Minggu, 27 Juli 2014

# curhat

Satu Dekade setelah Lulus SD

"Sebelum mengenal dunia, aku sudah mengenal mereka.." -PM BBM Shinta Indreswari, teman SD setelah buber dengan teman-teman SD.

Terenyuh euy pas baca PM BBM Shinta ini. Ternyata arti dari sebuah teman/sahabat bisa sebegitu dalam yaa... :D

Teman di Sekolah Dasar (SD) itu bisa dibilang adalah teman pertama yang mewarnai kehidupan kita. Mereka juga bisa menjadi teman yang paling lama ada dalam list pertemanan kita. Mungkin kalian bisa memasukkan teman-teman di Taman Kanak-Kanak (TK) dan teman sepermainan di kampung sebagai teman pertama kalian, tapi niscayalah bahwa teman SD adalah teman yang 'pertama' dan teman yang bisa kita ingat (dengan hampir secara keseluruhan) sampai kita dewasa. Dan seenggaknya itu sih yang aku rasaian sekarang.. :D

Memang bukan pertemuan yang pertama, tapi pertemuan kemarin bisa jadi pertemuan yang paling berkesan untuk kami semua para alumni SDN Jombang 3 tahun 2004. Tahun ini tepat 10 tahun kami semua lulus dari sebuah sekolah dasar sederhana yang terletak di tengah perumahan Griya Indah Jombang. 10 tahun... bukan merupakan waktu yang singkat untuk tetap menjaga pertemanan dan tali silaturahmi.

Reuni tahun 2013 lalu...


Memanfaatkan momen buka puasa di bulan Ramadhan di tahun ini, kami mencoba mengumpulkan kembali teman-teman semasa SD dulu. Teman yang pernah menjadi saksi kalau kita mungkin pernah ngompol di kelas, ileran, atau segala hal-hal konyol yang tak akan kita lakukan lagi saat sudah dewasa seperti ini. Hahahaa...

Yang datang emang gak banyak, tapi meriah.. Petjaahh...

Bagiku, secara fisik teman-tema SD-ku ini memang berubah. Tapi secara sifat mereka gak ada yang berubah. Tetap rame... rusuh... dan gila.... Pantas saja dulu salah satu guru SD kami merasa kewalahan menghadapi pola tingkah kami di dalam kelas.

Ketemu dengan teman SD itu obrolannya gak akan jauh-jauh dari tanya kabar terbaru sekarang (bisa tentang kerja, kuliah, pacar, gebetan, atau suami/istri), dan mengenang jaman dulu-jaman pas SD. Mulai dari kelakuan-kelakuan konyol, kenakalan ngisengin guru, ngerjain temen, dan yang gak boleh ketinggalan adalah nge cie-ciein mantan cinta monyet. Hahaha...

Hal-hal bodoh dan konyol yang dulu kita lakukan selalu bisa mengundang tawa. Dan itulah hal yang sampai kita tua nanti akan selalu kita ingat dan mungkin akan kita ceritakan kepada anak-cucu kita. *unyuuuu*

Kita mungkin boleh bertambah besar dan bertambah dewasa, tapi kenangan akan kebersamaan baik suka ataupun duka bersama teman-teman masa kecil kita harus kita jaga dan jangan dilupakan. Begitu pun jalinan pertemanan dan silaturahmi diantara kita.

Buatku..
Kalian adalah teman yang pertama.
Karena bersama kalian, aku memulai kehidupanku.
Kalian adalah teman terlama.
Karena diantara semua jenjang pendidikan, aku menghabiskan waktu terlama bersama kalian.
Dan, kalian adalah teman terhebat.
Karena bersama kalian (dulu) aku tak perlu malu untuk melakukan suatu hal yang konyol. Bersama kalian dulu, aku memulai pengalaman-pengalaman hebat untuk pertama kalinya. Dan bersama kalian (kini) aku bisa mengingat semua hal indah yang pernah kita lalui bersama-sama.

Terima kasih teman-teman SD-ku.
Semoga pertemanan kita terus terjaga sampai nanti di akhir hayat kita masing-masing... :)









14 komentar:

  1. ngumpul bareng temen temen sd itu emang asik banget. baik kuruknya kita mereka udah tau gak ada yang perlu di tutup tutupi.gimana enggak, enam tahun bersama loh.
    ada aja cerita seru yang bisa di kenang.
    tapi ya itu, ngumpulinnya susah. toh kalo ngumpul pesti cuma segelintir. gak bisa semuanya.
    udah pada sibuk sama dunianya masing masing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya bener... dari hal2 wajar, konyol, sampe hal2 luar biasa gak masuk akal yg dulu kita lakuin pas jaman SD jadi cerita yg seru buat dibahas...

      iya susah klo mau kumpul. pengennya kumpul semua.. tapi gak mungkin.. jadi ya seadanya aja.. yg penting bisa kumpul dan seru2an laah... :)

