongan anak-anak kecil lewat depan rumah sambil nyanyi Jablay.." *ini pas lagi boomingnya lagu Jablay yang dinyanyiin Titi Kamal*
Atau aku pernah tau sendiri, tetangga depan rumah yang namanya Bella, yang sekarang baru masuk TK nyanyi lagunya Anang-Syahrini yang Jangan Memilih Aku. Oh my God... :|


Kalo ditelaah lebih jauh lagi, media berperan cukup penting lohh sama pergeseran ini. Coba dilihat deh, media mana sih yang nayangin acara anak-anak? yang nayangin acara musik khusus anak-anak? dulu aku masih inget, setiap jam 3 sore aku pasti duduk manis di depan tivi nonton acara musik 'Tralala Trilili' yang dipandu sama Indra Bekti sama Agnes Monica. Acaranya khusus nayangin lagu anak-anak sama info-info yang mendidik dan sesuai sama umur anak-anak. Nah sekarang? Stasiun tivi lebih banyak nayangin sinetron, atau gak gitu acara musik pop dengan girlband dan boyband yang cuma ngeluarin satu lagu abis itu bubar, atau infotainment yang isinya ngomongin keseharian selebritis. Nah acara buat anak-anak, khususnya acara musik buat anak-anak mana??

Beberapa waktu yang lalu emang ada acara musik anak, tepatnya pencarian bakat penyanyi anak-anak yang diadain sama salah satu statsiun tivi yang namanya 'Idola Cilik', pasti pada tau kan..?? Tapi kalo menurut penilaianku pribadi, itu belum mewakili anak-anak. Lha gimana nggak..?? Pencarian bakat penyanyi anak-anak tapi lagu yang dinyanyiin lagunya orang-orang dewasa, macam Sempurna-nya Andra and The Backbone, Lagu Rindu-nya Kerispatih, atau Tercipta Untukku-nya Ungu. Lha ini mana unsur anak-anaknya..?? -___-


Aku dulu pernah denger salah satu komentar dari salah satu pengamat musik saat ditanya hilangnya lagu-lagu anak-anak di pasaran saat ini. Jawabannya kurangnya pangsa pasar dan kurangnya talent untuk menghidupkan kembali pasar lagu anak-anak.
Kalo menciptakan lagu anak-anak menunggu pasar, kapan keluarnya..?? Karena emang akhir-akhir ini yang lagi rame itu pasar musik pop. Kalo terus-terusan nunggu pasar, berarti cuma mikirin untung dong.. :|
Kalo kurangnya talent, rasanya enggak. Peserta-peserta Idola Cilik itu kan talent, masih bisa dikata anak-anak juga. Ciptain kek lagu anak-anak buat mereka, trus nyanyiin.


Semoga siih nanti ada musisi-musisi dan pemilik label rekaman yang sadar dan mau bikin lagu anak-anak. Pengen gitu liat anak-anak bisa nyanyi dengan bangga lagu yang emang sesuai dengan umur mereka. Lagu anak-anak yang berkualitas.
Pengen liat anak-anak jaman sekarang ngerasain kayak aku di jaman dulu, yang masa anak-anaknya ditemani dengan lagu-lagu ringan khas anak-anak.
Pengen liat lagu anak-anak berjaya lagi. Bukan berjaya dalam artian harus menguasai industri musik mengalahkan lagu-lagu dewasa, tapi berjalan beriringan dengan lagu dewasa. Jadi di setiap tahapan umur, punya hiburannya masing-masing.. :)
Hiburan dalam bentuk lagu, setidaknya.. :)

Kamis, 19 Januari 2012

Satu untuk Berdua

Kamis, Januari 19, 2012 0 Comments
Sebenernya ide ini muncul akibat pikiran iseng *lagi-lagi pikiran iseng* pas tadi sore lagi nyuci baju sambil setengah ngelamun..
Jadi begini ceritanya...

Tadi sore sekitar jam 3an setelah kriyep-kriyep karena abis bangun tidur siang aku menjalankan niat buat cuci baju karena tumpukan baju kotor di kamar udah lumayan banyak. Setelah melakukan ritual awal pencucian baju yaitu merendam baju dengan deterjen, aku shalat ashar dulu sambil nunggu deterjennya bekerja.
Oke setelah shalat ashar dan bengong bentar di kamar dengan setengah hati aku beranjak untuk mulai mencuci.

