Let Me Introduce You : DAY6!

by - Sabtu, Agustus 10, 2019

"Aahh.... apasih KPop ituuu....?? Lagu-lagunya kebanyakan dibawain sama cewek-cewek atau bahkan cowok-cowok yang joget-joget. Gak suka aku tuuhh. Gak demen!"

Eitttsssss.... tunggu sebentar Fergosooo.... Mainmu di dunya KPop kurang jauuhh...
Sini-sini aku kenalin sama grup KPop yang bentukannya band.

HAH? BAND??

IYA, BAND! GRUP BAND! Bukan girlband atau boyband yang seperti keluhanmu, yang kalau nyanyi sambil joget karena mereka tuh seharusnya lebih disebut sebagai idol (boy/girl) grup. *CMIIW*

Nah yang mau aku omongin ini beneran BAND. Grup BAND yang kalau mereka nyanyi/perform megang alat musik.

Penasaran kaaannn??? Sini... sini.... ayo kuajak kenalan.. :D

Pict from: @D6Haru

Yes... jadi mereka ini nama grupnya DAY6. (nama lokalnya Enam Hari :p)

Membernya ada LIMA orang. Inget LIMA yaaa bukan enam meski nama grupnya ada unsur enamnya. Ya meski dulu anggota mereka emang beneran sempat berenam sih, cuma karena alasan personal, salah satu membernya harus keluar ninggalin grup.

DAY6 ini grup band asuhan dari JYP Entertainment.
Satu-satunya grup yang dipunya JYPE dengan konsep grup band.
Selama ini JYPE emang udah lebih dulu dikenal sukses debutin idol-idol grup kayak Wonder Girls, Miss A, 2PM, 2AM, GOT7,  Twice, dan yang sekarang lagi hype Stray Kids dan Itzy

DAY6 debut di tahun 2015 dengan Mini Album bertajuk "The Day' dengan lagu andalannya berjudul "Congratulations"

Congratulations neon cheom daedanhae.......

Eh maap, keceplosan nyanyi dikit.... :p
Ini deh ditonton dulu aja bentar MV-nya sebelum lanjut baca penjelasan berikutnya... :D


Seperti yang udah kubilang di awal kalau DAY6 ini punya lima member yang masing-masing punya tugas buat mainin alat musik.

Di bagian depan a.k.a frontman kalau bahasa gaulnya anak-anak band ada yang namanya Park Sungjin. Di grup, selain frontman dia merangkap sebagai leader alias ketua gengnya DAY6. Untuk urusan alat musik, cowok yang akrab disapa Sungjin ini pegang rhtym guitar kalau enggak acoustic guitar.

Sebelum fix megang gitar, doi sebenernya pemain cajon.
DAY6 emang sebelumnya adalah grup akustik. Tapi setelah dipertimbangkan, akhirnya diubah aja lah konsepnya dengan sekalian dijadiin band.

Jangan coba-coba nyolek apalagi gelendotan ke cowok kelahiran Busan ini. Karena doi ini member yang paling anti sama urusan skinship. Dipeluk dikit sama membernya sendiri aja dia cringe abisss.
Selain itu dia juga member yang paling concern masalah kebersihan.


Selanjutnya ada Park Jaehyung atau yang akrab dipanggil JAE.
Member paling tua di grup. Tugasnya mainin melodic guitar. 
Selain ngeband, doi juga hobi ngevlog. Video-video vlognya bisa diliat di akun YouTube-nya  yang dia kasih nama JAESIX. Jangan lupa disubscribe gaiiss... :p


Member kelahiran 15 September 1992 ini juga sempet jadi MC di acara musik Korea yang namanya After School Club (ASC). Yaa Jae ini emang yang paling oke sih kalau urusannya sama per-MC-an. Tiap DAY6 perform atau ada urusan per-live-an, kebanyakan dia yang punya tugas buat ngatur jalannya acara alias jadi MC. Dia gak akan jadi MC kalau tugas per-MC-an itu diserahin ke ketua geng alias ke Sungjin.

Di kalangan anak-anak MyDay Jae ini kadang-kadang lebih sering dipanggil ayam. Karena emang doi demen makan ayam, dan pas awal-awal debut dulu.... jaman dia masih sering pake kacamata bulet tiap perform, doi dimirip-miripin sama karakter Chicken Little, selain Chicken Little dia juga dimirip-miripin sama Pororo. Dan ajaibnya dia SENENG dan BANGGA.