      Hapus
  2. Waah.. Keliatannya asik banget tuh ngumpul sama temen2 SD. Hehe. Bener juga ya, mengingat2 pengalaman zaman SD itu lucu juga. Apalagi kalo sama temen2. Waduh, jadi kepikiran buat reunian nih.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik banget malaahh... :D

      ayo bikin reuni sama temen-temennya... :D

      Hapus
  3. asik banget bisa ketemu sama temen2 SD, kalau aku udah nggak tau pada kemana tuh anak2nya sebgian memang mash di daerah aku tinggal. tapi yang lainnya udah out malah ada juga yang punya istri/suami :))

    temen SD menurut aku mah temen yang keren2, soalnya kita mukanya belum pada beres, masih awud2an. tanpa bedak haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa sama siihh... beberapa temen2ku juga udah ada yg nikah...
      tapi coba dihubungin lagi deh temen yg masih se daerah itu... siapa tahu dari temen yg se daerah bisa ketemu temen2 yg lain dan bisa kumpul2 lagi... kan seru ntar bisa nostalgia pas jaman2 masih pake seragam putih-merah.. :)

      haha.. iya.. mereka temen paling keren. temen yg tau kita apa adanya... :D

      Hapus
  4. Wah asik banget bisa ngumpul bareng teman SD, aku nggak pernah lagi tuh :(
    walaupun masa SDku 6 tahun, tapi nggak benar-benar 6 tahun dalam 1 sekolah. Beneran, SD A hanya sampai kelas 3, SD B hanya sampai 1 tahun, SD C baru deh sampai kelas 6 sd (2 tahun). Lagian orang-orangnya udah pada kemana, ada yang ditelan bumi, ada yang nggak tau kemana, dan lain-lain huhuhu

    Semoga nanti aku juga bisa ketemu teman SD kayak kakak, :D

    BalasHapus
  5. seru banget emang kumpul bareng temen SD.. yang dulu2nya unyu dan tembem, sekarang udah berkerut dan berjakun :D
    tiap tahun aku kumpul2 temen SD juga sih. tapi gak tau kenapa, untuk tahun ini kita gak ngadain kumpul2.. mungkin pada sibuk smua cari universitas.. :D

    BalasHapus
  6. seumur-umur belum pernah reuni dengan temen SD ._.
    ada yang satu sekolah sampe SMA, banyaknya belum pernah kontak2an lagi semenjak lulus SD

    BalasHapus
  7. ahh PM nya daleeem banget..foto2 nya juga keren dah
    emang nostalgia sama temen lama itu indah banget yah, bisa mngulang cerita lama lagi :')

    BalasHapus
  8. Emang keren banget sih PMnya shita. Saya aja waktu bacanya gimana gitu..

    10 tahun akhirnya bisa ketemuan lagi sama temen SD, asik banget kayaknya apalagi bisa kumpul2 sambil foto-foto. Mengabadikan momen yang mungkin gak ada terulang lagi.

    Saya aja udah gak terlalu ingat lagi siapa2 aja temen2 SD, asik aja keknya kalo bisa kumpul-kumpul, apalagi kalo ada temen yang waktu SD suka ileran, empuk banget dibully. Hahaha

    BalasHapus
  9. Duuuuuh dalem daleeeeemmm~ gua juga suka kangen sama temen2 SD.. ah kan kange gue jadinya. bener banget ssi bisa jadi temen2 sd emang jadi orang2 pertama yang ada dalam list sahabt2 kita.. dan flashback moment sd emang paling oke banget pokonya... nogmongin kalo dulu masi pada tablo.. masi ada yang boker di celana.. masi ada yang sering nangis aaaaah seru deh !!

    BalasHapus
  10. Eh kok komen gue ilang ya?
    Emang ini pake moderasi? Atau koneksi gue yang error?

    ulang lagi aaahhh,
    Eniwei, temen itu emang penyemangat banget mb, meskipun ada sebagian di antara mereka yg kadang ngeselin, tp mereka juga yang kita hubungin pas ada masalah atau lagi dibutuhin, selain ortu tentunya.
    Kayanya seru banget ya mb, emang senengnya pecaaaahh!!!

    BalasHapus
  11. Dibuka sama PM yang... Jleb. Langsung ngena banget. Emang temen SD itu temen pertama yang mengenalkan kita sama kehidupan. Kalau di TK, kadang kita masih sering juga melibatkan mama. Tapi kalau SD, kayaknya nggak deh...

    Seru banget masih bisa ngumpul sama temen-temen SD. Aku terakhir ngumpul entah 3 atau 4 tahun lalu karena kita beda kota. Aku yang pindah dari kota SDku dulu. Kangen, jelas. Tapi waktu kadang susah berdamai sama kenyataan.

    Bersyukur banget ya Aini kamu masih bisa ngumpul bareng sama sebagian temen-temen SD. Semoga pertemanan kalian terus bertahan :))

    BalasHapus