Kamis, 04 Februari 2016

# Drama Seri # Hiburan

[Preview] J-Dorama "MARS - Tada Kimi wo Aishiteru" (On-Going)

Musim dingin (masih musim hujan di Indonesia) tahun ini banyak banget drama-drama seru yang rilis baik drama Korea ataupun drama Jepang. Aku gak akan sebutin satu-satu judul-judul dari drama-drama itu, kalian googling aja pasti ketemu kok. Hehehee...

Naahh.. diantara sekian banyak drama-drama musim dingin yang seru itu, kali ini aku mau bahas satu drama Jepang yang menarik perhatianku.

Taarraaa... ini promo posternya

Yaapppsss.... kali ini aku akan bahas drama "MARS - Tada Kimi wo Aishiteru"

Diantara kalian yang baca ini pasti ada beberapa yang merasa familiar dengan judul besarnya.
MARS.

Iya, drama ini bisa dibilang 'kembaran' dari drama Taiwan berjudul sama yang hitz dan booming banget di tahun 2004 lalu, yang bintang utamanya Vic Zhou dan Barbie Hsu. Inget kan? Yang pernah nonton dan suka pasti pada inget. Soalnya drama ini booming banget pasca meledaknya Meteor Garden. Drama ini juga jadi semacam 'pesta'nya penggemar pasangan Vic-Barbie karena di drama ini Vic dan Barbie bisa jadi pasangan unyu yang pas di Meteor Garden gak bisa terwujud karena Barbie harus berpasangan sama Jerry Yan. Dan drama ini juga yang mengawali kabar kalau Vic dan Barbie pacaran. Hahahaa.... (sekarang sih baik Vic dan Barbie, setelah mereka putus beberapa tahun lalu sudah pada bahagia dengan pasangan masing-masing. Sudah bahagia dengan rumah tangga masing-masing :v)

MARS (Taiwan version w/ Vic Zhou and Barbie Hsu as lead character)

Balik lagi yuk ke drama MARS versi Jepang!

Aku sendiri sebenernya agak bertanya-tanya kenapa Jepang baru kepikiran buat bikin drama ini padahal Taiwan sudah bikin sejak tahun 2004 dan booming di pasaran. Padahal MARS ini diadaptasi/diangkat dari shoujo manga karya Fuyumi Soryo yang terbit tahun 1996.

Ah.. tapi terserahlah! Apapun alasan yang melatarbelakangi kenapa industri drama Jepang baru tergerak untuk bikin adaptasi drama dari manga karya warga negara sendiri baru di tahun 2016 ini, yang jelas MARS versi Jepang ini cukup menarik perhatianku. Dan setelah baca-baca review dan komen-komen di beberapa website, MARS versi Jepang ini cukup menimbulkan beberapa kritikan yang akan aku bahas lebih banyak di bawah nanti.


Sekarang mari kita kenalan dengan jalan besar cerita para tokoh yang ada di dalamnya :

Rei Kashino (diperankan oleh Taisuke Fujigaya (Kis-My-Ft2)) dan Kira Aso (diperankan oleh Marie Iitoyo) adalah dua orang mahasiswa. Kira adalah orang yang sangat introvert, senang menggambar/melukis. Sedangkan Rei adalah sosok populer yang terkenal playboy dan sedikit berandal. Keduanya memulai pertemanan yang kemudian berubah menjadi cinta saat Rei melihat gambar yang dibuat oleh Kira dibalik denah lokasi yang ia tanyakan saat pertama kali mereka bertemu.

Namun baik Rei ataupun Kira ternyata sama-sama menyembunyikan masa lalu yang kelam. Dan dari hubungan mereka, keduanya harus kembali menghadapi permasalahan-permasalahan yang menyangkut masa lalu kelam mereka masing-masing.

Diantara hubungan Rei dan Kira kemudian muncul Makio (diperankan oleh Masataka Kubota) seseorang yang mempunyai hubungan erat dengan masa lalu dikenal Rei di masa lalu. Yang akan membayang-bayangi Rei dan mengganggu hubungan Rei dan Kira.

