Rabu, 13 Mei 2015

[MY RECOMMENDED DRAMA] Beginners! (Japanese Drama)

Long wekend... long weekend... long weekend.... 
Ah apa iyaaa...??
Kayaknya sih iya... tuh liat aja tanggalan... besok tanggal merah, trus hari Sabtu juga tanggal merah.... jadinya kan long weekend *kemudian ditampol warna ijo di hari Jumat*

Well.... buat yang gak kemana-mana di weekend kali ini mungkin bisa kalian habiskan dengan marathon nonton film atau nonton drama aja. Buat yang suka nonton drama-drama Korea bisa sambil nonton drama Korea, yang suka film atau drama series barat bisa nonton film atau dramanya series barat atau buat yang suka drama dari negara-negara lain seperti Jepang, Thailand, atau Taiwan bisa juga kok nonton.

Dan untuk edisi kali ini, karena akhir-akhir ini si empunya blog ini lagi keranjingan banget nonton drama-drama Jepang, jadi untuk long weekend kali ini aku akan rekomendasiin salah satu drama Jepang untuk teman weekend kalian... :)

J-Dorama rekomendasi aku kali ini berjudul "BEGINNERS!"
Ini sebenernya dorama lama siihh... udah release tahun 2012 tapi masih layak buat ditonton kok... :)

Beginners! Official Poster Promo
 
Cerita Beginners! berawal dari seorang Shimura Teppei (diperankan oleh Taisuke Fujigaya) yang memutuskan untuk menjadi polisi atas anjuran Onda Yuichi, sahabat Teppei sedari kecil. Untuk bisa menjadi seorang polisi, Teppei dan Yuichi kemudian masuk ke Kanagawa Prefectural Police School (KPPS) sekolah khusus Polisi setelah mereka lulus SMA. Alasan Teppei menerima usulan Yuichi lebih karena impiannya sebagai pelari marathon harus kandas karena cedera dan Ayah Teppei yang dulunya sebenarnya juga adalah seorang polisi tiba-tiba menghilang meninggalkan Teppei dan adik perempuannya.

Di hari pertamanya masuk sekolah, Teppei justru bangun terlambat dan berakhir dengan terlambatnya dia masuk sekolah. Di sekolah selain bersama dengan Yuichi, Teppei bertemu dengan Momoe Hiro (diperankan oleh Ayame Gouriki), Danji Tachibana (diperankan oleh Hiromitsu Kitayama), Yamane Shogo, Sugiyama Kiyotaka, Ishioka Taichi, Nijima Chiaki, dan Fukuhara Yoko. Mereka bersembilan kemudian masuk dalam "S-Class/Kelas S" dimana ruang kelas mereka bertempat di sebuah ruang di rooftop sekolah.

Seminggu menjalani sekolah di KPPS, siswa-siswa dari kelas S oleh Misaki Ryuzaki yang merupakan asisten guru di Kelas S justru hanya diperintah untuk membersihkan area sekolah dibanding menjalani latihan-latihan seperti siswa-siswa dari kelas lain. Saat Teppei mencoba protes kepada Misaki, Teppei dan teman-temannya justru mendapatkan jawaban yang mencengangkan. Misaki menjawab bahwa Kelas S sebenarnya hanyalah kelas pengganti yang siswa-siswanya sebenarnya tidak memenuhi semua persyaratan standard yang ditetapkan oleh KPPS. Mereka diterima hanya karena sebagai bentuk pemutihan latihan yang diinstruksikan oleh atasan sekolah.

"Because you guys are substitutes...." *jengjeennggg*

Mendengar jawaban tersebut, Teppei justru berulah. Ia tak mau lagi melakukan kegiatan bersih-bersih area sekolah seperti yang diinstruksikan Misaki. Menurutnya percuma saja melakukan semua yang diinstruksikan Misaki, toh pada akhirnya dia (mereka murid Kelas S) hanyalah murid pengganti, yang tidak akan pernah bisa menjadi polisi yang sebenarnya.

Kelakuan Teppei yang dianggap kekanak-kanakan memancing amarah Tachibana. Keduanya kemudian lantas berkelahi hingga membuat kegaduhan di sekolah. Akibatnya, Misaki membawa seluruh siswa Kelas S ke sebuah daerah yang berjarak 35 km dari sekolah. Darisana Misaki akan membuat siswa-siswa Kelas S merasakan beratnya latihan siswa-siswa kelas reguler. Misaki menambahkan, ketika siswa-siwa Kelas S kembali ke sekolah dari jarak sejauh itu, maka itu akan setara dengan latihan-latihan yang sudah dilakukan oleh siswa-siswa reguler saat latihan di sekolah selama seminggu.

