Minggu, 29 November 2015

# 5-ji Kara 9-ji Made # curhat

[Review] J-Dorama "5-ji Kara 9-ji Made" dan Kembali Aktif Main Tumblr

Sebagai orang yang sampai saat ini masih pengangguran belum punya kesibukan yang terlalu menyita waktu, seperti yang udah aku ceritain di postingan yang ini kegiatan yang paling mungkin dan sering dilakukan adalah nonton drama. Dan drama yang sekarang lagi menyita perhatianku adalah drama Jepang yang berjudul "5-ji Kara 9-ji Made (baca: Go-ji Kara Ku-ji Made)" atau dalam bahasa Inggrisnya "From Five to Nine".


Drama ini bercerita tentang Junko Sakuraba (diperankan oleh Satomi Ishihara) yang punya cita-cita untuk pergi, kerja, dan tinggal di Amerika. Tapi cita-citanya itu belum bisa ia capai dan ia justru harus terperangkap pada rutinitas sebagai guru bahasa Inggris di sebuah tempat kursus bahasa Inggris.

Suatu hari Junko beserta keluarganya menghadiri sebuah upacara kematian di sebuah kuil. Karena terlalu lama duduk, kaki Junko mengalami kram dan kesemutan. Alhasil saat tiba gilirannya untuk memberikan hormat dan salam kepada mendiang, Junko kehilangan keseimbangan tubuhnya. Ia menabrak meja dan menumpahkan abu yang diletakkan di atas meja. Tumpahan abu itu mengenai kepala si biksu yang memimpin upacara kematian.


Beberapa hari kemudian Junko dihadapkan pada kongkalikongan keluarganya. Junko disuruh ke sebuah tempat dengan alasan untuk menciptakan kenangan sebelum Junko pergi ke Amerika yang ternyata itu adalah setting-an kencan buta yang diatur Ibunya. Ya, di usia Junko yang sudah hampir 29 tahun ia memang diharapkan sudah harus menikah. Apalagi Junko diketahui sudah lama tidak menjalin hubungan spesial dengan laki-laki manapun.

Kemudian apa yang terjadi? Ketika Junko sampai di tempat yang ditentukan untuk kencan buta, ia menemukan Takane Hoshikawa (diperankan oleh Tomohisa Yamashita) si biksu *muda dan tampan -uhuk-* yang terkena tumpahan abu saat upacara kematian yang ia hadiri beberapa waktu yang lalu.

Junko berpikir bahwa ia sudah salah tempat dan berniat untuk pergi, tapi Takane dari dalam ruangan dengan suara berwibawanya berkata bahwa Junko tidak salah tempat dan memang dialah orang yang harus ditemui Junko.

Belum sempat Junko menyelesaikan shocknya karena laki-laki yang di-setting ibunya sebagai pasangan kencan butanya adalah seorang biksu, Junko harus menghadapi pernyataan konyol Takane bahwa ia terpilih sebagai calon istri Takane dan mereka akan segera menikah.


Tanpa berpikir, Junko menolak mentah-mentah permintaan Takane. Selain mereka belum saling kenal, dunia mereka berbeda. Junko dengan dunia 'modern'-nya dan cita-cita pergi ke Amerika-nya, sementara Takane dengan dunia 'tradisional'nya dengan kenyataan bahwa ia akan segera menjadi seorang pemimpin/ketua kuil.