Sak karepmu lah Jaee.... -_-

NEXT!


Nama lengkapnya Kang Younghyun, stage name-nya Young K, tapi temen-temennya demen banget manggil dia Brian. Nahlooo jadi begimana? Hahaha...

Yah kita panggil aja dia sesuai stage name-nya yaaa.... Young K.

Young K ini kalau di grup posisinya sebagai bassist. Jadi bassist juga sebenernya karena terpaksa gara-gara kalah suit sama Jae pas penentuan posisi sebagai gitaris atau bassist.. :p

Dia ini adalah otaknya DAY6. Bisa dibilang hampir semua lagu DAY6 itu ciptaannya dia. Meski selanjutnya temen-temen membernya juga ikutan bantu buat nyempurnain lagunya.

Selain jago bikin lagu, doi ini juga kayaknya member yang paling pinter. Yhaaa bayangin aja, selain sibuk ngeband, bikin lagu, promo, tour, dll yang berurusan sama dunia bermusiknya doi masih sempet ngelarin kuliahnya di jurusan Bisnis Manajemen di Universitas Dongguk.

Doi juga jadi salah dua member DAY6 yang Bahasa Inggrisnya lancar jayaa macem jalan tol (member satunya yang jago Bahasa Inggris: Jae). Kalau lagi dengerin dia ngomong Bahasa Inggris, udah berasa dengerin native speaker english aja. Karena sekeren, sejago, dan sesexy itu..


Trus ada Kim Wonpil atau Wonpil. Posisinya pegang keyboard dan synthesizer.
Member paling menye-menye dan manja sejagat DAY6.

Musuh yang tapi disayang sama Jae karena dia demen banget aegyo (bertingkah unyu-unyu) yang paling dibenci banget sama Jae juga Sungjin.

Untung aja Wonpil ini anaknya sabar dan legowo bangeet. Jadi mau dihujat dan dimusuhi (dalam artian yang tidak sebenarnya) sama Jae tapi dia biasa-biasa aja dan bahkan seringkali ngegodain Jae. Wkwkwkwkwkk.....

Partner in crimenya Yoon Dowoon.


Terakhir, ada Yoon Dowoon alias Dowoon alias maknae alias bayi.
Wait? Bayi? Iyaa.. bayi.... karena ekspresinya tuh selalu gemesin meski sekarang sudah di umur 25 tahun (umur Korea). Hahaha...
Tapi sebayi dan segemesinnya Dowoon, kalau udah pegang stick dan main drum langsung berubah semua pesonanya. Langsung berubah jadi 100000000000000000000000000% super keren.
Tapi yaa sekeren-kerennya dia main drum, kadang ada aja nyelip ekspresi unyu yang bikin pengen uyel-uyel dia.

Sebagai member termuda, gak ayal doi disayang-sayang banget sama member DAY6 yang lain. Terutama sama Young K. Udah mirip bapak-anak lah interaksinya mereka. Sama Sungjin pun gitu. Kalau sama Wonpil udah mirip partner in crime, bocah-bocah usil yang demen ngegodain abang-abangnya. Kalau sama Jae, kayaknya tingkahnya normal macem adek ke abangnya. Haha...

-----------------------------------------------------------

Dari awal debut di tahun 2015 sampe sekarang (Mei 2019), DAY6 udah ngeluarin empat mini album dan dua album di Korea dan empat single (mini album di Jepang).

Semua lagu yang ada di mini album-album yang mereka keluarin, mereka bikin sendiri.
Bank lagu dan liriknya adalah Young K. Hampir semua lagu DAY6 ada campur tangannya dia.

Di tahun 2017, DAY6 pernah menantang diri mereka sendiri dengan bikin project Every Day6 (ED6) yang mana tiap bulan selama setahun mereka ngeluarin 2 lagu. 1 song title dan 1 side track.


Dari semua lagu yang dirilis selama project ED6, aku pribadi sih paling favorit sama I Smile, song tittle bulan Juni yang sekaligus song titlenya album Sunrise. Selain itu ada I Need Somebody, side track bulan Oktober sama Goodbye Winter, side track bulan Januari.

Tapi kalau di pasaran lagu yang paling diidolakan sepanjang masa dari project ED6 atau bahkan dari semua lagu-lagu DAY6 tuh You Were Beautiful (Yeppeosseo) - song title ED6 Februari.