Dari penjelasan Misaki, Tachibana lantas mengajukan sebuah kesepakatan. Jika dia dan teman-temannya bisa melakukan apa yang dimaksudkan Misaki yakni berlari kembali ke sekolah dari tempat tersebut dia meminta agar ia dan teman-temannya diizinkan untuk mendapatkan pelatihan yang sama dengan siswa-siswa lain di KPPS. Kesepakatan tersebut diterima Misaki dengan syarat mereka semua bisa kembali ke sekolah sebelum matahari tenggelam. Jika gagal, Misaki akan memastikan bahwa siswa-siswa Kelas S akan keluar dari KPPS sebelum upacara penerimaan siswa dilakukan oleh pihak sekolah.

Pilih lari atau bersih2 sekolah lagi?


Awalnya beberapa dari mereka ragu, tapi terpancing Tachibana yang akhirnya berlari dan motivasi agar tak hanya menjadi 'cleaning service' sekolah mereka semua kemudian berlari.

Di tengah perjalanan, penyakit asma yang diderita Yuichi kambuh. Teppei merasa kasihan pada Yuichi. Jika Yuichi tidak bisa menyelesaikan tantangan lari ini, ia tidak akan bisa mewujudkan cita-citanya menjadi polisi. Dan mungkin juga cita-cita dari delapan orang temannya yang lain.

Akankah Teppei, Hiro, Tachibana, dan kawan-kawan berhasil menyelesaikan tantangan dari Misaki? Bisakah mereka melewati latihan-latihan dan ujian-ujian selama masa training di KPPS hingga akhirnya dinyatakan lulus dan menjadi seorang polisi?

Gambar dari sini

Beginners! adalah drama tentang anak-anak muda yang bersemangat menggapai cita-cita. Cerita tentang bagaimana berkerja sama dalam tim, dan tentang bagaimana indahnya persahabatan.

Kendati berbeda sifat dan latar belakang, Teppei sang ketua kelas yang pembangkang namun penuh tanggung jawab dan perhatian pada semua teman sekelasnya; Hiro si perempuan annoying (ini sih menurut Teppei :p) tapi selalu ceria; Tachibana yang awalnya sok superior tapi diam-diam justru selalu membantu kesulitan teman-temannya; Fukuhara si perempuan kuat mantan anggota tentara yang awalnya berhati keras namun kemudian justru memiliki hati yang lembut dan perhatian; Nijima si perempuan cantik berhati lembut tapi rapuh, dan trio Yamane, Ishioka, dan Sugiyama yang terlihat bullyable diantara semua teman-temannya tapi ternyata memiliki kelebihan yang tak terduga.

Kedelapannya memiliki masa lalu dan masalah masing-masing (yang akan diceritakan dan dipecahkan permasalahannya dalam episode-episode drama ini). Mereka berdelapan yang awalnya saling berbeda prinsip dan sering terlibat pertengkaran-pertengkaran kecil tapi mereka akhirnya saling bekerja sama, saling bahu membahu, dan saling support satu sama lain agar mereka semua dapat lulus dari KPPS dan menjadi polisi yang berguna bagi masyarakat.




Overall, 10 episode Beginners! ini memang cocok banget ditonton untuk teman akhir minggu ini. Apalagi kayaknya momennya juga lagi tepat banget kan abis pengumuman kelulusan SMA dan pengumuman SNMPTN.

Buat yang abis lulus SMA, trus pengen masuk sekolah polisi mungkin drama ini bisa jadi sedikit referensi. Sedikit yaa... kan bisa jadi sistem pengajaran antara sekolah polisi di Indonesia dan di Jepang beda.

Trus buat yang lulus SMA pengen kuliah nyoba SNMPTN tapi gak keterima mungkin semangat anak-anak Kelas S ini buat ngejar cita-cita mereka bisa ditiru. Masih ada jalan menuju jenjang perkuliahan, tes SBMPTN dan tes jalur mandiri mungkin? :)

Buat yang cuma pengen cari hiburan, drama ini juga rekomen untuk ditonton. Pemeran-pemerannya ganteng. *kedip-kedip* sama cantik juga....
Karena eike cewek, eike kecengin Teppei sama Tachibana alias Fujigaya dan Kitayama aja. Tapi si Sugiyama juga lumayan... #eh

Haii... dapat salam dari Teppei dan Tachibana :)

Sekilas saat ngelihat drama ini, aku jadi inget Dream High. Drama Korea yang menurutku punya konsep cerita yang hampir sama meskipun mengusung genre yang beda. Beginners! berjalan dalam kemasan sekolah polisi dan segala hal yang berbau dengan kepolisian, sementara Dream High berjalan dalam kemasan sekolah musik dan segala hal tentang musik.

