Vokalis Baru ADA Band 'Tak Lagi Cinta'

by - Senin, Januari 11, 2021

Di awal tahun 2021 lalu, aku baru tahu kalau ternyata salah satu band Indonesia favorit aku, ADA Band baru aja rilis single baru. Kalau gak gara-gara liat Instastory dari sodaraku yang juga sesama fansnya ADA Band, mungkin sampe sekarang aku gak tahu kalau mereka ngerilis lagu baru dan masih akan istiqomah dengan list lagu-lagu dari DAY6, band Korea favoritku. Eheheee.....

Di single baru mereka kali ini, ADA Band udah nggak lagi barengan sama Donnie Sibarani yang biasa ngisi di bagian vokal. Posisi vokalis saat ini udah ditempati sama Indra Perdana Sinaga atau yang akrab disapa Naga. Yups, Naga ex-vokalisnya Lyla ituuu.

As info aja, sejak sekitar tahun 2017, Donnie emang mengajukan pengunduran diri dari posisi vokalis ADA Band. Untuk berita dan alasan kenapa Donnie mundur dari ADA Band bisa lah di searching sendiri aja yak. Aku gak perlu ceritain detail disini. Begitu juga alasan sekaligus latar belakang kenapa akhirnya bisa Naga yang sebelumnya udah lebih dikenal sebagai vokalisnya Lyla, akhirnya mengisi kekosongan posisi vokalis di ADA Band yang kosong selama hampir tiga tahun. Naga diumumin secara resmi menjadi vokalis ADA Band menggantikan Donnie pada awal 2020.

Jujur sih sebagai penikmat lagu-lagu ADA Band begitu tahu berita Donnie udah cabut dari ADA Band dan kemudian digantiin sama Naga, aku cukup kaget sekaligus ngerasa sedikit aneh. Kok bisa-bisanya vokalis band pindah. Berasa bursa transfer pemain sepak bola antar club gitu. Ehehehee...
Selain itu, diakui atau tidak Naga dan Lyla juga udah rekat banget. Suara Naga pun udah khas banget dengan lagu-lagu Lyla. Jadi ketika Naga pindah ke ADA Band, apa bisa dia 'melepaskan' image-nya Lyla? Belum lagi posisi Donnie dan juga suara khasnya sangat lekat pula dengan lagu-lagu dan image ADA Band. Apa bisa itu terganti? Atau setidaknya terlepas?

Di awal banyak yang ragu, pesimis, bahkan ada yang mencibir terhadap keputusan Naga dan juga manajemen ADA Band. Beberapa fans berseloroh, Naga di ADA Band berasa Lyla lagi cover lagu-lagu ADA Band. Beberapa yang lain yang mengatakan ADA Band rasa Lyla atau bercanda dengan menggabungkan dua nama band itu menjadi satu, menjadi ADA Lyla Band.
Ada-ada aja....

Tapi ya show must go on!

Digital Cover Single Baru ADA Band "Tak Lagi Cinta"

Hingga akhirnya, setahun setelah pengumuman pergantian vokalis baru itu akhirnya ADA Band rilis lagu baru juga. Sekilas dari cerita behind the scene lagu baru ini, sebenarnya ADA Band sudah berencana untuk merilis lagu dengan vokalis baru segera setelah pengumuman. Tapi ternyataaaaa kemudian ada Korona sehingga semua rencana harus ditunda dulu dan akhirnya baru bisa terealisasi di akhir 2020 - awal 2021.

"Tak Lagi Cinta" adalah judul lagu terbaru ADA Band yang official Music Video (MV)-nya diunggah tepat di tanggal 1 Januari 2021. Lagu yang 'katanya' mengambil konsep 80an ini suprisingly bener-bener ADA Band BANGET! Lagu bertema cinta dengan lirik yang bisa bikin patah hati ini punya aransemen yang SANGAT ADA BAND BANGET.

Nah berhubung aku tuh gak bisa mendefinisikan dan mendeskripsikan gimana sih bentuk lagunya sampe bisa dibilang dan dirasain kalau lagu itu tuh modelnya ADA Band, mending langsung dengerin dan nonton official MV-nya aja nih....