Karena hari emang udah sore, orang-orang di kosan pada mandi dong yah.. Secara kebetulan, hari ini tadi anak-anak kos pada nggak ada semua. Si Amel remaja galau asal Surabaya udah pulang ke kampung halamannya, sementara si Kakak Dicta kayaknya dia lagi menjajakan suaranya (baca: siaran di radio). Alhasil yang ketahuan mandinya sore ini cuma Ibu Kos, Bapak Kos, (dan diriku sendiri). Eits tunggu dulu, jangan dipikir aku ngintipin dua orang yang pertama aku sebut itu mandi loh yaa.. Nggak aku nggak ngintip, cuma langsung ikutan aja. #salah!


Jadi di tempat aku nyuci, di atasnya ada semacam gantungan tempat gantungin handuk. Pas aku lagi seru-serunya aku nyuci sambil ngelamun si Ibu Kos dateng terus ngambil handuk warna biru agak mbulak, abis itu masuk kamar mandi dan mandi *ya iyalah masa' mau belanja?* Nggak lama, si Ibu Kos selesai mandi dan menggantungkan kembali handuknya di gantungan yang ada di atas tempatku nyuci.

Nggak lama kemudian ganti Bapak Kos yang dateng dan muter-muter di deket tempatku nyuci. Aku sih santai-santai aja nggak mikir apa-apa kecuali mikir kalo nih orang bakalan mandi juga abis ini. Dan ternyata bener, nggak lama kemudian orangnya ngambil handuk terus masuk ke kamar mandi, mandi.
Tapi setelah aku telaah *cieh bahasanya* kenapa tuh Bapak Kos juga ngambil handuk warna biru agak mbulak yang tadi dipake sama si Ibu Kos. Ini jadi ngingetin aku kalo pas di rumah. Soalnya Ayah sama Ibuku juga gitu, satu handuk dipakai berdua.

Akibat kesamaan itu aku jadi mikir, apa semua pasangan suami istri juga gitu..?? Satu handuk dipakai berdua..?? Kenapa..?? Kenapa..?? Kenapa mereka ngelakuin kayak gitu..?? Apa biar dikira romantis..?? Satu barang dipake berdua..?? Entahlah aku juga nggak ngerti jawabannya..


Kira-kira, kalau menurut pendapat kalian gimana..??

Rabu, 18 Januari 2012

Ucapanmu, Doamu...

Rabu, Januari 18, 2012 2 Comments
"Ucapan kita itu doa kan yaa..?? Soalnya aku pernah denger dari ustad siapa gitu, katanya ucapan kita itu doa. Coba inget-inget lagunya Kristina yang Jatuh Bangun. Akhirnya kejadian kan hidupnya juga jatuh bangun. Rumah tangganya berantakan." -Amelia 'Amel' Pravitasari, mahasiswi galau asal Surabaya.

Waktu aku denger omongan itu seketika aku mikir, ini anak tumben omongannya bener. Ada apa..?? Apa karena besoknya dia UAS-nya UAS tulis bukan tugas take home kayak biasanya makanya omongannya bener. #eh.

Tapi setelah dipikir-pikir kayaknya omongannya emang bener kok. Coba kita tengok lagi lirik lagu 'Jatuh Bangun' yang dinyanyikan Kristina..
"Jatuh bangun aku mengejarmu..."
Akhirnya jatuh bangun beneran kan mbak..?? Rumah tangganya berantakan, hidupnya juga jadi jatuh bangun. Susah deh.. #eh

Trus, abis itu, kemarin kalo gak salah, pas lagi diem-diem blogging sama twitteran sambil dengerin musik, tiba-tiba Winamp muter lagunya Anang-Syahrini yang Jangan Memilih Aku.
 "Jangan memilih aku bila kau tak sanggup setia, kau tak mengerti aku, diriku yang pernah terluka. Jangan memilih aku bila kau tak bisa setia, kau tak mengerti aku, diriku, yang pernah terluka cinta."
Dalam hati berkata, "Tuh kan gak dipilih beneran. Salah sih pemilihan katanya."
Kayak yang udah kita sama-sama tahu, kalau dulu duet pasangan ini jadi fenomenal banget. Tapi pada akhirnya pecah kongsi juga kan..?? Pisah kan..?? Gara-gara 'Jangan Memilih Aku' sih, jadinya beneran gak dipilih deeh. Kan katanya perkataan itu doa.. :p

