[REVIEW] He is Psychometric : Memecahkan Misteri Lewat Sentuhan

by - Rabu, Juni 19, 2019

Assalamualaikuuummm.....

Apa kabar mantemans blogger?

Sudah sangat amat lama nih yaaa kita tidak berjumpa.... :D
Mohon maaf lahir dan batin yaa....
Mumpung masih dalam suasana Hari Raya Idulfitri juga kaan...
Hehehee....

Mumpung ada sedikit waktu senggang dan sedikit keajaiban bisa menyelesaikan sebuah tulisan di blog ini.... maka tanpa banyak penjelasan dan kata, mari kita langsung masuk aja ke inti pembahasan.... :D

Nah, di tulisan lali ini kita aku mau ngebahas tentang salah satu drama Korea yang baru aja selesai aku tonton sekitaran dua bulan yang lalu... :)

Judulnya He is Psychometric.
Ini nih ulasannya.... :)


Judul : Saikometeuri Geunyeoseok / He is Psychometric
Genre : Fantasy television, Thriller, Mystery, Romantic comedy
Jenis : Drama Seri
Jumlah Episode : 16 episode
Director : Kim Byung Soo
Penulis Naskah : Yang Jin-A
Ditayangkan di : tvN
Periode Tayang : 11 Maret - 30 April 2019
Negara : Korea Selatan
Bahasa : Korea

Pemain :
Park Jinyoung sebagai Lee An
Shin Ye Eun sebagai Yoon Jae In
Kim Kwon sebagai Kang Seung Mo
Kim Dasom sebagai Eun Ji Soo
dan lain-lain......

PLOT / SINOPSIS

Drama ini menceritakan tentang seorang cowok bernama Lee An yang punya semacam kelebihan bisa membaca kenangan seseorang ketika dia menyentuh bagian tubuhnya. Kemampuan itu sempet bikin dia parno buat bersentuhan sama orang. Makanya kemana-mana dia selalu pake baju lengan panjang yang dirangkep sama jaket.

Tapi dengan kemampuan itu, Lee An juga jadi punya obsesi buat bisa jadi polisi. Dengan sok pede, dia yakin bisa dengan mudah mecahin kasus pembunuhan atau yang sebagainya hanya dengan megang mayat korban yang biasanya disimpen di tempat khusus otopsi. Maka dari itu dia demen banget ngegangguin Eun Ji Soo yang udah dia anggep seperti kakaknya sendiri, yang kerja sebagai detektif buat izinin dia ikut pas otopsi buat megang mayat. Wkwkwkkk....

Sayangnya, obsesi Lee An terhadap mayat-otopsi-polisi-dan izin ilegal dari Eun Ji Soo kerap ditentang sama Kang Seung Moo. Cowok berekspresi dingin yang udah dianggap kakak kandung sama Lee An karena udah ngerawat dia dari kecil setelah dia ditinggal meninggal sama ayah dan ibunya akibat kecelakaan-kebakaran apartemen tempat dia tinggal dulu.



Hari-hari Lee An kemudian berubah setelah bertemu dengan Yoon Jae In. Seorang murid pindahan yang cerdas namun misterius. Mereka berdua bahkan sempat terlibat kasus menghebohkan di sekolah yang sampai melibatkan guru mereka dan hampir saja membongkar rahasia terbesar teman kecil Jae In.

Karena gak terima kebusukannya terbongkar, si guru kemudian berusaha buat nyelakain Jae In. Selain berusaha nyelakain dia juga membongkar rahasia terbesar Jae In. Dia menuliskan bahwa Yoon Jae In adalah anak dari seorang pembunuh di area dinding sekolah.

Akibat kasus itu, Yoon Jae In menghilang. Lee An yang sebenarnya sudah mulai cukup nyaman bisa berteman dengan Jae In meski dia menyimpan banyak rahasia jadi kehilangan teman.

Tapi dua tahun kemudian mereka bertemu lagi. Dengan kondisi Yoon Jae In sudah bekerja di kepolisian menjadi seorang opsir.

Pertemua kedua mereka itu kemudian justru membawa mereka ke berbagai kasus yang pada akhirnya bermuara pada kasus yang melibatkan masa lalu mereka.

