Bahas Personality : Aku Siapa? Aku Gimana?

by - Jumat, Januari 01, 2021

Well....
Mengawali tantangan pertama dari #30DaysWritingChallenge2021 tema yang harus dibahas adalah mengenai personality.

Sumber dari SINI 

Hmmm.... kalau ngomongin personality, apalagi personality diri sendiri aku tuh agak bingung aku orang yang kayak gimana.

Kalau dari hasil tes MBTI online aku tuh termasuk dalam orang yang kepribadiannya introvert (I). Lebih detailnya di jenis kepribadian kalau gak INFP-T yaa ISFP/A.

Katanya kalau kepribadiannya introvert tuh cenderung lebih suka menyendiri. Bukan berarti anak introvert itu Anti Sosial (Ansos) tapi mereka tuh energinya cepet habis kalau lagi ada di keramaian orang. Dan untuk mengembalikan energinya mereka butuh kesendirian, sepi, dan menjauh sama hal-hal yang berbau keramaian.

Dan yaa bener juga. Aku tuh emang jarang banget suka di kegiatan yang rame. Kalau bisa sih menghindar aja dari kegiatan rame-rame. Yaa gak menutup kemungkinan buat aku telibat sama kegiatan yang rame kayak jadi panitia Pawai Budaya (Karnaval) atau nonton konser. Tapi abis itu udah bisa dipastikan kalau aku tepar dan maunya tidur-tiduran aja, guling-guling sambil nonton YouTube di kamar. Okesip!

Selain introvert, aku tuh juga cenderung pendiem sekaligus overthinking juga anaknya.
Apalagi kalau lagi di situasi atau kondisi baru, di tengah-tengah orang baru. Dah aku bakal jadi orang yang super pendiem yang cuma ngamatin kondisi sekitaran doang.
Mau nyapa atau ngajak ngobrol orang itu takut kalau misalnya orangnya gak nyaman atau udah takut duluan sama persepsi dan penilaian orang itu ke aku. Takut kalau penilaiannya jelek, takut kalau aku ninggalin kesan yang buruk.

Nah ternyata kelakuan macem gini tuh ternyata mengundang persepsi lain. Orang lain pada ngira kalau aku tuh orangnya jutek, judes, ngeselin. Karena di saat aku mengamati keadaan sekitar yang sambil diem-diem bae itu, ekspresi muka dan mata kayak orang yang jutek-judes-ngeselin. Ya allah..... padahal itu di dalem otak lagi overthinking anaknyaaaaa....... :'((

Tapiiii sifat pendiem di awal-awal, bakal langsung terpatahkan ketika udah kenal. Ketika anda sudah mengenal sesosok Fitri, udah dijamin dah anaknya super cablak. Banyak omongnyaaaa..... ihihihii.....

Selain hal-hal kocak itu... beberapa sifat lain yang akhir-akhir ini barusan aku sadari, ternyata aku tuh anaknya agak kerasa kepala, suka semaunya sendiri, lumayan egois, dan cuek.

Tapi sekalinya kalau lagi perhatian sama temen, dah sini aku jabanin kalian mau apa? Mau curhat semalam suntuk hayuk! Butuh bantuan finansial, kalau aku pas ada, aku bakal bantu juga. Apapun deh. Ehee...

Dan satu lagi... bener-bener satu lagi sifat yang baru tahu aku miliki, setelah join dan kenal sama member-member di sistem membershipnya Kisah Tanah Jawa (one day aku ceritain sendiri tentang hal ini), aku ternyata punya kepribadian Empath.

Empath adalah kemampuan bisa merasakan energi dan emosi di sekitar. Dampaknya bisa merasakan mood dan energi dari orang lain sehingga energi atau mood di dalam diri sendiri bisa gampang banget berubah-ubah. Karena ibarat sponge or busa, orang Empath tuh nyerap segala energi yang ada di sekitarnya sehingga mempengaruhi energi di dalam dirinya.

Jujur, pas pertama tahu aku kaget. Lah bisa-bisanya gitu punya empath kayak gitu. Padahal selama ini aku tuh berasa cuek banget. Sama lingkungan sekitar kayak masa bodo. Cumaa yaa ketika aku konsen, peduli, dan masuk ke dalam situasi dan kondisi lingkungannya, aku bisa bener-bener ngerasain apa yang ada disitu. Mungkin disitulah empath-ku akan jalan.

Nah, PR-nya aku masih belum bisa tuh gimana buat mengatur biar energi-energi dari luar tuh gak terlalu mempengaruhi diri sendiri.

Kayaknya sih harus belajar deh. Eheee...

Dahlah... itu dulu kalau mau bahasin personality-nya Fitri.
Sejujurnya aku tuh bingung, aku ini orangnya gimana.......
Hehehee.....

You May Also Like

0 comments