Selasa, 13 Desember 2011

# awkward # curhat

Pencitraan (?) -__-

Hullaw...
Selamat siang sahabat blogger... *sambil senam #eh*

Kali ini mau posting yang agak-agak awkward aahh.. :p

Postingan ini berawal dari obrolan yang agak serius agak gak serius sama kakakku *nahloh sebenernya obrolannya serius gak sih? Terserah lo deh :p*

Sahabat blogger siapa nih yang hari Sabtu kemarin liat fenomena gerhana bulan yang katanya bagus banget. Nggak lihat..?? Sama... Aku juga nggak lihat kok. Kebetulan itu pas pulang ke Jombang, dan dengan sangat laknatnya Jombang hujan dari sore sampe malem. Jadinya bulannya gak keliatan *guling-guling*

Trus apa hubungannya gerhana sama judul postingannya??
Ada hubungannya..
Lanjut aja bacanya :p
Trus keesokan harinya, hari Minggu, aku sama kakak disuruh keluar sama Ibu buat beli makan. *catatan: emak lagi males masak ceritanya* Nah pas keluar rumah terlihat langit yang terang benderang, bintang-bintang pada muncul. Cuma terlihat sebagian langit di sebelah utara yang agak mendung.

Fitri (selanjutnya disingkat F): "Hadeehh.. giliran gak ada gerhana langit cerah. Pas ada gerhana mendung plus ujan. Padahal kan pengen banget liat gerhana."
Mas Haki *ini kakakku* (selanjutnya disingkat MH): "Tau nih. Bau aja kalo lagi ada momen bagus."
F : "Padahal pas masih kecil dulu aku takut loh tiap denger bakalan ada gerhana."
MH : "Lah kenapa lho?"
F : "Lha abisnya dulu pas SD pas baca-baca buku cerita yang nyeritain tentang gerhana gitu katanya kalo pas gerhana itu bulannya dimakan buto ijo."
MH : "Kan cuma diceritain aja."
F : "Tapi di bukunya ada gambarnya. Dan gambar buto ijonya nyeremin. Kan jadinya takut.-_-"
MH : “Ah coba deh dulu pencitraannya bagus. Pasti anak-anak gak akan takut lihat gerhana. Apalagi kalau tahu gerhana itu bagus. Pasti makin banyak yang lihat.”
F : “Haahh..?? Pencitraan..?? Maksudnya..??”
MH : “Yaa pencitraan. Ngerti kan. Kalo kata Pak SBY pencitraan itu penting buat ngebikin nilai diri kita itu jadi bagus trus orang itu jadi suka dan gak takut sama kita. Coba kalo dulu buto ijo itu pencitraannya bagus. Pencitraannya dibikin kayak Edward Cullen atau Jacob gitu, pasti anak-anak pada nggak takut.
F : *ngakak, tapi agak tersinggung. Masa’ Edward sama Jacob disama-samain sama buto ijo siih..?? -__-* “Iya juga sih.. pasti pada semangat ya kalo ada gerhana. Pasti rebutan lihat.”
MH : “Atau kalo enggak, jangan dibilang dimakan deh bulannya. Diumpetin atau di selubungin kan jadi nggak terlalu horor.

Yak.. jadinya udah jelas kan antara tema dan hubungan antara isi dan judulnya..
Pen-cit-ra-an..
Definisi pencitraan sendiri adalah sebuah usaha untuk menonjolkan citra terbaik di mata publik.

Nah kayak yang udah aku ceritain dicuplikan dialogku sama kakak di atas tadi. Coba kalo sosok buto ijo itu di-citra-kan menjadi sosok yang 'ganteng' kayak Edward Cullen *sebenernya gak rela* pasti anak-anak atau kita orang dewasa gak akan takut sama sosok buto ijo.

Atau dalam kasus lain, kenapa sih pocong itu diasosiasikan sama hal-hal yang serem, bermuka jelek, matanya merah, atau yang kategori-kategori yang serem yang lain?
Kenapa pocong nggak di-citra-kan dengan hal yang baik. Iya tau pocong itu bentuk fisiknya kayak gitu. Dibungkus kain putih, bentuknya kayak permen 'sugus' *hahahaa #plak*
Tapi kenapa selama ini harus diasosiasikan dengan bermuka jelek, serem, dan lain-lain. Kenapa nggak diasosiasikan bermuka cantik/ganteng. Badannya bersih dan gak nyeremin.
Karena asosiasi/pencitraan yang terjadi selama ini, maka jadilah kita takut sama pocong dan akhirnya jadi takut kalo lewat depan kuburan. Itu kan merugikan -_-
Kalo emang mau bikin efek jera pada anak-anak biar nggak keluar-keluar pas malem hari nggak perlu pake hal-hal yang serem dong. Cukup dilarang aja. Nggak usah ditakut-takutin. Kalo ditakut-takutin efeknya nantinya kita bisa jadi orang yang penakut.

Jadinya sih kayaknya pencitraan itu penting deh yaa..
Jadi sekarang mulai citrakan dirimu dengan baik dan benar. Supaya orang lain menilai dirimu dengan baik, benar, dan positif.
Jangan sampe kamu tercitrakan dengan buruk dan menjadikan orang lain berpikiran kurang baik pada dirimu hanya karena orang lain salah menjelaskan tentang dirimu pada orang lain. Atau bentuklah opini atau pendapat orang lain tentang gimana dirimu sesuai dengan keinginanmu, supaya orang lain tidak salah mendeskripsikan tentang dirimu.

Hahaa..
Oke enough deh.,.
Bingung bacanya..?? Alhamdulillah..
Soalnya aku sendiri waktu ngetik postingan ini juga bingung, jadinya mari sama-sama bingung. #plak.

Okke gotta go..
Mau perhatiin presentasi matkul Teori Komunikasi dulu..
Byee... :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar