Selasa, 31 Januari 2012

Donor Darah is My Birthday's Promise

Yap..
Seperti kayak yang udah diceritain di postingan sebelumnya kalo hari ini aku ultah. Yang keberapa..?? Baca deh postingan sebelumnya.. :p

Nah ceritanya beberapa bulan yang lalu sebelum aku ultah, aku sempet bikin janji sama diri sendiri, ntar tepat di tanggal 31 Januari pas ultah aku nggak mau ngelewatinnya gitu aja. Sia-sia, tanpa ngelakuin apa-apa. Aku nggak mau ulang tahun tahun ini cuma dilewatin sama ngebalesin SMS, mention, sama wall di FB yang ngucapin selamat ulang tahun. Akhirnya aku janji buat donor darah sebagai peringatan ulang tahunku tahun ini...

Yap, dan akhirnya tanggal 31 Januari datang...
Rencananya aku mau donor darah pagi-pagi aja. Sekitar jam 10 atau jam 11an. Tapi karena ada satu dan lain hal *ngomong aja males* akhirnya baru keluar rumah jam 2 siang.

Sebelum pergi ke PMI Cabang Jombang aku pergi ke Bank Mandiri Cabang Jombang dulu buat bayar SPP semester 4. Sebenernya agak males juga mau bayar SPP. Masa' mahasiswa udah disuruh bayar SPP aja, padahal nilai semester 3 kemarin belom keluar semua. Nilaiku baru keluar 3 biji doang dari total 8 biji. Tapi daripada ntar pas mau KRS-an susah karena lupa belum bayar SPP akhirnya dibayar aja tuh SPP.

Setelah dari Bank Mandiri akhirnya aku meluncur ke PMI. Sampe di PMI aku celingak-celinguk soalnya tuh kantor sepi banget. Untungnya di depan ada bapak-bapak yang lagi duduk-duduk, aku tanya aja tuh bapak-bapak dimana tempatnya kalo mau donor darah. Akhirnya sama bapak-bapak itu diarahin ke suatu ruangan.

Di ruangan itu aku ketemu sama Ibu-Ibu petugas PMI-nya. Selanjutnya sama kayak prosedur donor darah pada umumnya, mula-mula aku disuruh periksa tensi darah, terus periksa kadar hemoglobin. Setelah semuanya oke baru disuruh tiduran di atas kasur yang udah disediain buat diambil darahnya.

Gimana rasanya donor darah..?? Sakit nggak..??
Rasanya donor darah, enak looh.. Buat badan jadi enteng. Soalnya abis donor darah kan tubuh kita jadi produksi darah-darah segar baru karena darah-darah lama kita udah keluar karena didonorin. Nggak perlu takut kita bakal keabisan darah. Karena sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru dan lebih fresh. Selain itu donor darah juga bisa menjaga kesehatan jantung. Donor darah ternyata juga bisa membantu penurunan berat badan loh.. Karena dengan mendonorkan kira-kira 450 ml darah kita, itu akan membatu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Itu jumlah kalori yangg lumayan banyak yang bisa ngebuat pinggang ramping.
Kalo masalah sakit apa nggak, menurut pendapatku pribadi secara keseluruhan nggak sakit kok. Cuma sedikit sakit pas petugasnya nancepin jarum donornya nya ke lengan kita, abis itu.. Nggak ada apa-apa. Santai..
Setelah jarum donor dipasang di lengan kita, kita cuma nunggu buat kantong darahnya penuh. Setelah penuh, jarum suntiknya dicabut.
Hehee..

Yang aku suka setelah donor darah adalah bisa dapet kotakan yang isinya roti, susu, sama vitamin penambah darah. Gratis lhoo.. Lumayaann.. :D

Bekas donor darah pas masih di plester

Bekas donor pas plester udah dibuka

Kantong Snack dari PMI sama Kartu Donorku

Kartu Donorku

Kantong snack sama kartu donor part 2

Kantong Snack dan isinya


Yihaa..
Itu foto-foto pasca donor darah. Lha foto waktu donor darahnya mana..?? Nggak ada.. Sebenernya pengen foto-foto, tapi malu mau minta tolong sama Ibu-Ibu petugas PMI-nya. Akhirnya nggak jadi foto deeh.. :P

Sejauh ini aku baru 3x donor. Tapi aku berniat ntar bisa rutin 3 bulan sekali buat donor. Karena donor darah selain baik buat kesehatan, juga bisa membantu sesama.. Ya kan..??

Aku sudah mulai donor..
Kamu kapan..??
Ayo donor dong.. :)

14 komentar:

  1. Balasan
    1. Hiduuuppp...
      Ayoo jadikan donor darah sebagai kebiasaan.. :)

      Hapus
  2. hapyy bdayy fitt..salut dehh..
    semoga kita bisa bermanfaat bt banyak orang..aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih... :)

      Amiinnn...
      Amiinnn...
      Semoga kita lebih bermanfaat lagi untuk orang banyak di kedepannya.. :)

      Hapus
  3. wah kakak malah sama sekali nggak pernah bisa, selain takut berat badannya juga tidak memungkinkan -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaa... kenapa takut..?? Pasti takut sama jarum suntik ya mbaknya..?? kayak masku aja mbak.. hehee..
      Ehh, emang berat badannya Mbak Honey berapa..?? dibawah 45 kg..?? :o

      Hapus
  4. Balasan
    1. waaww... apanya yang amazing..?? :o

      Hapus
  5. Wahh, jadi pingin ikutan donor darah wkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheee....
      Klo gitu, ayo donor darah... :)

      Hapus
  6. gimana rasanya. . . .??? aku kurus gini bisa donor gak si and kriteria donor kayak gimana...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya..?? enak kok.. hihihii...

      emang kurusnya seberapa siih..??

      Ini nih syaratnya buat bisa donor darah:
      1. Berbadan sehat
      2. Berusia 17-65 tahun
      3. Berat badan lebih dari 45kg
      4. Tidak sedang menderita pemyakit
      5. Wanita: Tidak sedang hamil dan menyusui
      6. Jarak waktu donor darah sekurang-kurangnya 3 bulan

      Tapi meskipun bisa memenuhi syarat2 di atas kadang orang gak seketika bisa donor darah looh. Soalnya nanti di PMI ada pemeriksaan lagi. Kayak pemeriksaan tensi darah, sama kadar hemoglobin.
      Kalo semuanya memenuhi syarat baru bisa donor..
      Oiya klo emang mau donor darah, sehari sebelum donor darah diusahakan jangan begadang, terus pas mau berangkat donor diusahakan makan dulu.. hehee.. :)

      Selamat mencoba...

      Ayyoo donor darah..!!! :)

      Hapus
    2. tapi aku ceking ntu. . . . . gimana...???

      Hapus
    3. cekingnya seberapa..??
      coba cek berat badan dulu deeh..
      jangan2 badannya ceking tapi berat badannya banyak..
      huehehee...

      Hapus