Coretan Fitri tentang DAY6 The Book of Us : Negentropy - Chaos swallowed up in love

by - Selasa, April 20, 2021

Halo selamat malam teman-teman semuaaa....

Fitri menulis tulisan ini sambil mewek jelek karena Senin, 19 April 2021 pukul 6.00 PM KST atau 4.00 PM WIB BAND Korea favoritnya, DAY6 resmi comeback dengan merilis mini album baru berjudul The Book of Us (TBOU) : Negentropy - Chaos swallowed up in love.

Cover Digital Album DAY6 The Book of Us : Negentropy - Chaos swallowed up in love

Comeback kali ini kerasa spesial banget karena DAY6 balik lengkap berlima lagi setelah sempet beraktivitas cuma bertiga melalui sub-unit DAY6 (Even of Day) yang terdiri dari Young K (vocal+bassist), Wonpil (vocal+keyboard dan synth), dan Dowoon (drummer). Dua member yang lain yakni Jae (vocal+gitaris) dan Sungjin (leader, vocalis+gitaris) terpaksa absen karena alasan kesehatan

Ketika JYP Entertainment selaku agensi DAY6 ngumumin kalau DAY6 bakal comeback full berlima aku emo banget! Karena akhirnya bisa lihat DAY6 lengkap berlima lagi setelah hampir setahun nunggu. Kangen banget liat Jae sama Sungjin ngegenjreng gitar dan nyanyi lagi bareng sama Young K, Wonpil, dan Dowoon.

Kangen BERLIMA begini!
Sumber : day6official twitter

Kangen interaksi Park Bros begini....
Sumber : DAY6 Youtube - screenshoot You make Me MV Making

Di mini album yang ketujuh ini, DAY6 ngebawa tujuh lagu baru. Lagu andalan mereka di mini album ini berjudul "You make Me" yang lagunya bener-bener enak!

Dilansir dari Soompi, lagu You make Me yang liriknya ditulis sama Young K dan lagunya di-compose sama Young K dan Wonpil ini mengekspresikan perasaan cinta yang melimpah dan pesan bahwa harapan dapat berkembang di tengah kesulitan.

Pesan itu bener-bener mendalam kalau melihat perjalanan DAY6 dalam setahun terakhir. Mereka harus terpaksa 'istirahat' secara full grup dan berjalan dengan unit grup karena dua membernya yang sakit. My Day (sebutan fans DAY6) pun juga harus sabar nungguin idolanya bisa balik lengkap berlima lagi.

Tapi yang bikin terharu, baik member DAY6 dan My Day sama-sama menguatkan di masa-masa sulit. Meski istirahat, Jae dan Sungjin kadang-kadang ngasih kabar dengan live di akun vlive kalau gak gitu di instagram pribadi. Jae sempet rajin streaming main game lewat akun twitch biar fans-nya ini bisa tetep dekat dengan dia. Tapi karena ada satu dan lain hal, Jae kemudian berhenti streaming main game. Huhuu... sedddiiihh..... :'((

Nah itu cerita kalau ditilik dari sudut pandang DAY6 dan My Day. Kalau dilihat dari storyline MV beda cerita lagi nih.

Kalau dari storyline MV, You make Me ini nyeritain tentang sepasang muda-mudi yang kasmaran. Mereka berdua keliatan bahagia sama-sama. Tapi di tengah jalan, baru diketahui kalau si cowoknya luka parah. Tapi si cowoknya kayak meyakinkan kalau dia gakpapa dan mereka berdua akhirnya jalan bareng-bareng, seneng-seneng dengan naik mobil.

Sampe akhirnya mereka sampai di pantai yang indah dengan pemandangan sunset yang cantik.


Tapi ketika aku jalan-jalan di twitter, aku menemukan sebuah teori yang menarik tentang jalan cerita di MV You make Me ini. Ceritanya jadi agak sedih tapi agak heartwearming juga. Karena katanya ternyata pasangan sejoli itu menemukan kebahagiannya dengan bersama satu sama lain bukan saat di dunia ini, tapi di dunia sana, di akhirat... :'((

Meski teori ini hanya asumsi (INGET: HANYA ASUMSI dan INTERPRETASI) dari para penonton dan fans, tapi asli ceritanya menarik banget untuk disimak. Karena sedih dan bahagia di saat yang bersamaan kalau emang beneran begitu ceritanyaaaa..... :'((

Ditambah arti liriknya juga sangat sweet dan mendukung pulaaaaa....... *nangis guling2 dulu*

"If I lose you there is no tomorrow
If I have you that's all I need

Don't let go. 
Cause to me you are my last ray of hope
My one and only shining light

Hold onto me
Being alive is scary and tough
But I can push through
So long as I have your love."

