Jumat, 09 September 2016

# #JumatJourney # curhat

Pengakuan Dosa....

Waiitt....
Kenapa judulnya gituu..??

Jadi, selama ini setelah lulus kuliah hampir setahun yang lalu setiap aku ditanyain sama temen, sama (sebagian) sodara, sama gebetan dan mantan, atau sama sekedar kenalan yang kenal di FB/IG/twitter/blog tentang sesuatu pertanyaan itu aku gak pernah jawab dengan bener.

Setiap aku ditanya pertanyaan ini :
"Kamu lagi sibuk apa sekarang?"

Aku akan selalu menjawabnya dengan jawaban : 
"Lagi sibuk menghibur diri sambil nontonin drama Korea." 
atau
"Lagi sibuk bantuin Park Bongpal ngusir hantu sama bantuin Kang Chul bolak-balik dunia nyata sama dunia webtoon." *ini efek dari kebanyakan nonton drama Korea* :p
atau 
"Gak lagi sibuk apa-apa, sibuk mencari kesibukan. Hahahaaaa.."

Pokoknya aku selalu menjawabnya pertanyaan "lagi sibuk apa" itu dengan jawaban yang cengengesan, yang gak pernah serius, dan gak pernah jujur *maafkan!*

Tapi sebenarnya, aku sejak bulan April lalu udah gak 'sesantai' itu lagi kawan-kawan. Kalau ditanya masih sibuk nonton drama Korea, iya juga. Cuma itu udah bukan yang utama lagi. Sejak April lalu aku sebenarnya sudah ada kegiatan lain. Yang bisa bikin aku lebih lumayan sibuk dan lebih bikin aku lumayan capek juga (tapi ngehasilin duit :p). Apa itu?

Ini jawabannya :


Ada yang bisa menebak, apa yang aku kerjain sekarang kalau diliat dari ilustrasi gambar dia atas? *masih aja tebak-tebakan* :p

Gak ada yang tau?

Okaiiii...... okkaaii.... aku ceritain. Disimak yaaa.... :D

Jadi, sejak bulan April lalu aku udah keterima kerja sebagai reporter/wartawan di salah satu majalah lokal di Jombang. Namanya Majalah Suara Pendidikan. Kantornya ada di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, tepatnya di sebelah studio Radio Suara Pendidikan miliknya Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang.

Proses rekrutmennya lumayan cepet, cuma sekitar satu bulan.
Akhir Februari masukin lamaran pekerjaannya, bulan Maret ikutin serangkaian tesnya, pertengahan April udah mulai masuk dan kerja.

Aku dan empat edisi majalah yang ada tulisankunya

Kerja di Majalah Suara Pendidikan ini menyenangkan banget. Selain gak perlu kerja jauh-jauh dari rumah, ritme kerjanya tuh santai-santai serius. Temen sekantor juga asik-asik. Meskipun temen sekantor cuma 3 orang, tapi kalau lagi ngumpul nano-nano. Bisa serius banget (kalau lagi rapat terutama) bisa juga seru-seruan banget. Dan berhubung sekantor cuma 4 orang doang gak pernah deh saling berantem atau iri-irian. Yang ada malah saling tukeran drama Korea. #laaah. Hahahahaa.....

Kalau masalah job desk, berhubung aku adalah wartawan a.k.a reporter maka tugasku tiap hari adalah liputan. Cari-cari berita. Berita tentang apa? Tentang pendidikan sudah jelas. Selain tentang pendidikan juga tentang hal-hal yang khas dan unik yang ada di kota Jombang. Bisa tentang pekerjaan-pekerjaan yang unik, kuliner, atau tempat-tempat seru di Jombang yang bisa dikunjungi saat liburan. Intinya gak jauh-jauh tentang pendidikan dan segala sesuatu yang ada di Jombang.

Tulisan pertamaku yang muncul di Majalah

Dan ketika tulisan ini diposting, aku sedang menyisihkan (sekali) waktu di sela-sela ngerjain bahan buat edisi Oktober. Meskipun sebenarnya dalam sehari itu gak gitu ditargetin untuk ngumpulin banyak berita, tetep aja aku lumayan kesusahan buat bagi waktu antara nulis berita dan nulis bahan buat di blog ini.

Itulah juga alasan kenapa akhir-akhir ini aku jarang banget buat posting tulisan di blog.
Nulis berita sehari satu aja kadang gak kelar-kelar, gimana ditambah sama nulis blog?
Mabok iya daaahhh....

Karena percayalah bahwa menulis itu butuh mood yang bagus dan pikiran yang jernih.
Kalau pikiran kacau dan lelah, tulisan gak akan keluar, gak akan jadi dengan baik.
*ngeleeeessssss* :p

Tapi meskipun gitu, aku senang bisa ngejalanin pekerjaan ini. Karena memang ini sesuai dengan apa yang aku pengenkan yaitu kerja di media. Meskipun bukan media dengan skala besar/skala nasional seperti yang apa aku kepengenkan dulu sekali, tapi aku cukup senang lah.
Tiap hari berkutat sama kamera, sama coret-coretan catetang hasil wawancara, dan komputer/laptop buat bikin beritanya.
Menyenangkaaaannn....... :D

Dengan bekerja di Majalah Suara Pendidikan ini juga aku bisa ketemu orang-orang baru, orang-orang hebat, dan orang-orang yang menginspirasi. Melihat kegiatan-kegiatan atau tradisi-tradisi di desa-desa terpencil yang belum pernah aku lihat. Sangat menyenangkan sekali!
Meskipun kadang capeknya itu naudzubillah karena harus pergi liputan kesana kemari, liputan dari ujung ke ujung desa atau kecamatan di Jombang yang kadang jalannya aja masih makadam belum beraspal yang bikin pantat dan punggung rontok, tapi kepuasan batinnya dapet banget!

Ya meski juga gak bisa dipungkiri kalau setiap kegiatan bahkan pekerjaan itu gak lepas sama hal-hal yang gak mengenakkan juga. Cuma sebisa mungkin lah untuk dijalani dan dinikmati aja... :)

And still counting...... *majalah ke 5, 6, 7, 8 dst.....*

Sebenarnya masih banyak banget hal yang masih bisa dibagi tentang pengalaman jadi wartawan di Majalah Suara Pendidikan ini. Cuma biar gak kehabisan bahan tulisan buat postingan mendatang, dan biar tulisan ini gak terlalu panjang juga.... ceritanya aku cicil aja yaaa....

Yang penting sekarang udah pada tahu kan kesibukanku sekarang apaaa.... :D

Untuk kelanjutannya, nanti (Insya Allah) tiap Jumat aku akan bagi pengalaman-pengalamanku dalam bekerja jadi reporter Majalah Suara Pendidikan ini.. :)

Sampai ketemu di cerita minggu depan yaaaa.... :D
*kalau gak lagi sibuk ngerjain berita yaaaa....* #plak

2 komentar:

  1. Horee, selamat ya mba Fit :) turut berbahagia karena mba Fit mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan. *pengen juga megang-megang kamera *semoga ketularan mba Fit hehe. Proses rekrutmennya kilat yaa. Itu temen sekantor perempuan semua mba?
    "Karena percayalah bahwa menulis itu butuh mood yang bagus dan pikiran yang jernih.Kalau pikiran kacau dan lelah, tulisan gak akan keluar, gak akan jadi dengan baik. *ngeleeeessssss* :p" aku setuju kok sama kalimat-kalimat ini :D anaknya ngandelin mood hehehe

    BalasHapus
  2. Selamat ya !... Keren ya bisa masuk artikelnya dimajalah... aku kapan!

    BalasHapus