Kamis, 09 Februari 2012

# Film # Hiburan

10 Tahun Ada Apa Dengan Cinta

Ku lari ke hutan kemudian menyanyiku
Ku lari ke pantai kemudian teriakku

Sepi, sepi dan sendiri aku benci
Aku ingin bingar, aku mau di pasar
Bosan aku dengan penat
dan enyah saja kau pekat
Seperti berjelaga jika ku sendiri

Pecahkan saja gelasnya biar ramai
Biar mengaduh sampai gaduh

Ah, ada malaikat menyulam jaring laba-laba belang di tembok keraton putih
Kenapa tak goyangkan saja loncengnya biar terdera
Atau aku harus lari ke hutan belok ke pantai?

***

Perempuan datang atas nama cinta
Bunda pergi karena cinta
Digenangi hawa racun jingga dalam wajahmu
Seperti bulan lelap tidur di hatimu
yang berdinding kelam dan kedinginan

Ada apa dengannya?
Tinggalkan hati untuk dicaci
Lalu sekali ini aku lihat karya surga dari mata seorang hawa

Ada apa dengan cinta?
Tapi aku pasti akan kembali dalam satu purnama
Untuk mempertanyakan kembali cintanya
Bukan untuknya, bukan untuk siapa
Tapi untukku
Karena aku inginkan itu saja

***

Iyyaaww...
Siapa yang ingat sama dua puisi di atas?
Yap dua puisi di atas adalah dua cuplikan puisi yang muncul di film Ada Apa Dengan Cinta (AADC). Masih pada inget sama film ini nggak..??

AADC's Poster

Yoo film yang dibintangi sama Nicholas Saputra sama Dian Sastrowardoyo yang rilis pada 8 Februari 2002 ini emang film yang memorable banget. Bareng sama film Petualangan Sherina yang dirilis 2 tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2000, film ini dianggap sebagai film yang menandai kebangkitan kembali perfilman Indonesia.

Siapa sih yang gak tau sama jalan cerita film yang disutradarai sama Om Rudi Sudjarwo ini? Rangga (diperankan oleh Nicholas Saputra) dan Cinta (diperankan oleh Dian Sastrowardoyo) tokoh utama dalam film ini sebenernya adalah dua pribadi yang berkebalikan tapi akhirnya dapat dipersatukan karena kesamaan minat yang sama yaitu pada sastra terutama puisi. Rangga, laki-laki pendiam cenderung dingin yang menyukai sastra lama bertemu dengan Cinta, perempuan cantik yang sering menjuarai lomba menulis puisi di sekolahnya. Keduanya harus berhubungan karena Rangga yang secara tidak terduga berhasil mengalahkan Cinta dalam lomba penulisan puisi yang diadakan sekolahnya tahun ini. Cinta yang juga pengurus mading sekolah mempunyai kewajiban untuk mewawancarai Rangga untuk berita mading sekolah. Tapi karena Rangga adalah tipe laki-laki yang pendiam dan 'dingin' dan merasa tidak pernah mengirimkan puisinya untuk mengikuti lomba puisi di sekolah ia menolak permintaan wawancara Cinta.

Tanpa putus asa Cinta tetap berusaha mewawancarai Rangga sampai suatu saat Cinta kesal dan mengirim surat pada Rangga. Rangga yang merasa tersinggung dengan isi surat Cinta datang menemui Cinta. Karena saking emosinya, Rangga nggak sadar kalo bukunya (buku AKU karya Syumandjaya) jatuh. Cinta mengambilnya dan membawanya pulang untuk dibaca.

Rangga kelimpungan mencari buku kesayangannya yang hilang. Cinta yang tahu kejadian itu akhirnya mengembalikan buku itu pada Rangga. Rangga merasa sangat berterima kasih pada Cinta dan akhirnya mereka pun berteman dan menjadi dekat.

Konflik mulai muncul saat Rangga mengajak Cinta kencan di sebuah kafe. Namun sebelum Cinta berangkat ia di telepon sama sahabatnya Alya (diperankan oleh Ladya Cheryll) yang meminta Cinta untuk datang ke rumahnya. Tapi Cinta justru berbohong pada Alya dan pergi berkencan dengan Rangga.
Di kafe, Cinta menyanyikan lagu yang dibuat dari puisi Rangga.


