Rabu, 14 September 2016

[REVIEW] HERO Movie 2015

Sebenernya aku udah dari lama banget kepengen ngereview film yang satu ini. Tapi berhubung dulu itu cuma punya videonya yang tanpa sub, maka ditunda dulu deh ngereviewnya. Dan setelah kemarin ini udah nemu subtitle-nya, maka aku putuskan untuk #RabuReview kali ini aku isi tentang film ini.


Judul : HERO (The Movie 2015)
Sutradara : Masayuki Suzuki
Negara : Jepang
Bahasa : Jepang
Genre : Mystery-Comedy, Drama
Durasi : 120 menit
Distributor : Toho
Rilis : 18 Juli 2015

Pemain :
Takuya Kimura sebagai Kohei Kuryu
Keiko Kitagawa sebagai Chika Asagi
Takako Matsu sebagai Maiko Amamiya
Koichi Sato sebagai Keisuke Matsuba


Sebelum masuk tentang gimana review dan kesan-kesanku abis nonton film ini, yuk diintip dulu trailer filmya... :)



PLOT

Seperti yang udah terlihat di trailer, film ini dibuka dengan adegan dimana terjadi sebuah kecelakaan lalu lintas. Dimana seorang perempuan cantik menjadi korban tabrakan sebuah mobil hingga tubuhnya terpelanting dan kemudian meninggal. Kasus kecelakaan tersebut kemudian ditangani dan diusut oleh seorang jaksa bernama Kohei Kuryu, seorang jaksa yang 'unik'.

Dalam penangannya, kasus kecelakaan tersebut ternyata juga melibatkan Maiko Amamiya. Keterlibatan Amamiya ini dikarenakan perempuan yang menjadi korban kecelakaan yang kasusnya ditangani oleh Kuryu ternyata adalah saksi kunci dari kasus yang ditangani oleh Amamiya yakni tentang rencana pemerasan yang akan dilakukan oleh geng yakuza dan broker tanah. Namun sebelum Amamiya berhasil memperoleh keterangan si saksi, si saksi sudah lebih dulu terbunuh akibat kecelakaan (kasus yang ditangani Kuryu).
Sehingga untuk tetap menyelesaikan kasus yang ditanganinya, Amamiya pun harus bertemu dan bekerja sama dengan Kuryu. Sesuatu hal yang dihindarinya......

Meskipun dengan berat hati, Amamiya akhirnya mau bekerja sama dengan Kuryu. Bersama dengan Kuryu dan juga style khasnya dalam menangani kasus, Amamiya dan Kuryu memulai investigasi terkait kasus yang mereka tangani.

Saat Kuryu, Amamiya dan para asisten mereka melakukan pengecekan lokasi tempat kejadian perkara, Kuryu menemukan fakta bahwa lokasi terjadinya kecelakaan tersebut adalah dekat dengan sebuah gedung yang ternyata adalah gedung Kedutaan Neustria (Swiss), tempat yang terlarang untuk diinvestigasi.

Mampukah Kuryu dan Amamiya memecahkan kasus yang mereka tangani?
Mengingat kasus yang mereka tangani ternyata bersangkut paut dengan kedutaan negara lain dan juga berurusan dengan politik dan hubungan bilateral antar dua negara?


KESAN

Kesan abis nonton film ini tuh pertama pasti pusing! Pusing mikirin keterkaitan antara oknum satu dan oknum yang lain. Keterkaitan antara kejadian satu dan kejadian yang lain. Intinya nonton drama ini tuh dikit banyak harus mau mikir dan juga jeli. Kalau nggak pasti gak bisa ngeh apa yang terjadi.
Yaahhh namanya juga film mystery yang didalemnya ada unsur-unsur kriminalnya. Jadi ya harus (ikutan) mikir kayak jaksa Kuryu. Eheheee...

Tapi tenang ajaaa... nonton drama ini tuh meskipun diajak mikir yang serius-serius, kita juga diajak ketawa-ketawa juga kok. Ketawa sama kelakuan-kelakuan absurdnya Kuryu yang abnormal banget sebagai jaksa. Belum lagi tingkah-tingkah konyol jaksa-jaksa lain plus asistennya (temen sekantor sama Kuryu) yang juga gak kalah absurdnya.

Nonton film ini juga disuguhin sama kisah cinta yang belum kelar antara Kuryu dan Amamiya. Tentang gimana Amamiya harus profesional bekerja sementara ia harus kerja sama sama mantan. Tentang gimana dia gak terjebak CLBK padahal di kondisi yang sama ia sudah punya pacar.
Yupss... dulu Amamiya pernah menjadi asisten Kuryu. Dan saat Amamiya menjadi asisten Kuryu mereka pernah terjebak cinta. Emang sih gak secara gamblang diceritain kalau mereka tuh cinlok, tapi ada scene-scene yang nunjukin kalau Kuryu dan Amamiya saling suka *uhuk*

Cewek-cewek di sekitar Kuryu
(Kiri : Chika Asagi - asisten Kuryu (sekarang). Kanan : Maiko Amamiya - (mantan) asisten Kuryu)

Nonton film ini tuh semacam dapat paket lengkap deh yaaa.
Selain pemainnya kece-kece... kita juga bisa belajar tentang hukum dan dunia perjaksaan. Itu sudah jelas. Kalau selama ini kita cuma tahu kalau tugas jaksa di pengadilan itu memberikan dakwaan atau tuntutan hukum pada seseorang yang dinilai bersalah, disini kita diajak belajar dan tahu gimana proses kerja seorang jaksa sejak sebelum pada proses pengadilan.