Credit to : 
Untuk utas lengkapnya bisa baca DISINI

Credit to : 
Untuk utas selengkapnya bisa baca DISINI

Sementara urusan musikalitas, seperti biasa DAY6 selalu keren di semua lini. Dari instrumen sampe vokalnya. Di album kali ini lagi-lagi DAY6 kayak banyak bereksperimen lagi.

Aku yang gak paham dengan teknis musik cuma bisa bilang kalau lagu-lagu mereka enak, bisa masuk ke seleraku. Biasanya aku agak susah kalau berurusan sama lagu baru. Tapi sampai sejauh ini, setiap DAY6 ngeluarin lagu baru selalu sopan dan masuk ke selera. Jadi langsung suka.

Tapi kalau mau tahu pendapat tentang segi musikalitasnya DAY6 di album mereka kali ini, terkhusus di lagu You make Me ini dengan komprehensif nih aku kasih video reactionnya salah satu engineer music Indonesia, namanya Bang Christ Lukita, disini beliau jelasin detail banget tentang gimana musikalitasnya anak-anak DAY6 di lagu You make Me.

Bang Christ bilang, di lagu ini anak-anak DAY6 lebih dewasa dan tetep banyak bereksperimen. Banyak chord progression-nya yang gak bisa ditebak. Cara Wonpil ngisi musik dengan synth-nya dan Dowoon yang diprediksi nge-drumnya pake double pedal bikin beliau amaze. Berkali-kali Bang Christ terperangah dan bilang 'gila'. Dan di akhir kesimpulan, menurut Bang Chris lagu ini layak banget untuk didengerin.


Cukup kita membicarakan masalah musikalitas dan teori jalan cerita di MV-nya. Mari kita mengagumi ciptaan Tuhan Yang Maha Indah melalui kegantengan member DAY6. WKWKWKWKWKK.....

Di comeback kali ini, stylistnya DAY6 gak terlalu banyak bereksperimen yang aneh-aneh.
Style mereka casual banget khas anak band. 

Di MV waktu mereka di pantai, Sungjin sama Jae dikasih outfit denim. Asli ganteng-ganteng parah! Apalagi Yang Terhormat Bapak Leader Park Sungjin. Mau sungkem saya sama anda, Pak.
Sebenernya Young K juga dikasih outer denim, cuma masih ditimpa lagi sama sweater blink-blink (hal yang ditangisi dan dipisuhi My Day :p)
Sementara Wonpil cuma dikasih outfit kemeja putih tanpa outer dan Dowoon dikasih kaos dan outer kemeja flanel. ALLAHU AKBAR GANTENGNYA!






Foto-foto dari NAVER

Untuk di scene yang di gang sebelum mereka main-main di pantai, anak-anak DAY6 dikasih outfit kemeja yang ditimpa outer jaket kulit. Yang lagi-lagi bikin ganteng! Dahlah mo menangis aja liatnyaaaa......







Sayang.... sama seperti waktu rilis TBOU : The Demon, kali ini DAY6 juga gak ngadain promo. Mereka gak dateng ke Music Show untuk promosi lagu baru mereka. Kali ini bukan karena ada membernya yang masih sakit, tapi karena Park Sungjin, Bapak Leader tersayang dan tercinta kita, pada 8 Maret 2021 telah memutuskan untuk berangkat menjalankan tugas sebagai warga negara Korea Selatan yang patuh dan baik alias berangkat Wajib Militer (Wamil).

Kabjagiya (mendadak) banget asli itu dia bilangnya. Sampe gemes dah!
Masa yaaa My Day dikabarin kalau dia mau berangkat Wamil tuh pas dia udah di mobil. Udah dalam keadaan kepala dia udah plontos. Lima menit lagi nyampe di camp pelatihan Wamilnya dia. SIAPA YANG ENGGAK SHOCK! SIAPA...???? COBA DIJAWAB??!!

Iyee Pak... See you soon again setelah anda wamil yaa....

Tapi yaaa mau gimana lagi.... konsekuensi ngefans sama musisi Korea Selatan mah harus siap ngadepin ditinggal idolnya Wamil begitu.

Semoga Bapak Sungjin sehat dan bahagia selalu ya, Pak.

Buat DAY6, semoga comeback kali ini sukses. Lagu-lagunya banyak disukai orang.
Meski gak secara resmi gak ada promo, Young K siap promo terselubung di DAY6 Kiss The Radio (Dekira) kok... :p

Sampai ketemu di comeback full berlima kalian lagi.... yang entah kapan akan kejadian.


Untuk My Day jangan lupa terus streaming You make Me yaaaa.....

Untuk non My Day, boleh juga loohh kepoin lagu You make Me. Lagu-lagu DAY6 yang lain juga boleh dikepoin.....
Ehehee...

Lagu-lagu DAY6 bisa didengarkan di YouTube atau di Spotify. Dicari sajaaaa..... :D


Dahlah, sekian dulu tulisanku.

See youu...

BBAING~~

You May Also Like

2 comments