Sampai pada akhirnya, malam ini aku menyadari betapa pentingnya menjaga perkataan. Karena seperti judul postingan ini, Ucapan adalah Doa, jadi kita harus menjaga ucapan kita. Jangan sampai dari mulut kita keluar kata-kata yang gak baik.
Seandainya kita bilang, "Aku malas, aku bodoh, aku gak bisa," bisa jadi itu ntar jadi kenyataan. Kita bener-bener jadi malas, bodoh, dan gak bisa.
Jadi mulai sekarang coba membenahi kata-kata kita dengan kata-kata yang positif, seperti "Aku rajin, aku bisa, aku mampu, aku pintar." Maka semoga kita bener-bener bisa jadi rajin, bisa, mampu, dan pintar.
Tapi kalau kayak gitu apa nggak dianggap terlalu PeDe dan Narsis?? Nah lhoo..?? Hayyoo...
Kalo kataku dan kata Amel.. Gak masalah sih kalo dianggap narsis, dan ternyata narsis itu perlu kok. Karena dengan narsis kita mengeluarkan kata-kata positif *dengan catatan sebenarnya, kita ngomongnya gak boleh pake sombong*. Karena ingat sekali lagi, ucapan itu doa.

Jadi, gimana menurut pendapat kalian..??

Jumat, 13 Januari 2012

Berkeluarga [apakah?] Harus Berteman

Jumat, Januari 13, 2012 0 Comments
Dini hari ini saat menemani temenku ngerjain tugas (meskipun nemeninnya di kamar, tapi dengan kondisi pintu kamar dibuka karena kamar kita sebelahan) tiba-tiba nggak sengaja muncul sebuah pertanyaan:
"Apakah kita juga harus 'berteman' dengan keluarga kita di FB (atau jejaring sosial lainnya)? Dan apakah harus untuk mencantumkan nama mereka di hubungan 'Keluarga' di profil FB kita?"
Siapa mau jawab?
Mungkin aku dulu sebagai pemilik posting.

Latar belakang munculnya pertanyaan itu sebenernya karena aku habis update status di FB. Just say, "Selamat ulang tahun, AYAH-ku. Always love you... :3" Kebetulan hari ini, 13 Januari 2012 ayahku ulang tahun. Emang sih, sebenarnya nggak ada tradisi ulang tahun di keluargaku, dan kalau seandainya ayah atau keluarga intiku tahu aku nulis kayak gitu, mungkin malah diketawain atau malah sedikit dimarahin. Karena ulang tahun itu sebenernya kan hanya bertambahnya bilangan umur kita, tapi sejatinya malah berkurangnya umur kita yang berarti semakin dekatlah kita dengan kematian. *wooo ngeri*

Oke back to topic!
Setelah update status itu aku jadi mikir, sebenernya harus nggak sih kita temenan sama keluarga kita di jejaring sosial? Yang aku maksud ini keluarga inti, seperti ayah, ibu, kakak, atau adik.
Mungkin ada yang menjawab kita harus berteman supaya hubungan komunikasi kita tetap lancar, selain itu kita tetap bisa tahu kabar dari keluarga kita itu.
Atau mungkin malah ada yang jawab nggak perlu. Soalnya tanpa kita berteman di FB pun hubungan komunikasi, dan kabar terbaru dari keluarga pasti akan kita dapat. Karena masih ada HP, ada telepon dan ada SMS.
Sekedar berbagi fakta, sampai sekarang aku belum berteman dengan Mas (kakak laki-laki) kandungku di FB. Kenapa? Yaa nggak papa. Nggak pengen aja. Padahal kita berdua sama-sama tahu kalau kita sama-sama punya FB. Tapi, dua-duanya sama-sama nggak ada inisiatif buat nge-add duluan.
Dan apa dengan tidak saling berteman di FB itu menjadikan hubungan kita jauh? Nggak juga tuh. Malah aku rasa, dengan tidak berteman dengan keluarga di FB itu bisa memberikan sedikit ruang privasi buat kita. Ada beberapa hal yang kita lebih nyaman biar orang lain aja yang tahu daripada keluarga kita yang tahu. Misalnya, masalah percintaan.
 