Selain itu, dari sosok Kuryu, kita juga diajak untuk teliti, peka, menghargai proses, dan gak mudah percaya sama yang orang bilang sebelum kita tahu sendiri. Kita juga diajak buat teliti dan memperhatikan dengan baik apa yang ada di sekeliling kita sebelum membuat keputusan. Juga jangan menyepelekan hal-hal kecil, siapa tahu hal-hal yang kita anggap kecil justru jadi penggenap hal yang besar. Plus, kita juga diajak buat gak selalu menilai orang cuma dari penampilannya aja. Kuryu dengan penampilannya yang terkesan urakan, ternyata punya kemampuan analisis dan menyelesaikan kasus yang manteb dan tokcer abiss.

Istilahnya mah : "Don't judge book by the cover" aja gitu.

Hahaha

Baca juga : Inspiring Takuya Kimura


Kuryu's style.
Jaksa yang gak pernah mau pake baju formal!

Dari drama ini juga kita bisa belajar bahwa sepinter apapun kita, sejenius apa pun kita. Kita masih perlu bantuan orang lain. Dengan bantuan orang lain, masalah paling sulit pun dapat teratasi.

Ini dibuktikan sama Kuryu dan juga Amamiya, dengan bantuan dari teman-temannya, mereka  berdua akhirnya bisa memecahkan kasus yang sedang mereka tangani.

Dan satu lagi, kita gak boleh putus asa!
Meskipun banyak halangan dan cobaan, pasti ada jalan keluar untuk menyelesaikan masalah.
Seperti Kuryu yang harus berhadapan dengan pihak Kedutaan Neustria yang terkesan menutup-nutupi keterlibatan orang kedutaan dalam kasus yang ditangani Kuryu sampai nyawa Kuryu yang nyaris melayang karena dicelakai oleh orang tak dikenal karena berani-berani mengivestigasi kasus yang melibatkan orang kedutaan, tapi Kuryu gak meyerah. Dia dan tim-nya terus maju untuk menemukan dan membuka kebenaran.....

HERO's Team

So far, dari 10 poin aku ngasih 8 poin untuk drama ini.
Karena di drama ini gak ada lagu OST-nya yang keceeee.... :'(

Tapi di drama ini kita gak akan dikecewain sama acting para pemainnya.
Acting-acting para pemainnya jempolan semua!
Siapa sih yang meragukan acting keren dan jempolannya Takuya Kimura? The King of Dorama?
Atau acting dari si cantik Keiko Kitagawa?
Atau acting serunya Takako Matsu yang juga pernah ngisi soundtrack lagunya Frozen (versi Jepang)?
Intinya maahh kalau masalah acting, para pemain di film ini udah jawara semua!


Tertarik untuk nonton?

Nonton yuukkk!! :)


Oiya, sebagai info film HERO 2015 ini adalah film HERO kedua setelah film HERO pertama yang dirilis pada tahun 2007 lalu.

Sementara HERO sendiri awalnya adalah drama seri yang ditayangkan oleh Fuji TV pada 2001 lalu.
Pada penayangannya 2001 lalu, drama ini berhasil meraih rating rata-rata 30an% di masing-masing episodenya. Menjadikan HERO sebagai drama dengan rating tertinggi.

Kemudian pada tahun 2006, pihak Fuji TV membuat HERO Spesial.

Tahun 2007, dibuat film HERO yang pertama.

Kemudian tahun 2014, HERO season kedua dibuat.

Dan tahun 2015 dibuat film HERO ini.

Semuanya bercerita tentang Kuryu dan kasus-kasus yang ditanganinya.

Tapi meskipun HERO ini terkesan berseri. Tapi kamu gak harus nonton HERO dari yang sesi pertama alias HERO tahun 2001. Kamu langsung nonton film ini juga gak masalah. Gak akan bingung memahami jalan ceritanya.
Atau kalau senggang, nyoba nonton dari yang drama seri HERO yang season kedua (tahun 2014) juga gak boleh.
Lebih afdhol sih nonton dari awal... #plak

Last,
Enjoy watching guys! :)

15 komentar:

  1. Ooo film antar tegang negara iya, jadi keinget mission impossible, kalo aku sih nggk terlalu paham film jepang, senengnya film action kayak 007 terus men in black

    BalasHapus
  2. Entah kenapa gue hari ini baca blog, banyak banget yang review drama korea. Makin menjamur aja drama korea. Hehe

    Eh tapi, film ini beda deh. Ini film kayak misteri n kriminal2 kan, jadi seperti yang lo jabarkan. Kita diajak mikir. Keren juga nih!

