Senin, 29 Februari 2016

Ngomongin Kiddle, Search Engine untuk Anak-Anak

Haaiiii emak-emak.... *laahhh kenapa openingnya nyapa emak-emak?*
Gak apa-apa. Pengen aja. Hahahahaa....

Siapa nih disini yang pernah ngeliat anak kecil bawa-bawa gadget (bisa HP ataupun tablet *bukan TV* :p)? Hayyoo siapa? Ngacung...!!!

Pasti hampir semuanya pernah liat.

Ilustrasi. Sumber dari SINI

Yaaa... di zaman yang serba elektronik ini, bukan pemandangan aneh kalau ngeliat ada anak kecil bawa-bawa gadget. Serius banget main-main game. Entah apa yang dimainin. Biasanya sih game ya.

Buat bayek-bayek yang baru bisa sekrol-sekrol layar, dikasih mainan game yang sentuh-sentuh dan sekrol-sekrol layar udah seneng, atau dikasih tontonan video kartun kesukaannya udah anteng. Tapi gimana sama bocah yang udah agak gede yang udah mulai ngerti, udah mulai penasaran, dan udah mulai bisa browsing informasi sendiri?? Pas dia dibiarin browsing sendiri, ndilalah kok tiba-tiba nyasar ke situs-situs yang enggak-enggak. *nahloooo* Kan gak mau gitu yaaa... bahayaaaa......

Nah baru-baru ini niih, ada sebuah search engine baru diluncurin. Search engine ini katanya khusus ditujukan buat anak-anak. Namanya kiddle (kiddle.co)

Halaman awal Kiddle.co. Sumber dari SINI

Berdasarkan info dari situs resminya pihak kiddle menerangkan bahwa situs-situs yang dimunculkan dari pencarian melalui kiddle adalah situs-situs yang memenuhi persyaratan ramah keluarga. Tidak akan memunculkan situs-situs dengan konten eksplisit dan yang menipu.

Situs-situs yang muncul dari pencarian di kiddle pun diprioritaskan situs-situs yang berorientasi pada anak-anak. Tapi meskipun berorientasi pada anak-anak, kiddle juga menampilkan situs-situs lain yang masih berhubungan dengan anak-anak dengan sususan seperti ini :
  • Hasil pencarian page 1-3 adalah situs yang aman dan halaman ditulis secara khusus untuk anak-anak. Dipilih dan diperiksa sendiri oleh editor kiddle.
  • Hasil pencarian page 4-7 adalah situs terpercaya yang tidak ditulis secara khusus untuk anak-anak tetapi memiliki konten yang ditulis secara sederhana, mudah bagi anak-anak untuk memahami. Dipilih dan diperiksa sendiri oleh editor kiddle.
  • Hasil pencarian page 8 ke atas adalah situs terkenal yang ditulis untuk orang dewasa, menyediakan konten ahli, tetapi lebih sulit bagi anak-anak untuk memahami. Hasil pencarian ini disaring dari pencarian aman google.
Meskipun di kiddle juga akan menampilkan situs terkenal yang ditulis untuk orang dewasa, Kiddle akan dengan tegas memblokir pencarian-pencarian dengan atau mengandung kata-kata yang tidak pantas (seperti kata-kata yang mengandung kekerasan dan juga pornografi. Intinya kata-kata yang belum pantes buat anak-anak deehh).

Tampilan kiddle saat coba search tentang 'gay'

Gak seperti di google, hasil pencarian di kiddle tampilan gambar ilutrasinya lebih gede-gede. Ini dibikin untuk memudahkan anak-anak menemukan apa yang dia cari. Huruf-hurufnya juga dibikin agak gede biar anak-anak gak harus melototi layar buat nemuin apa yang mau dia cari.


Tampilan hasil pencarian di kiddle.

Tapi meskipun kiddle ini bekerja seperti google sebagai mesin pencari, ternyata kiddle ini bukan mesin pencari pengembangan google. Kiddle hanya sebuah mesin pencari yang bekerja dalam 'mode pencarian aman' yang juga memiliki editor manusia yang bertugas untuk menyaring konten-konten yang tidak pantas.