Lalu, kalau sudah berteman, perlukah mencantumkan nama mereka ke list 'keluarga' dalam profil FB kita?
Sama seperti pertanyaan pertama, mungkin ada yang jawab perlu biar temen-temen FB yang lain tahu siapa saja keluarga kita. Itu juga kalau kita jujur dengan list yang kita buat, jadi kita bener-bener cantumin nama keluarga kita sesuai dengan hubungannya dengan kita. Asli bukan abal-abal. Soalnya aku sering banget nemu di profil temen, dia cantumin nama temennya (temen sekolah) di list keluarga dengan label Ibu, atau Ayah, atau anak. Helloo... sejak kapan mereka menjadikan kalian anak-anak mereka? Lalu Ayah dan Ibu asli kalian dimana posisinya? Posisi mereka tetap jadi Ibu dan Ayah kita kok, cuma mereka kan nggak punya FB. -__-
Lalu apa tujuan kalian nyantumin nama temen kalian jadi Ayah atau Ibu kalian? Itu karena hubungan kita udah deket banget, kayak Ibu dan Anak.
Yak ampun..?? Hanya karena itu..??


Jadi, aku rasa dua hal di atas itu nggak harus dilakukan.
Emang siapa yang ngewajibin? kan nggak ada.
Jadi gimana menurut kalian?
Perlu atau nggak dua hal di atas dilakukan?

Selasa, 03 Januari 2012

Manfaatkan 4L4y untuk Hal yang Lebih Baik dan Benar..!! :p

Selasa, Januari 03, 2012 4 Comments
Yuhhuu sobat blogger...
Apa kabar..?? Gimana hari-hari di tahun 2012 ini..?? Menyenangkan..?? Semoga menyenangkan..

Hmm sobat blogger, apa sih kira-kira yang kalian bayangin klo mendengar kata 'alay' ? Mungkin semuanya pada jawab orang yang aneh, orang yang berlebihan, atau orang yang kalo nulis SMS, status FB, atau bahkan nama di profil FB jadi kayak gini...

Ini contoh SMS atau update status FB:
"4dUh ujH4n.. m4N4 b3LoeM bi5a puuL4n6.. ch4yaNkzZz j3MpuT doOnKzZz.."
 Kalo ini contoh nama profil FB:

Hezzazizapittenk MOnztternnazipunkazzholee

Haissaaahhh...
Gimana coba baca tulisan-tulisan model kayak gitu itu *nunjuk ke atas*. Mungkin hanya orang-orang dengan ilmu batiniah yang sangat tinggi yang bisa baca tulisan macem gitu.

Sumpah sih kalo aku pribadi kalo sampe ada temen yang SMS macem gitu, siap-siap aja gak dibaca. Boro-boro aku baca, aku buka SMSnya aja kagak. Langsung pencet tombol delete! *hapeku qwerty men, jadi ada tombol delete sendiri (semacam agak pamer)* 

Eits, tapi tunggu dulu...
Model tulisan alay macem gitu ternyata amat sangat berguna, bahkan amat sangat disarankan looh.. *kedip-kedip*
Masa' siih..??
Nggak percaya..?? Coba cermati dan perhatiin susunan kata-kata berikut ini deeh..
"Agar kata sandi Anda lebih aman: -Gunakan huruf dan angka-angka. -Gunakan karakter khusus (misalnya @). -Gunakan kombinasi huruf kecil dan besar."

Pada ngeh gak itu kata-kata ada dimana..??
Nggak..??
Yak ampuuunnn... Kata-kata itu kan muncul kalo kita lagi mau masukin password kalo kita mau bikin account Yahoo Mail.. -_-
Gak percaya..??
Nih buktinya...




Naahh..
Percaya kan..??


Sekarang kita telaah satu-satu poin-poin yang aku sebutin di atas atau yang aku lingkarin merah itu..
Hmm coba kita amati dan telaah kata-katanya..
1. Gunakan huruf dan angka
Huruf itu kan berarti alfabet A-Z. Kalo angka yaa 0-9. Kalo gunakan huruf dan angka berarti.. >> "r0b3rT". ALAY..!!

2. Gunakan karakter khusus (misalnya @)
Hmm.. huruf-huruf dicampur sama karakter khusus. Berarti bisa jadi kayak gini.. >> "c@k3p". ALAY..!!


3. Gunakan kombinasi huruf kecil dan besar
Ini jadi begini >> "rObErT". ALAY..!!


Kalo ketiganya digabung jadi >> "r0b3rTc@k3P". Sangat ALAY total... -__-

Tapi kalo kamu ketikin kata yang alay maksimal itu ke kolom 'kata sandi/password', penunjuk kekuatan passwordmu bakalan seketika menunjukkan status "SANGAT KUAT" kayak contoh gambar di atas.. yang itu berarti passwordmu sangat kuat dan kemungkinan accountmu di-hack orang lain bakalan sangat susah karena passwordmu yang udah sangat susah juga..