    BalasHapus
  3. Wadaw gue jarang banget nih nonton film jepang :'))

    Tapi plotnya keren ya, bikin bingung gitu. Tapi ya karena emang genrenya misteri masa penonton gak dibikin bingung sih :'))

    ITU JAKSA APAAN GAK PAKE BAJU FORMAL?! GAWL ABIS :))

    BalasHapus
  4. Oo, trnyata ada skuel hero yg prtamanya ya fit? Kirain ini yg prtama.

    Iya nih, mkanya gw juga gk asing mndengar judulnya, kyak prnah ditayangin episode2 deh. Genrenya klo gk slah trmasuk thriller dn drama gtu, twistnya di akhir film jga lumayan mmbongkar asumsi yg kt bntuk sjak mnonton flmnya dri awal.

    SUDAH CIRI KHASNYA SI KURYU SBGAI PNGACARA MAKE JAKET KULIT GTU...ALA2 HUTAPEA. haha

    Aktornya juga gk asing deh, gw kyak prnah liat dia di serial kamen rider jepang.

    Bdw, ini knjungan prtama saya ksini fit, slam kenal ya :) smoga bisa mnjalin hbungan yg baik antar sesama blogger.

    BalasHapus
  5. Duh rasanya jarang banget ya denger film Jepang. Aku sendiri cuma nonton sekali dan itu juga romance ada melownya. Koizora, tau nggak Fit?

    Tapi btw sinopsis filmnya sih keren ya, tentang jaksa. Emang sejauh ini yang kita tau jaksa cuma ngasih tuntutan hukum. Tapi kalo soal aktor-aktornya, karena jarang nonton film Jepang, jarang banget malah, jadi aku nggak tau juga kemampuan akting mereka. Biasanya muka dan pesona aktor selalu jadi alasan aku mau nonton film atau drama sih wkwk.

    Reviewnya bagus nih Fit, gak keberatan bacanya. Ringan. Dan asik aja bacanya gak bikin pengin cepet scroll ke kolom komen. Nanti-nanti bikin review drakor dong biar kita bisa sharing hahaha:))

    BalasHapus
  6. Wih ini sih kisahnya lebih mirip detektif konan ya, mecahin suatu masalah gitu, tapi yang ini pemeran utamanya si jaksa, jaksanya juga beda ya, agak gaul urak2kan gitu hehehe.. kekny keren nih film.

    reviewnya keren :)

    BalasHapus
  7. Keren ya gue liat di trailer nya itu .. . ini pake part part an gitu ya ? itu ada yang udah di rilis tahun 2007 dan tahun ini . Berarti udah 2 x ya dibuat dengan konsep cerita yang berbeda ? wah wah .Lah tapi kenapa yang 2014 nya beda lagi ya ?

    BalasHapus
  8. Tadi blogwalking ke postingan reviewe film korea. sekarang jepang. apapun itu sebenranya yang paling sulit buat gue adalah bahasanya. bisa kali ya diganti bahasanya pakai logat sopo jarwo. HEHHE

    BalasHapus
  9. ah suka nih sama film-film bergenre ginian, film yang gak biasa sepertinya.
    Oke, makasih reviewnya, mau download dulu hahaha.

    BalasHapus
  10. Kalo pembahasannya tentang kriminal dan mystery, boleh juga lah tonton. Secara kan kalo soal begituan akan membuat minat kita tinggi untuk melihat kejadian apa yang terjadi. Nontonnya harus sambil mikir :D

    BalasHapus
  11. kemarin baru aja temenku cerita tentang film ini tapi belum sempat ku tonton. Kayaknya bagus ya bikin penasaran

    BalasHapus
  12. Waah ini J-Movie recomended nih. Jujur, gue penyuka hal yang berbau jepang, termasuk Anime and J-Movie. Nah, untuk film ini gue belum tonton, dan sepertinya sehabis baca ini gue akan segera nyari dan nonton film ini.. tengkyu

    BalasHapus
  13. Hmm, film tentang pemecahan kasus kayak gini nih aku juga demen, apalagi kalau yang main aktor dan aktris dari jepang pasti makin seru banget.

    Tapi ya gitu, kalau nonton film yang topiknya pemecahan kasus gini kadang suka dibikin pusing dan nebak-nebak karena penasaran. kayaknya aku masukin list film yang harus kutonton nihh.

    BalasHapus
  14. Download film jepang kyk gini dmn y mba?

    BalasHapus
  15. Wah kayaknya bagus nih, suka sama genrenya.. Gue emang suka sama hal2 yang berbau thriller gini, ada kayak detektif2 segala lagi.. Cuman nyarinya filmnya yang males.. apalagi kalo mesti donlod2 dulu :D
    Mending ntar beli onlen aja nyari dvd nya ah..

    BalasHapus