Saat Cinta pulang, Cinta bertemu ibunya yang akan ke rumah sakit menjenguk Alya yang mencoba bunuh diri. Cinta menjadi sangat menyesal mendengarnya. Karena ia sudah berbohong pada Alya dan lebih memilih pergi bersama Rangga daripada datang pada sahabatnya yang sedang dirundung masalah.

Keesokan harinya, Rangga menyapa Cinta. Namun Cinta justru berkata ketus agar Rangga tidak mendekatinya lagi. Rangga pun sepakat bahwa ia akan menjauh dari Cinta. Saat di rumah sakit Cinta berterus-terang pada Alya bahwa ia berbohong dan Alya pun tahu bahwa Cinta kencan dengan Rangga. Cinta tidak tahu bahwa saat ia berkata jujur, teman-temannya yang lain Milly (diperankan Sissy Priscillia), Carmen (diperankan Ardinia Wirasti), dan Maura (diperankan Titi Kamal) ada dibelakangnya. Cinta juga meminta maaf kepada teman-temennya yang lain.

Rangga yang saat itu akan berencana pindah sekolah ke Amerika Serikat, mencoba menelepon Cinta untuk berpamitan. Namun Cinta justru tetap menjauh dari Rangga. Carmen yang saat itu sedang latihan basket melihat Rangga berpamitan pada Pak Wardiman, sang penjaga sekolah. Ia pun segera memberitahukan teman-temannya.

Cinta yang menyadari cinta sejatinya itu, segera menyusul ke bandara. Namun mobil Milly terjepit mobil lain. Mereka meminjam mobil Mamet. Di sana Cinta bertemu dengan Rangga. Ia meminta Rangga untuk membatalkan niatnya sekolah di luar negeri. Namun Rangga tetap pergi meninggalkan Cinta-nya. Ia memberi Cinta buku yang pada halaman terakhirnya terdapat puisi Rangga yang berjudul "Ada Apa dengan Cinta?". Rangga berjanji akan kembali di saat bulan purnama tiba.


Dan kemarin, 8 Februari 2012 adalah tepat 10 tahun rilisnya Ada Apa Dengan Cinta. Seperti yang diberitakan di beberapa portal media online dan infotainment bahwa untuk memperingati 10 tahun AADC ini Miles Picture dan 21 Cineplex akan memutar kembali film AADC ini. Tapi sayang, pemutaran kembali film ini di bioskop hanya bisa dinikmati di Jakarta tepatnya di bioskop 21 Blok M Square. Dan hanya diputar 2 hari yaitu hari ini 9 Februari dan besok 10 Februari 2012.
Tak hanya pemutaran kembali film AADC, para kru, pemain dan seluruh pihak yang turut serta dalam pembuatan film ini juga mengadakan reuni untuk mengenang kembali kejayaan film ini 10 tahun yang lalu.

Hiaaa...
Jadi pengen nonton nih film lagi.
Buat aku pribadi, yang paling diinget dari film ini adalah puisi-puisi yang so sweet banget. Selain pemerannya yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik. Hehehe... Selain itu lagu-lagu Soundtracknya juga enak. Sampai saat ini masih sering tuh didengerin kalau lagi galau. *lho*
Tapi satu lagi yang paling diinget gara-gara film ini. Adegan Kissingnya... Di film AADC inilah aku pertama kali nonton film dengan adegan Kissing. Iyyawww... Hahahaaaa.... *plak*
Itu dari aku.
Gimana kalau kamu..??
Apa yang kamu inget dari film AADC ini..??

Sebagai penutup, ini aku kasih video klip salah satu soundtracknya AADC..

Melly 'feat' Eric - Ada Apa Dengan Cinta

6 komentar:

  1. Ah... Kau sangat memorikan, dulu waktu kecil aku juga suka film itu wkwkwk

    BalasHapus
  2. kirain AADC ada serial terbarunya.he

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee..
      bukan masnya..
      itu cuma perayaan 10 tahun rilisnya AADC

      Hapus
  3. dan menurut berita tanggal tayangnya sampai ditambah karena antusias penonton.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh senangnya... :D
      tapi yg bikin lebih menyenangkan lagi kemarin (14/02) Kompas TV menayangkannya di televisi. Jadi pecinta AADC yg nggak bisa liat di bioskop tetap bisa ikut bernostalgia juga.. :)
      Senangnyaa.. :)

      Hapus