Jadi kalo menurutku alay itu nggak sepenuhnya merugikan kok.
Alay juga bisa menjadi sangat bermanfaat.
Contohnya saat akan membuat password untuk akun-akun kita di dunia maya yang sangat rawan akan pembobolan.
Tapi perlu diingat juga sih.. Password itu kan buat masuk untuk mengakses akun kita. Jangan karena terlalu senang bereksperimen 4l4y trus saking senengnya karena kekuatan passwordnya 'SANGAT KUAT' jadi lupa mana bagian yang harus ditulis pake huruf, pake angka, pake simbol, atau pake huruf kapital.


Jadi mari kita manfaatkan ke-4l4y-an kita untuk hal-hal yang lebih berguna dan lebih tepat sasaran.. :D


Terakhir sebagai penutup postingan ini..
"Budayakan alay. Karena semakin alay dirimu, semakin kuat passwordmu." -Fitri
Hahaa...
Ciaaoo...
Byeee...

Minggu, 01 Januari 2012

Welcome 2012

Minggu, Januari 01, 2012 2 Comments
Hullaw...
Selamat pagi sahabat blogger..
Selamat pagi di hari pertama tahun baru 2012...

Sebelumnya, 
Selamat Tahun Baru 2012 dulu..
Semoga tahun ini menjadi tahun yang barokah buat kita semua.
Semua harapan dan cita-cita kita semua dapat terwujud.
Hal-hal yang belom terlaksana atau terwujud di tahun 2011 kemarin bisa terwujud tahun ini. *amin*

Iyyaww..
Malem pergantian tahun ini kalian pada ngapain niih..?? Kalo aku abis bakar-bakaran sama anak-anak Kavling 10. Sumpah seru abis. Setelah bakar-bakar kita liat acara kembang api yang diadain sama pihak rektorat kampus. Dan pas nulis dan posting postingan ini aku belom tidur dari kemarin siang.
Hmm.. buat rangkaian acara pergantian tahun baru ini kayaknya bakalan aku bahas tersendiri aja yaa di lain posting.. Okee..?? Oke.. Hahaa...


Sekarang udah tahun 2012. Berarti 1 tahun di tahun 2011 udah lewat. Banyaaaaaakkkk banget kenangan-kenangan yang terjadi selama tahun 2011 ini. Baik kenangan baik ataupun kenangan buruk. Hmm.. semoga semua kenangan itu bisa menjadi pelajaran buat kita biar di tahun 2012 ini kita bisa menjadi orang yang lebih baik, baik, baik lagi. *amin*


Sekarang aku mau sedikit flashback niih apa yang udah terjadi selama tahun 2011 kemarin. Hehee..
Kita mulai dari dunia kuliah dulu..
1. Mulai masuk semester 2
2. Mulai dapat mata kuliah yang fokus sama Komunikasi
3. Ngeri sama mata kuliah Teori Komunikasi I
4. Tiap hari Rabu, sehari kuliah bersama dengan dosen bernama Pak Bambang Semedhi. di mata kuliah Dasar Jurnalistik sama Dasar Broadcasting.. :3
5. Bikin -bikin video clip sama film pendek.. :D
6. Dapat mata kuliah paling absurd sedunia. Filsafat Ilmu dan Dasar Logika. -_-
7. Ketemu 'matematika' lagi di mata kuliah Dasar Statistik
8. Hasil belajar semester 2 yang bener-bener di luar dugaan. :3
9. Mulai semester 3
10. Ngeri sama mata kuliah Teori Komunikasi II yang dosennya Bu Desi. Makin ngeri pas tau kalo dosen mata kuliah KAP juga sama. Mampus.. Tapi ternyata Bu Desi kalo ngajar enak kok. Tinggal nunggu hasil aja niih...
11. Ketemu mata kuliah absurd part II, Etika Filsafat dan Ilmu Komunikasi -_-
12. Ketemu dosen2 yang absurd. Mulai dosen SSBI, BI, sampe MPS.
13. Makin jarang nyatet atau ngopi materi kuliah -_-
14. Jadwal kuliah yang mendadak absurd karena masuk siang-sore.
15. Punya sahabat-sahabat yang sangat super..!! Madam Lai, Bernadette, Ike, Ridwan, Fingky, Fisil, Nana, Fitria, Tia, Agnes, Nilna, Abud. Moga makin super aja yaa di tahun ini, di semester ini, dan seterusnya..!!