Tapi baik Beginners! dan Dream High sama-sama mengusung tentang kuat dan yakinnya para siswa dalam mencapai cita-cita mereka meskipun mereka diperlakukan tidak adil oleh pihak petinggi sekolah, yakni dengan ditempatkan pada kelas 'buangan' dan dianggap sebagai siswa-siswa yang tak memenuhi standard sekolah padahal mereka jelas punya kemampuan yang sama ditambah dengan semangat mereka yang begitu menggelora.

Juga bagaimana tentang betapa berharganya sebuah persahabatan. Tentang bagaimana saling memberi dukungan kepada sahabat, sampai titik meraih impian bersama dengan sahabat.

Dream High official poster promo

Oh iya, sampe hampir lupa. Buat yang mau nonton nih (baik nonton Beginners! atau Dream High) bisa melipir ke web-web penyedia drama-drama such as gooddrama.net atau dramacool.com. Setelah masuk situ, search aja dengan keyword judul dramanya pasti langsung ketemu :)

But I more recommended for you to go to dramacool than gooddrama. Kenapa? Karena di gooddrama video per episode-nya dibagi jadi beberapa part biasanya sih jadi 3 part. Kalau di dramacool videonya full satu episode tanpa dipecah jadi beberapa part.

Masalah subtitle? Tenang, di videonya sudah ada subtitlenya kok... tapi bahasa Inggris yaa... :) Jadi kalau mau nonton tenang deh... gak bakal bingung.... :)

So...

For the last word, selamat menonton.. :)

12 komentar:

  1. Saya lebih suka dorama yang dari anime

    kek, yamada and 7 witch, yankee-kun to megane-chan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu sukanya dorama yang based on anime yaa... :)
      kalau saya nonton dorama yang based on anime kayaknya baru nonton Itazura na Kiss doang... hehehe... sama apalagi yaaa.. lupa... :v

      eh, Yamada-kun and 7 Witch itu juga udah sih...
      konyol ceritanya...
      salah satu dorama favorit juga itu... :)

      Hapus
  2. Masuk daftar download hohohoho...
    Klo film jepang yg genre action bagusnya film apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo.... :)
      eummm.... klo action apa yaaa....?? aku juga kurang tahu tuh... *gomen*
      soalnya kalau nonton dorama seringnya nonton yang genrenya agak romance2 gitu *maklum cewek* hehe...

      Hapus
    2. Kalau saya merekomendasikan drama jepang Kamen Teacher, salah satu pemeran utamanya yaitu Fujigaya Taisuke. Ya, seperti drama ini juga kan, pemeran utamanya Fujigaya Taisuke. Kebetulan saya salah satu fansnya Fujigaya Taisuke :)

      Hapus
  3. Sampai sekrang belum nonton Dream High... Aaah.., padahal aku suka Soundtracknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lhaaaa ayo nonton mbaaakkk.... :)
      aku aja udah nonton berkali-kali... hehee... :D

      Soundtrack favoritnya yg mana..??
      yg opening..??
      atau yg judulnya Dreaming..?? yg dinyanyiin Kim Soo Hyun..??

      Hapus
  4. hmm, sepertinya bagus. tapi... apa lebih lucu dari my boss my hero?
    kalau saya sih tetep. masih sekai noo chuusin de ai wo sakebu dorama terfavorit.
    satu-satunya dorama yang bisa menetskan airmata saya :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. eumm... masalah lebih lucu apa enggak... itu masalah selera sih kalau menurutku... :)

      wah itu dorama 'sekai noo chuusin de ai wo sakebu' kayaknya seru, aku blm pernah nonton...
      nanti coba nonton ah... :)

      Hapus
  5. keren nih kayaknya, boleh dicoba nih...

    BalasHapus
  6. Sayang banget gue dari dulu ngak begitu suka sama drama2 macam itu, gue lebih suka film action luar negeri n film dr indonesia,. dan mungkin ngak tau sampeg kapan gue ngak tertarik ama drama seperti itu..

    BalasHapus
  7. Oh, jadi ini tentang siswa yang masuk kelas terbuang gitu ya. Gue kira namanya kelas S, di atap lagi, kirain yang terpilih, eh ternyata yang terpilih untuk dibuang. Kayaknya seru nih, soalnya tentang sekolah juga, aku suka dorama yang genre sekolah, kayak My boss my hero, shiritsyu bakaleya, dragon zakura, sama Great Teacher Onizuka (GTO) Remake.

    BalasHapus