Makio (Masataka Kubota) - Kira (Marie Iitoyo) - Rei (Taisuke Fujigaya)

Well.... setelah nonton 2 episode awal drama ini komentarku adalah : BLANK! Kenapa? Karena aku nontonnya gak pake subtitle *kemudian nangis di pojokan*. Belum ada yang ngebikin/ngerilis subtitle drama ini. Udah nyari ke situs langganan download subtitle masih belum ada juga sampe sekarang. Jadi untuk sementara nontonnya pake feeling dan ilmu kira-kira :'(

Tapi dari ilmu kira-kira yang ditunjang dengan baca recap dari situs sebelah (googling aja :p) sedari awal Rei emang agak jatuh cinta gitu sama Kira dan berusaha mati-matian banget buat ngelindungi Kira dari segala mara bahaya *cieilah*. Di dalam cerita, selain digambarkan introvert Kira juga sering dijahati sama orang-orang di sekitarnya. Di episode pertama Kira hampir aja jadi korban pelecehan seksual oleh guru bahasa Inggris di sekolahnya ketika ia sedang melukis di ruang seni. Di episode kedua dia dibully dan 'disiksa' oleh Harumi and the gank. Harumi adalah cewek yang naksir berat sama Rei, tapi Rei gak pernah peduli sama dia.

Rei dan Harumi *jutek amat Mbak -_-*

Dari beberapa recap dan komentar di berbagai situs online dan blog yang membahas tentang drama ini, drama ini menuai beberapa kritikan. Ini beberapa kritikan yang coba aku simpulkan :

1. Pemilihan pemeran utama
Dalam poin ini sudah sangat jelas siapa yang disorot dan juga dikritik. Yaps si Taisuke Fujigaya dan Marie Iitoyo yang terpilih sebagai pemeran utama.

Taisuke Fujigaya dinilai terlalu 'cantik' dan kurang misterius untuk memerankan sosok Rei Kashino yang berandal. Menurut beberapa orang yang mencermati akting dari aktor yang juga anggota grup Kis-My-Ft2 ini aktingnya dinilai terlalu flat dan kurang mampu mengekspresikan sisi berandal dan juga sisi 'gelap' seorang Rei Kashino. Sehingga beberapa netizen kecewa dengan pemilihan Fujigaya sebagai Rei.

Selain kekecewaan juga ada komentar bernada membandingkan. Membandingkan antara Taisuke Fujigaya dan Vic Zhou. Vic Zhou memang kala itu sukses menyita perhatian dengan aktingnya yang datar, gelap, dan penuh misteri siih. Membuat penonton kemudian terpesona dan 'melted' pada sosok Chen Ling (penyesuaian nama tokoh Rei Kashino dalam MARS versi Taiwan yang diperankan Vic Zhou)

Ling vs Rei

Selain Fujigaya, Marie Iitoyo juga dinilai kurang begitu pas dalam memerankan tokoh Kira Aso yang pendiam, introvert, dan traumatik. Dia terlalu 'cerah dan ceria' untuk sosok Kira.
Tapi kritikan untuk Iitoyo tak sekencang kritikan untuk Fujigaya

Masalah chemistry antara Fujigaya dan Iitoyo, menurutku juga belum terlalu nyatu siih. Kayak masih ada gap gitu. Padahal di episode 2 mereka udah boncengan naik motor dan peluk-pelukan sedih.... *abaikan*

Yang sepi dari kritik hanya Masataka Kubota. Entah apa yang terjadi. Tapi pemilihan dia sebagai Makio Kirishima adem ayem aja. Justru bukan kritik yang mampir, tapi sedikit kekecewaan. Kecewa kenapa bukan dia aja yang berperan jadi Rei *laaahhh* -_-

2. Durasi tayang
Durasi drama ini beda kayak drama-drama Jepang umumnya yang berdurasi sekitar 45-50an menit. Durasi drama ini cuma 20+ menit. Jadi cuma setengah dari durasi drama umum Jepang. Durasi yang pendek ini dikhawatirkan gak cukup untuk menggambarkan secara detail apa yang terjadi. << yang komen gini kayaknya fans dari manga-nya juga

Itu siihh yang paling banyak dibahas. Sebenernya ada yang bahas masalah plot cerita dan juga setting dan kondisi dalam drama. Agak aneh aja lihat setting di sebuah sekolah tapi murid-muridnya pada gak pake seragam dan bahkan ada yang berandal kayak Rei (mungkin sebenernya bukan SMA yaa tapi kuliah). Tapi aku takut salah persepsi jadi gak usah aku jelasin disini lah yaa.. Hehe..