Saking superiornya You Were Beautiful (YWB), setiap DAY6 naik trending di pencarian Naver (semacam Google di Korea) pasti si YWB ini ikut naik juga. Bahkan tiap DAY6 rilis lagu dan mini album baru, si YWB ini juga naik lagi ikut saingan pamor sama lagu yang baru dirilis.

Nih coba diliat lagunyaaa..... :p



Di 2018, setelah rilis mini album Youth Part 1: Shoot Me DAY6 mengumumkan untuk ngadain World Tour bertajuk Youth. Di rangkaian konser yang dimulai 22-24 Juni 2018 di Seoul, Korea DAY6 lanjut dateng ke beberapa kota di Korea kayak Jeonju, Ulsan, Busan, dan Daegu. Kemudian mereka ke Australia dengan dateng Melbourne dan Sydney. Lanjut ke Asia dengan Taipei, Bangkok, Manila, dan Jakarta. Tapi sebelum ke Jakarta, mereka lebih dulu tour ke Amerika dengan datengin Toronto, Minneapolis, Atlanta, Philadelphia, dan Los Angeles.
Kelar dari Jakarta, mereka rehat bentar dan baru di awal 2019 mereka lanjut tour Eropa!

Tapi di sela rehat ini, tepat sehari apa dua hari setelah konser Youth Jakarta yang diadain tanggal 8 Desember 2018, DAY6 malah ngeliris mini album baruu...
Youth Part 2: Remember Us dengan lagu andalan "Days gone by"
Jangan lupa stream MV-nyaaaa... :p


Setelah selesaiin tour Eropa, mereka pun akhirnya ngadain konser penutup yang bertajuk Youth Encore di Korea pada tanggal 30-31 Maret 2019.

Asli bener-bener kece konser Youth mereka iniii......

Kalau kata anak-anak MyDay dateng ke konser DAY6 tuh sebuah hal yang patut dicoba sekali seumur hidup.
Ngeliat mereka main musik dan nyanyi secara live adalah sebuah pengalaman yang gak akan terlupakan.
Gak ada spot buruk di konser DAY6! Meski di bagian paling belakang sekali pun!
Gitu kata anak-anak yang dateng.
Ditambah lagu-lagu DAY6 yang enak semua karena gak ada lagu gak enak dalam kamus musik mereka, *ciyeee* ngebuat nonton konser bener-bener asik dari awal sampe akhir.

AAAAAHHHHH JADI PENGEN NONTON KONSER MEREKA!!!
MASUKKAN KE WISHLIST!!!

Poster DAY6 Youth Encore

Duh, udah dulu lah yaaa ngebacot tentang DAY6-nya kali ini.
Kayaknya udah lumayan panjang ini.

Kapan-kapan kita tambah lagi....

BBAINNGGG......


You May Also Like

2 comments

  1. Mbaaaa aku jd sukaaaa Ama band iniii :D. Aku tuh newbie sbnrnya dlm hal berbau korea.kako Drakor aku sukaaa, tp k-idol ga suka. Udah coba dengerin lagu2nya ga bisa masuk.

    Tapiiii band Day6 ini aku sukaaaaa, trutama lagu yg congratulations. Sampe aku cari di Spotify dan simpen dlm playlistku :D. Ada yg versi Inggris juga yaaa? Aku save 2-2 nya sih.

    Itu liat MV nya nyeseeekk. Ya ampuun kasian Ama cowonya :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yak ampuunnnn aku seneng dan terharu bisa nemu yang suka sama DAY6 juga lewat blog ini.... *mewek*

      Gakpapa Mbaakk...
      Pelan-pelan aja mengenal dunia Perkoreaan... :D

      Dan musik tuh emang masalah selera. Dan aku seneng kalau lagu-lagunya DAY6 bisa masuk ke selera mbak... :D

      Waahhh... Congratulations...
      Lagu kebangsaannya My Day (sebutan fans-nya DAY6)
      Lagu itu emang easy listening dan yaa cukup relate dengan kisah-kisah percintaan beberapa orang. eheeee....
      Iyaa... Congratulations ada yang versi Inggris juga.

      Ayo mbak... coba dengerin lagu DAY6 yg lain juga.

      Trust and listen DAY6... :D

      Hapus