Gimana?
Paham kan?

Kalau gak paham, ya anggap aja paham lah yaaa.... :p

Aku waktu pertama kali denger lagu ini aku udah langsung nyantol dan jatuh cinta. Vokal Naga di lagu ini bener-bener ngebland dan enak banget buat didengerin. Suaranya cocok dan masuk banget di lagu ini dan bersyukurnya Naga bisa ngebangun 'warna'nya dia sendiri dan gak jadi kebawa sama 'warna' suaranya Donnie, vokalis ADA Band sebelumnya.

ADA Band sendiri meski udah tiga kali ini berganti vokalis, tetap bisa mempertahankan ciri khas atau warna musiknya meski harus berganti-ganti vokalis. Berganti vokalis gak menjadikan band yang mulai terbentuk pada tahun 1996 ini kemudian 'berubah' karena perubahan vokalis. Justru vokalis baru yang ketarik masuk ke musik khas-nya ADA Band. Dika (bassist) sebagai satu-satunya personel asli sedari awal ADA Band terbentuk, justru dianggap pintar memilih vokalis pengganti yang sangat cocok dengan warna musik ADA Band. Sehingga fans gak merasa kehilangan warna musik khas ADA Band meski berganti vokalis.

Meski harus diakui, masing-masing vokalis membawa warna dan ciri khas tersendiri juga. Donnie ketika menggantikan posisi Baim di tahun 2003 pun pernah dianggap akan sulit menggantikan Baim. Namun nyatanya Donnie berhasil dan justru bisa menciptakan warna dan khas tersendiri.
Begitu pula yang terjadi pada Naga sekarang. Suara Donnie yang berat dan sangat khas, yang sudah menjadi ciri khas bagi lagu-lagu ADA Band selama lebih kurang 15 tahun dianggap akan sulit digantikan. Apalagi beberapa lagu hits ADA Band ada yang diciptakan oleh Donnie, sebagai pencipta lagu dia pasti membuat lagu itu sesuai dengan karakter vokalnya.

Tapi ya kembali lagi seperti yang sudah kusebut di atas, SHOW MUST GO ON!

Keputusan Donnie untuk mundur di ADA Band sudah diambil dan personel juga managemen ADA Band udah memilih Naga menjadi vokalis yang baru.

Dan ketika didenger-dengerin (sebagai orang awam) Donnie dan Naga memiliki jenis suara yang cukup mirip. Sama-sama berat, sehingga seharusnya Naga gak kesulitan menyesuaikan sama lagu-lagu ADA Band. Kalau aku pribadi, Naga cukup oke ketika menyanyikan lagu ADA Band. Meski di awal rasanya aneh banget. Bayang-bayang suara Donnie, tarikan dan desahan nafasnya gak semudah itu dihilangkan dari lagu ADA BAnd dan kadang-kadang secara gak sadar masih suka ngebandingin sebuah lagu itu ketika masih dibawain Donnie dan ketika udah dibawain sama Naga.
Tapi sebagai fans, harus bisa mulai membiasakan mendengar suara Naga menyanyikan lagu ADA Band dong! Kan sekarang Naga yang jadi vokalisnya. Ehehee.. (Dan gak menutup rasa bahagia ketika nemu video Donnie yang perform solo nyanyiin lagu ADA Band).

Ah udahlah... berasa ngelantur kemana-mana banget.

Intinya, congrats buat ADA Band, salah satu band Indonesia favoritku yang udah merilis single terbarunya.
Semoga dengan vokalis baru, single baru, bisa menunjukkan jika ADA Band masih eksis di belantika musik Indonesia.
Tetap menjadi pelopor lagu-lagu mellow nan galau dengan lirik-lirik lagu yang bikin baper. Ehehe.

Sukses terus ADA Band.... :)

You May Also Like

1 comments

  1. Aku juga setelah pertama denger langsung suka sama lagu ini

    BalasHapus