Minggu, 27 September 2015

# Indonesia # Kuliner

"Empal Gepuk" Masakan Favorit di Idul Adha

Hai... selamat pagi... :)
Selamat hari Minggu :)

Di hari Minggu ini ada yang daging sapi hasil Idul Adha-nya kemarin masih ada? Kalau masih ada dan berencana untuk masak-masak cantik tapi bosen sama menu yang itu-itu aja? *biasanya sih kalau daging sapi itu seringnya dibikin bakso yaa* :p atau justru malah bingung mau masak apa..? Naahh di postingan kali ini aku mau kasih resep makanan yang selalu Ibuku masak tiap Idul Adha. Ini resep favorit banget dan jadi andalannya Ibuku yang disetiap Idul Adha gak pernah absen buat dimasak karena emang gak pernah absen buat direquest sama anaknya... :v

Yuk mulai yaa...
 Pertama-tama siapin dulu bahannya....

Bahan-bahan:
1/2 kg daging sapi
7 siung bawang putih
9 siung bawang merah
7 buah cabe merah (buang isinya)
1,5 sdt terasi
1/2 butir kelapa untuk santan : diambil kani 1 cangkir, encer 2 gelas
2 sdt gula
garam secukupnya
1 sdm mentega
2 sdm minyak goreng
3 lembar daun salam

Cara Memasak:
1. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe merah, dan terasi.


2. Potong-potong daging seperti empal tapi melebar.

3. Panaskan minysak goreng mentega kemudian goreng daging yang sudah dipotong-potong tadi, tiriskan.
PS: gorengnya jangan sampai kering.

4. Setelah digoreng, pukul-pukul daging kemudian suwir-suwir.



Pas bagian ini aku seneng sekaligus bosen juga. Senengnya karena di part ini bisa jadi part buat menyalurkan emosi dengan mukulin si daging. Bosennya karena ya kudu mukulin trus suwirin potongan dagingnya satu-satu :p -_-

5. Campurkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan bersama daging yang sudah dipukul dan disuwir juga 2 gelas santan encer. Kemudian rebus sampai air santan encer menyusut, setelah itu baru masukkan santan kani. Tunggu sampai santan kani menyusut/habis sambil sesekali diaduk. Jangan lupa dibumbui dengan gula dan garam secukupnya sama jangan lupa masukkan daun salam biar makin sedep!

6. Kalau santan udah susut. Matikan api. Dan masakan siap disantap.. :D



Foilaaaa....
Masakan ini paling enak kalau dimakan pake nasi anget dan kerupuk. Nyaamm!! :D *bahagia itu bisa sesederhana ini* :D

Dan seperti yang aku bilang tadi, masakan ini tiap tahun tiap Idul Adha emang gak pernah absen nangkring di dapur rumah karena emang ini jadi menu favorit banget di rumah. Memanfaatkan daging sapi hasil pembagian qurban Idul Adha. Kalau di rumah-rumah lain pada bikin bakso, di rumahku bikin masakan ini.. :D

Di rumah juga gak pernah ada tradisi nyate-menyate atau masak dan makan gulai kambing bersama. Karena pertama, aku pribadi gak suka daging kambing. Kedua, ayah-ibu udah mulai sepuh jadi beliau mulai jaga dan kontrol makanan biar tetep sehat. Dan si mas yang sebenernya aku-ikut-aja-apa-yang-dimasak-ibu jadi gak pernah request yang aneh-aneh. Dengan komposisi keluarga dengan cara makan seperti itu, praktis di rumahku gak pernah masak makanan olahan kambing. Daripada dimasakin tapi nggak ada yang makan kan mubadzir. Jadi, tiap tahun tiap Idul Adha kalau di rumah dapat daging kambing pasti dikumpulin lagi dan kemudian dibagi-bagiin lagi ke tetangga.

Udahan dulu ah... jadi laper nih... sekarang aku mau sarapan dulu.

Selamat mencoba resepnya... :)

Oiya lupaaaa.....
Ini makanan namanya "Empal Gepuk" 



*resep ini Ibuku dapat ketika beliau dengerin salah satu acara di sebuah radio. Jadi nggak murni hasil karya/racikan beliau* :)

11 komentar:

  1. belum pernah nyoba empal... tapi kalau ada cebnya sih pasti menggoda.
    paling banter kalau bahan sapi palingan gue makannya sapi lada hitam :")

    BalasHapus
  2. Wah, enak juga nih, yummy. Kapan2 bagi dong, lewat jne aja kirimnya.. Hihi~

    BalasHapus
  3. Kalo ibuku cuma bikinnya sebatas empal goreng aja, gak sampai yang dibikin kayak gitu. Tapi resepnya oke juga nih, boleh rekomendasinya.

    Daging sapi dirumahku paling ya dibikin semur gitu. Haha :D

    BalasHapus
  4. waaaaaah bisa dicoba nii :G kayanya enak! jadi lapar jugaaaa :G

    btw, makasi share resepnya yaa. klo bisa paketin juga buat aku hehe

    BalasHapus
  5. Gue udah nyerah makan daging .. gara2 maken sate misterius bikinan sendiri.. entah udah mateng apa belum bakarnya, yang jelas pas digigit keras banget. gigi gue pun linu keesokan harinya..

    Ini resepnya emang menggoda ya, bisa jadi alternatif buat yang surplus daging.. tapi kalo gue yang masak, mungkin hasilnya bakalan misterius.. :D

    BalasHapus
  6. Asyiikk masak-masak, gue gak bisa masak bisanya makan -_-
    Gue belum pernah denger makanan ini, ini makanan khas daerah bukan? Kalo ditempat gue sih paling-paling daging di rendang doang wkwk

    BalasHapus
  7. wwah banyak variasinya ya masakan daging
    dan kayaknya enak ya.
    ibuku tahunya rendang,pindang dan malbi gk pernah masak yang lain tuh

    BalasHapus
  8. Jiahahaha. Kayaknya saya telat baca resep ini deh. Soalnya dagingnya udah abis. Kemaren dibikin dendeng kebo. Wkwkwkwk. Nikmat. Bener kata kamu, dimakannya bareng nasi anget sama kerupuk. Kikikikik.

    BalasHapus
  9. Belum pernah nyobain juga. Agak aneh sih lihatnya. Tapi asal nggak pedes sih aku doyan :D
    Kalo aku kemaren selain dibikin sate dibikin steak juga sama kakakku.

    Ntar deh kalo pulang coba tak lihatin resepnya ke ibuku, kali aja dia minta buat masakin. Bisa rasain gimana rasanya.

    BalasHapus
  10. wah resep tiap keluarga pas idul adha bedabeda ya .. kalau dirumah saya wajibnya ada daging sapi kecap atau semur gitu :D tapi boleh dicoba juga empal gepuknya :)

    BalasHapus