Sebagai search engine yang baru aja diluncurin, menurutku kiddle ini masih perlu banget banyak pengembangan. Utamanya untuk pengguna yang bahasa sehari-harinya nggak pakai bahasa Inggris. Seperti kita yang berbahasa Indonesia. Karena pas aku iseng buka dan nyoba pencarian dengan menggunakan keyword berbahasa Indonesia, kiddle masih belum bisa memunculkan situs yang sesuai. Mungkin kalau dicoba dengan bahasa Inggris akan berbeda hasilnya.

Tapi dengan masih adanya keterbatasan yang ada sekarang, semoga kiddle segera mengembangkan inovasinya. Hasil pencariannya bisa lebih diotimalisasi lagi. Dan semoga bakal bisa segede, secepet, dan selengkap google (tapi dalam cakupan layak untuk anak).

Nah, buat yang punya anak kecil, adek kecil, sepupu yang masih kecil yang demen main-main gadget. Mulai pinter browsing-browsing sendiri, mungkin bisa mulai nge-setting kiddle sebagai search engine default di homepage browsernya ngegantiin google. Meskipun kinerjanya belum maksimal, seenggaknya kiddle gak akan munculin situs-situs yang enggak-enggak buat anak-anak. Hahahahaaaa.....

Yang gede sih boleh tetep pake google sebagai search enginenya, tapi yang kecil pake kiddle ajaaa yaaakk.... :)
Heheheheee.....



*SUMBER :

11 komentar:

  1. hmm saya nga pernah liat anak-anak bawa gadget sih, cuman kalau main gadget sering mba tapi nga di bawa-bawa :3

    wah berarti link ke blog saya bakalan di blokir ama kiddle nih, terlalu fulgar soalnya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwkk..... gak bawa tapi main... baiklah... mungkin struktur kalimatku yang salah... :p :v

      haha...
      sepertinya punyaku juga gak lolos masuk ke kiddle... :v

      Hapus
  2. Keren nih.. Buat safety anak-anak biar ngga buka konten sembarangan. Sekarang anak Tk aja udah main gadget, udah canggih maeninnya.. kalo ada pengaman kayak gini mungkin bisa meminimalisir hal-hal yang ngga diinginkan :D

    BalasHapus
  3. Wah ini banget nih yg diperluin buat ade saya. Ade saya kelas 3 SD udah jago banget internetan.

    Makasih ya informasinya.

    BalasHapus
  4. Kalau punya anak suruh dia pake ini ah.. Hahahahaha

    Kenapa akunya baper gini? Ketahuan kebelet nikah

    BalasHapus
  5. Iya nih si kiddle lagi rame dibicarakan. Tapi gue Blum pernah nyoba sensasinya.hhaha

    Pasti butuh pengembangan lah, namanya juga aplikasi baru. Semoga bisa buat anak indonesia lebih kreatif. :)

    BalasHapus
  6. Duh iya nih.. butuh banget buat anak kecil kiddle.. biar gak searching kemana mana, banyak yang gak aman..

    Kemarin keponakanku cuman pake hp buat main game sih, jadi kayaknya aman aman aja.. :)

    BalasHapus
  7. Baru tau kalau ada search engine yang khusus untuk anak-anak, infonya membantu banget.. Tampilan kindle juga lucu, ada robotnya gitu :3

    Internet zaman sekarang emang jadi pedang mata dua untuk anak-anak (orang dewasa juga sih) mereka bisa cari info yang mendidik tapi bisa juga jadi nyasar ke situs yang aneh.

    BalasHapus
  8. keren juga, ada yang namanya kiddle. sejenis google untuk anak-anak. lebih ramah sih pasti konten-kontennya..

    BalasHapus
  9. Aaaaaak terima kasih atas infonya yaa... situs ini cocok banget buat anakku kelak :)
    Bener kata kamu, bahaya juga kalau anak buka web yang aneh2 dan diluar kendali orang tua. sangat bermanfaat :)
    coba cek kiddle akh

    BalasHapus
  10. Ajib. Adek saya pas banget nih buat beginian. Hahaha.

    Thanks infonya, ya!

    BalasHapus