Tapi menurutku pribadi sih, drama ini cukup worth it buat diikutin dan ditonton. Selain karena aku (pribadi) ngefans sama lead male-nya (baca: Taisuke Fujigaya) juga karena aku penasaran sama lanjutan ceritanya. Apa trauma masa lalu yang dimiliki Rei sehingga ia jadi berandal dan Kira yang menjadi introvert. Juga konflik-konflik apa aja yang akan terjadi diantara Rei dan Kira. Kehadiran sosok Makio yang terlihat misterius banget juga belum jelas dia ini lawan apa kawan. Karena di satu sisi saat dia melihat Rei dia seperti evil, tapi saat berhadapan dengan Kira seolah-olah ia seperti angel yang ingin melindungi Kira.

Psstt... di episode 3 minggu depan, Rei kelihatan marah dan nampar seorang temennya looh. Kenapa yaa..?? *jadi penasaran*

Nonton yuukk... :)

Terlepas dari kritikan-kritikan yan ada, masih ada sisa episode yang bisa ditunjukkan oleh drama ini untuk membuktikan bahwa drama ini memang layak buat ditonton dan disandingkan dengan MARS versi Taiwan.

Hmmm.... jadi dari sekian panjang penjelasan di atas aku kasih nilai 7 dari 10 deh untuk drama ini. Yang artinya rekomended untuk diikutin.

Drama ini (sampai tulisan ini dipublish) statusnya masih on-going. Baru jalan 2 episode, jadi masih ada waktu untuk berpenasaran-penasaran ria. Tapiii..... untuk sementara belum ada subtitlenya. Semoga secepatnya ada yang rilis subtitlenya yaa... :)

--------------------------------------------------------------------------------------
UPDATE 5/2/2016 23:35 
AKU SUDAH MENEMUKAN SUBTITLE DRAMA INI...!! *dancing*

- Untuk soft sub (subt terpisah dengan video) bisa melipir ke SINI! Tapi soft sub disini pake Bahasa Inggris.
- Untuk yang hard sub (subt udah jadi satu sama video) bisa melipir ke SINI. Disini sub-nya udah pake Bahasa Indonesia.

Mau pilih yang mana, terserah. Kalau aku sih karena udah terlanjur download video RAW-nya duluan jadinya aku terpaksa download yang soft sub (meski harus berbahasa Inggris *mewek*)
--------------------------------------------------------------------------------------

Buat yang pengen baca recap-nya, bisa melipir kesini :

Okay deh... gitu ajaaa...

Selamat menonton.... :)


10 komentar:

  1. Sayang banget gak suka ma jalan ceritanya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehee... iyaa gak apa2 Mbak...
      Selera masing2.. :)

      Tapi kalau boleh tahu, mbaknya suka yang ceritanya kayak gimana?

      Hapus
  2. Ling nya untuk sub eng terpisah cuman sampai ep 2, yg gabungan sub ind ke blok tuh mba. ada link yg lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa yg eng-sub emang cuma 2 episode. yang ngesub mendadak sibuk, jadi nge-subnya gak dilanjutin.

      Lhooo iyaaa.... yg animakosia di block yaa... wah aku juga baru tahu niih...

      klo biasanya aku donlod di doramax265. tapi itu video RAW aja gak ada sub-nya. dan sejak 2 minggu lalu, doramax265 udah gak update episode barunya lagi. kayaknya di drop karena gak terlalu banyak yg interest sama drama ini.. :(

      Hapus
  3. Sayang banget ya cuma sampe episode 2 aj subtitleny. Mauny dilanjutin dong. Bgus ni jln ceritany.

    BalasHapus
  4. sis aku dah nonton sampe episode 10 kok gak ada lanjutan nya ya.. bisa tau gak nonton streaming itu dimana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjutan dan cerita lengkapnya ada di versi filmnya Mbak Nia....
      Filmnya udah rilis 18 Juni kemarin di Jepang.
      Yg drama serinya ini sepertinya cuma sebagai pengantar aja sebelum masuk ke filmnya.

      Hapus
  5. Ia nih aku jg udh nntn mpe episode 10.. Trs klanjutan.a nntn dmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjutan dan cerita lengkapnya ada di versi filmnya Kak....
      Filmnya udah rilis 18 Juni kemarin di Jepang.
      Yg drama serinya ini sepertinya cuma sebagai pengantar aja sebelum masuk ke filmnya.

      Hapus
  6. nama film kelanjutanny apa mba?

    BalasHapus