Dari sinilah hari-hari Junko yang semula damai jadi berubah kacau. Tiap hari ia dikejar-kejar sama Takane si biksu ganteng yang tiap hari juga berusaha untuk minta Junko jadi istrinya. Segala macam cara dipakai sama Takane biar dia bisa deket terus sama Junko. Mulai dari ikut daftar les di tempat Junko ngajar (padahal ceritanya sebenernya dia udah jago ngomong pake Bahasa Inggris karena dia lulusan Universitas Tokyo dari Jurusan Studi Budha Departemen Filsafat India, Fakultas Sastra), pergi ngejemput Junko ke suatu tempat yang sangat jauh ketika Junko harus meminta maaf ke murid-murid yang gak puas sama cara ngajar Junko cuma demi jemput dan ngucapin selamat ulang tahun buat Junko, sampe 'menculik' Junko ke kuil rumah dia tinggal.


~~~~~~~~~~~~

Asli nonton drama ini gak pernah absen ngakak tiap episodenya. Kelakuan Junko yang mati-matian nolak Takane (atau manggilnya harus disesuaikan jadi Hoshikawa-san biar sama kayak Junko), kelakuan Takane yang niat banget yang bisa bikin kagum sampe kadang justru bikin ngakak untuk bikin Junko jatuh cinta sama dia, dan kelakuan-kelakuan pemain-pemain lainnya yang gak kalah absurd bikin drama ini gak menye-menye. Ya emang sih drama ini emang genre-nya comedy-romance jadi ya bumbu-bumbu komedinya harus kerasa juga di tengah cerita romance-nya.

Awal niat aku nonton drama ini sih sebenernya karena penasaran sama actingnya si Yuki Furukawa setelah berhasil besar dengan perannya Irie Naoki di Itazura na Kiss Love in Tokyo. Oh iya, aku belum cerita yaa kalau di drama ini ada si Yuki Furukawa.

Oke, jadi si Yuki Furukawa di drama 5-ji Kara 9-ji Made ini berperan sebagai Satoshi Mishima. Dia bekerja sebagai marketing di sebuah perusahaan. Dia dan Junko diceritain udah temenan dari jaman mereka SMA, dan diam-diam Mishima ini sebenernya juga suka sama Junko tapi gak pernah berani buat ngomong. Beraninya cuma ngikutin Junko, termasuk sampai jadi muridnya Junko di ELA (tempat Junko ngajar les Bahasa Inggris)

Penampilan Yuki di 5-9. Ini di eps.6

Niat yang semula cuma penasaran sama actingnya si Furuyuki pasca Itakiss eh ternyata malah keterusan nonton. Kepincut sama ceritanya dan kemudian berakhir dengan (mulai) kepincut juga sama si pemeran utamanya (baca: Yamapi a.k.a Tomohisa Yamashita). Heheeee.....

So far, minggu ini drama ini udah masuk episode ke-7 dari 10 episode yang dijadwalkan. Jadi kurang 3 episode lagi dramanya bakalan tamat. Cinta segi -ah entahlah- antara Takane-Junko-Mishima-dan Kiyomiya mulai terurai. Hubungan Junko dan Takane juga udah mulai berkembang. Konflik antara Takane dan Neneknya yang gak setuju sama pilihan Takane buat jadiin Junko istrinya juga makin rumit karena Nenek mulai melibatkan Amane, adik kandung Takane yang kelihatannya punya sedikit dendam dan rasa iri sama Takane. Di ending episode 7, Amane dengan cara curang membohongi Takane dan mengambil apa yang seharusnya jadi hak Takane yaitu jadi ketua kuil Ikkyouji (kuil yang seharusnya diwariskan pada Takane).

Penasaran? Tonton aja deh dramanya.
Recommended banget kok. Apalagi buat yang suka genre comedy-romance. :D


Jadi Main Tumblr Lagi!

Dan gara-gara drama 5-ji Kara 9-ji Made ini aku jadi mainan tumblr lagi setelah 3 tahun gak pernah dimainin.

Apa sih tumblr itu? Itu loh sejenis media yang bisa buat blogging juga tapi punya fitur-fitur yang terpisah. Jadi kita bisa posting dengan format tulisan biasa (kayak ngeblog gini), cuma posting foto, posting quote, link, chat, audio, dan video.


Tampilan dashboard tumblr. Bisa diakses setelah login.

Tumblr ini aku mainin lagi karena emang alasan buat fangirling. Fangirling segala macem hal deh pokoknya. Mulai dari drama, idol grup, sampe artis lah. Selain buat fangirling, itu tumblr juga kayaknya bakal jadi korban buat nyampah-nyampah galau ntar. Kalau sewaktu-waktu nemu quote kece yang bisa diposting masuknya di tumblr. Kalau disini mah emang juga buat nyampah sih, tapi aku usahain nyampahnya bermanfaat. Heheee....

Eh, ngomong-ngomong kenapa milih tumblr jadi tempat fangirling? Alasannya sepele. Karena aku gak punya temen buat fangirling bareng. Di dunia nyata bahkan dunia maya juga sih sebenernya, gak banyak temen yang punya selera yang sama sama aku. Jadilah larinya ke tumblr. Meski cuma posting dan ujung-ujungnya dibaca sendiri, tetep lega aja. Dan kenapa ke tumblr kenapa gak FB, gak twitter, gak IG, atau gak Path? Bagiku sosmed-sosmed itu aku jadiin bersosialisasi dengan benar. Berinteraksi dengan teman-teman atau bahkan orang-orang profesional. Jadi jangan dirusuhi dengan urusan 'sampah' macem fangirling dan 'galau'. Biar tumblr aja yang jadi korban. Kalau boleh ibaratin, tumblr itu diary deh. Segala yang dirasain ada disitu (meski kadang masih share juga sama twitter). Hehee...

Nah, buat yang punya tumblr dan berminat bergabung buat 'nyampah' bareng atau fangirling bareng bisa loh intip dan sekalian follow tumblrku. Ntar di followback deehh... Hihii... Alamatnya sama kok kayak blog ini cuma ganti aja domainnya dari blogspot.com jadi tumblr.com. http://fitrotulaini.tumblr.com/

Tapi beneran jangan kaget ya sama isi tumblrku. Karena akhir-akhir ini isinya kebanyakan postingan tentang fangirlingan drama 5-ji Kara 9-ji Made. Heheee... Dan ntar pasti bakal berubah seiring berjalannya waktu. *tsaaaaaahhh*
 