Masa lalu yang membuat Lee An kehilangan kedua orang tuanya sekaligus kasus yang menyebabkan Jae In dicap sebagai anak pembunuh.

Jadi, apakah mereka akan berhasil mengungkap dan menangkap pelaku sebenarnya dari kasus yang melibatkan keduanya?
Dan apakah mereka juga bisa berdamai dengan menerima keadaan ketika pada akhirnya kebenaran terungkap tetapi justru tidak sesuai dengan harapan mereka?


KESAN

Awal nonton drama ini tuh bingung. Jelaaasssss........

Karena di pembuka drama udah langsung disuguhin sama ketegangan antara bapak-bapak polisi dan buibuk kompleks apartemen yang mempermasalahkan tentang izin jalan buat tim pemadam kebakaran (damkar) ke area kompleks apartemen. Sebenarnya ini himbauan tindakan preventif dari si pak polisi kali-kali aja mendadak ada kebakaran di wilayah apartemen jadi tim damkar bisa dapat akses cepet. Tapi si buibu kompleks malah nolak.

Dari situ aku sudah mencium bakal ada kasus niihh...

Dan bener aja, tiba-tiba ada muncul kasus-kasus yang berakhir dengan ledakan yang disertai kebakaran di apartemen tersebut. Korbannya pun banyak banget.

Setelah itu, kita malah langsung ditarik ke masa sekarang yang nunjukin anak SMA lagi main-main di tempat otopsi mayat. Hyaaaaaa....... makin-makin dah bikin penasaran apa hubungannya kasus sebelumnya sama kondisi yang sekarang itu. Hehee...

Tapi ya namanya episode pembuka jelas masih perkenalan kondisi sekaligus perkenalan tokoh.

Untuk alur, drama ini menganut sistem alur maju mundur. Jadi buat kalian yang nonton harus siap-siap sama beberapa detail informasi yang mungkin aja jadi clue pemecahan masalah yang lagi dibahas. Atau adanya hubungan langsung dan tidak langsung antara yang terjadi di masa sekarang dan di masa lalu (flashback).

Alasan kenapa Lee An bisa psikometri kemudian kenapa dia sepertinya harus banget membantu Jae In. Disisi lain ada Detektif Kang Seung Mo, seseorang yang sangat disayang oleh Lee An tapi penuh dengan rahasia karena dia adalah satu-satunya orang yang memorinya gak bisa dibaca sama Lee An. Dia obsesi banget pengen menyelesaikan kasus-kasus yang berhubungan dengan kasus kebakaran apartemen tempatnya tinggal dulu.

Buat yang suka sama genre misteri, cocok banget lah buat ngikutin drama ini. Meski konfliknya gak seberat drama misteri lain kayak sebut aja Signal atau Voice yang lagi-lagi naik daun, drama ini cukup bisa buat penasaran dan mengernyitkan dahi. Kita diajak mikir banget! Di sepanjang episode dramanya kita diajakin buat nebak dan berspekulasi kira-kira bakal seperti apa kemajuan kasusnya, siapa tersangka sebenarnya, gimana dia melakukan kejahatannya, dan efek apa yang diakibatin sama kejadian itu.

Dan kejutannya, di menjelang episode-episode akhir kita malah disuguhi sebuah kenyataan atau kalau becandaanku sama temen-temen di grup yang juga suka nonton drama ini adalah 'sebuah plot twist' dimana ada sesuatu yang tidak terduga dan tidak diinginkan penonton malah harus terjadi.

Huhuhuuu.......



Untuk cast, meski dua pemeran utamanya Jinyoung dan Ye Eun baru sekali ini dipasangin dan baru kali ini juga dapat peran jadi pemeran utama, tapi acting mereka gak bisa dianggap remeh.