Yak bergeser ke Kavling 10..
Hmm apa yaa di kavling ituu..
Palingan ini..
1. Dipilih secara mendadak jadi Redaktur Pelaksana Media Kavling 10
2. Jadi layouter dadakan juga buat media Kavling 10
3. Liputan Jurnal PK2 Maba. Ngerasain mumetnya bikin media dalam 1 hari. Liputan, nulis, editing, layouting, printing, dan publishing dalam 1 hari. Tapi dengan ini bisa kenal orang-orang dari fakultas lain terutama Fakultas Teknologi Pertanian. Big thank's for the 'KaPel' Mas Agi.. :D
4. Dapat kartu PERS. Yeeaayy.. :D
Trus apalagi yaa..?? Mungkin 
5. Jadi makin deket dan makin kompak sama partner-partner di kavling.. Herda, Ely, Ali, Bli, Dedy, Bayu, Bernadette *orang ini lagi*, Adil, Babang Gib, Karin, Mayang, Sany, Zahra.
6. Masih punya utang liputan ke pihak Indomaret buat majalah.. -_-
7. Mulai ngurusin angba.. Hffttt...


Lanjut siihh ke kehidupan pribadi. Ini boleh campur, mulai di kampus, kavling, kos, twitter, FB, rumah, dll..
1. Sempet punya pacar. Tapi cuma bentaran doang.. *miris*
2. Ultah yang ke-19. Dapat banyak ucapan selamat ulang tahun. Tapi nggak ada yg dari 'kamu' :( Malah sobat tercinta Bima yang sempet2in telepon cuma buat ngucapin met ultah. Makasih Biiimmm... :*
3. Dibeliin DSLR..
4. Punya virtual family, Twihardfam yang terdiri 14 anak super yang addicted banget sama Twilight Saga yang udah ngewarnain hari-hariku. Titi as Alice, Okky as Irina, Uni as Carmen, Kak Sintia as Renesmee, Kak Ira as Rosalie, Meida as Bella, Upret as Kachiri, Desy as Jane, Megha as Tia, Karin as Zafrina, Michel as Maggie, Shafira as Chelsea, Nofita as Tanya. Thank's all guys. Tetep solid yee.. Semoga bisa ketemu kalian semua. As soon as posible.. :)
5. Punya sobat-sobat Twilightdicted Gank. Sesama pecinta Twilight yang aku temui sebelum Twihardfam. Ika, Nat, Tithy, Vie.. :3
6. Ketemuan sama Upret sama Zahrina
7. Pindah Kos.. yang akhirnya menyebabkan kegilaan bersama Bernadette dan Amel..
8. Punya partner yang gokil abis. Icha.. :3
9. Ketemu orang-orang yang super, kak Uwi sama kak Hani..
10. Gabung sama NBCMalang. Semoga bisa jadi jalan untuk mendalami dunia tulis-menulis, karang mengarang
11. Ketemu sama temen-temen baru baik di twitter ataupun di blog yang gak bisa disebutin satu-satu. Tetep berteman yeee.. :)
12. ke Bali..
dan banyak yang lain-lainnya.. :D


Flashbacknya udah..
Sekarang gilirannya harapan-harapan di tahun 2012 ini. Hmm harapanku apa yaa..?? Mungkin ini kali yaa...
1. Kuliah lancar
2. IPK semester 3 sama semester 4 bisa di atas 3,5
3. Gak males lagi
4. Makin rajin dalam segala hal
5. Bisa nerbitin novel
6. Makin solid sama sahabat-sahabat
7. Bisa jadi angla yang baik buat angba-angba di kavling
8. Gak pemalu dan minderan lagi
9. Bisa ketemu sama Twifam sama Twilightdicted gank..!!
10. Punya PACAR..


Hahaa...
Bacotnya panjang yee..
Udah gitu absurd pula..
Ya udahlah deh..
di akhiri sampe sini aja..
Kalo ada yang belom ditulis dan tiba-tiba teringat nanti, nanti bakalan di-update lagi *loh*

Terima kasih buat yang mau baca.

Gotta go..
Nggak mau mau tidur, pulang ke Jombang karena 1 minggu ke depan minggu tenang menjelang UAS tanggal 9 Januari, atau keluar ketemuan sama si Dhilla 'Dul' temen twitter..


Selamat Tahun Baru 2012.... :D
Oh iyaa... Happy Birthay buat Kak Ira...
Wish you all the best kak.. 
Semoga kita cepet ketemu yee... :D