~~~~~~~~~~~~~~~~

Pssttt.... psstt... sebenernya selain dorama 5-ji Kara 9-ji Made aku juga lagi ngikutin drama Seishun Tantei Haruya. Selain itu juga ada K-Drama "Imaginary Cat" yang baru aja masuk ke list drama yang akan diikuti.

Ntar deh, kalau mood aku bikin reviewnya. :D

Sekarang udahan dulu yaaa....

Mau nonton Takane mandi di bawah air terjun dulu. Eeeeeehhhhhh bukaann... mau nonton episode 7 5-ji Kara 9-ji Made (lagi) maksudnya.... :v


*uhuk*

BYEEEEE.....!!!!
*sambil lari kabuuuuurrrrrr.....*

7 komentar:

  1. keknya seruu juga ceritanya.
    si takane mukanya kek datar banget gituu, wkwk

    aah, kangen tumblr.
    foto-fotonya lucuuu bangeet dan seru quotenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru ceritanyaaa...
      Coba nonton deeh... :)

      Hahahaaa... iyaa.. awal2 mukanya emang datar banget. tapi makin ke belakang, udah nggak kok. udah ada senyumnya... :v

      itu salah satu kelebihan tumblr yg lain.
      foto2 lucu dan qoute2 yang seru...

      Hapus
  2. Dari jaman megantropus, gue paling ngga suka sama yang namanya drama korea. Terakhir gue nonton drama kek gini, gue jadi nangis baper seminggu~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduuhhh... ini bukan drama Korea. Ini drama tetangganya Korea, drama Jepang....
      Dan drama ini gak bikin baper seminggu kok. Bikin ngakak yang iya... heheee...

      Hapus
  3. Hai Fitotul, pas mampir ke sini, eh disuguhin sama review film jepang. Waduh-waduh, ngeliat reviewnya kenapa gue seperti dapet bisikan "Tonton..... tonton....."

    Aku semper mikir di awal, sebenarnya dirimu mau bahas apa? Karena singkronisasinya ada kata 'dan' sebagai pemisah. Sempet nanya sendiri? "Sebenarnya mau bahas apa sih?" Owalah, setelah baca sampe kelar. Rupanya sedang nyaman nganggur dan sekarang mau On lagi di Tumblr. Ya, gak apalah. Daripada menung ajakan, mending ngeblog di sana. Ya, setidaknya biar ada kegiatan gitu..

    Gue dulu hampir kepincut sama Tumblr, tapi apalah daya gue yang lemah ini. Ada beberapa alasan yang membuat gue bilang "Enggak, deh." Ya begitulah selera.

    BalasHapus
  4. Kak, saya gak ngerti :D *Jujur banget*

    Tapi keknya drama negara yang saling bertetangga ini mirip-mirip ya. Episodenya panjaang dan setiap ending dari setiap episode pasti menyuguhkan tontonannya yang 'nanggung', jadi ada kecendrungan untuk nonton lagi.

    Pernah sih ikutan pacar nonton drama korea, tapi ujung-ujungnya males karena kebanyakan episode.

    BalasHapus