Jinyoung yang sebelum-sebelumnya sering dapat kritik karena actingnya mungkin masih agak terlalu flat, di drama ini dia bisa nunjukin dan eksplor bermacem-macem ekspresi. Dari usil, ngeselin, romantis, bahkan sedih! Aku jadi ikutan mewek pas liat actingnya Jinyoung pas di episode 13-14. Huhuuu... sedihhh baattss.... :'((

Sementara Ye Eun yang naik daun karena web drama A-Teen, actingnya juga oke lah. Disisi lain cantik dan cute-nya dia, plus kemistri yang dia bangun sama Jinyoung tuh unyuu banget berdua tuh! Adegan romantis yang melibatkan mereka berdua khas remaja-remaja menuju dewasa awal yang agak-agak malu-malu tapi pengen digass aja tapi takut kebablasan akhirnya gak jadi, bisa dieksekusi dengan gemes dan gak over. Bikin para penonton gemes dan auto ngeship mereka.
*yaa di ship aja gakpapa kayaknya.... se agensi ini... :p*


Selain para pemeran utama yang menarik perhatian, para pemeran pendukungnya pun juga sangat menarik perhatian. Jaksa Kang Seung Mo yang ganteng, tapi auranya dingin dan penuh dengan kemisteriusan bikin penonton penasaran. Nih mas-mas sebenernya gimana siihh?? Dia baik apa kagak siihhh...??? Kok dia bisa jadi kakak asuhnya Lee An. Dan sebenernya dia suka juga sama Detektif Eun Ji Soo juga gak siihh..?? Eaaa.....

Jaksa Kang ini emang gebetannya Detektif Eun Ji Soo. Udah lama dan udah berkali-kali Detektif Eun bilang suka sama Jaksa Kang, tapi berkali-kali itu juga dia ditolak. *sedih*. Tapiii... meski ditolak, dia tetep baik dan agak-agak merhatiin Detektif Eun gituu... duhhh mas yaa toloong!!!

Hmmm... siapa yang gak ambyar ditatap macem begini?

Kemistri antara dua pemain ini juga gemesin. Karena yang satu keliatan banget sukanya sementara yang satunya mati-matian nolak, jadinya kayak Tom and Jerry gitu. Saling kejar-kejaran dan ini bikin gemes para penonton. Sehingga couple ini juga punya pendukung massanya sendiri.

Tapi di menjelang akhir drama, akhirnya semuanya terjawaaaabbbbb....

Pengorbanan cinta Detektif Eun dan alasan Jaksa Kang nolak-nolak cintanya....

AKU TUH SEDIH KALAU NGINGET ITU LAGI!!


Dan yaaa karena genre drama ini adalah mystery-thriller-romance maka yaa sudah dipastikan ada adegan-adegan yang bikin deg-degan.

Disini kita bisa ngelihat bagaimana para polisi dan juga jaksa bekerja untuk mengungkap kasus.

Dan yang utama adalah gimana usaha Lee An buat memaksimalkan kemampuannya untuk pada akhirnya mengungkap kasus kebakaran apartemen tempat masa kecilnya tinggal.

Sementara itu, kalau dari segi original soundtrack, aku cuma kecantol sama OST part 1-nya doang yang dinyanyiin sama Jus2 (sub-unitnya GOT7 yang terdiri atas JB dan Yugyeom). Sementara OST-nya yang lain gak ada yg narik perhatianku. Gak tau kenapaa....
Apakah aku terlalu fokus sama alur cerita dramanya jadi gak merhatiin lagu-lagu latarnyaa...???

Dan ini entah emang sengaja juga atau enggak, tapi dipilihnya Jus2 buat ngisi soundtrack kayak semacam sinyal saling mendukungnya member GOT7. Yapsss... Jinyoung si pemeran utama pria di drama ini adalah salah satu anggota GOT7 juga.

Aku suka sih lagunyaa...
Coba cek deh... :)



Hmmm....
Setelah ditelaah lagi, kayaknya udah cukup panjang aku ceritanya.
Tapi yaa monmaap kalau reviewnya kurang memuaskan atau gimanaa....

Nah, kalau kalian tertarik mau nonton, bisa deh melipir ke situs streaming drama terpercaya... :)
Insya allah gak akan kecewa...
Hehee...

Selamat menonton.... :))

You May Also Like

2 comments

  1. Wah keren banget nih Mbak drama koreanya. Saya jadi pingin nonton juga nih hehe

    BalasHapus
  2. Aku juga mohon maaf lahir dan batin :)
    Tolong ku seketika merasa diracuni lagi drama Korea setelah baca ini. Jadi penasaran pengin nonton juga. Kan seru lihat Lee An bisa lihat masa lalu orang dengan cara menyentuh bagian tubuh seseorang. Apalagi ini genrenya misteri

    BalasHapus