Rabu, 20 Juli 2011

Kumpulan Kepingan Memori Sewaktu SMA

"bergegaslah, kawan... tuk sambut masa depan
tetap berpegang tangan, saling berpelukan
berikan senyuman tuk sebuah perpisahan!
kenanglah sahabat... kita untuk slamanya!
  
satu alasan kenapa kau kurekam dalam memori
satu cerita teringat didalam hati
karena kau berharga dalam hidupku, teman
untuk satu pijakan menuju masa depan."

Sedikit cupilikan lirik lagu dari Bondan 'feat' Fade2Black yang berjudul Kita Selamanya ini lah yang menginspirasiku buat nulis entri ini... Setelah sudah hampir satu tahun lulus dari SMA jadi kangen sama masa-masa yang kata orang masa-masa terindah itu. Heheheee....
Yuk marilah simak ceritaku tentang teman-teman masa SMA-ku... :D

Oke sebelum masuk ke teman-teman sekelas, mau cerita tentang sekolahku dulu. Dulu aku sekolah di SMAN 3 Jombang. Sekolah yang katanya sekolah paling luas se-Jombang bahkan terluas se-Jawa Timur. Gimana nggak dibilang sekolah terluas se-Jawa Timur lha wong luas sekolahnya aja kurang lebih 6 hektar mabro. 6 HEKTAR..!! Terbentang dari ujung timur ke ujung barat. Di ujung timur (waktu jamanku), ada kelas XI, kantin, Lab Biologi, rumah dinasnya Bu Endang, Pak Pur, sama Bu Sur, terus kantor TU. Di sebelah tengah ada ruang guru, sebagian kelas X, kelas Akselerasi, kantor BP, Masjid, UKS, sanggar Pramuka, Lab. Komputer, Lab. Fisika dan Kimia, dan Aula. Sementara di sebelah barat ada kelas X dan kelas XII, kantin, sanggar teater, Lab. Bahasa, kebun Biologi, Lapangan sepak bola dan lapangan basket. Bayangin tuh luasnya....!! Bayangin kalo kalian muterin sekolahku dari ujung ke ujung dengan jalan kaki..!!


Tampak depan SMAN 3 Jombang

Barak/Asrama


Kantin barat

Lapangan tengah

Masjid, selain buat ibadah juga tempat buat nongkrong dan WiFi-an gratis. hehehee...

Cukup dulu foto-fotonya area SMAN 3 Jombang. Mari masuk ke cerita temen-temen sekelasku

Dimulai dari kelas X.
Oke pas kelas X aku masuk di kelas X-1 yang disingkat jadi Sepatu. Kelas X-1 ini dulu di jamanku dipersiapkan untuk jadi kelas tandingannya kelas Akselerasi. Jadi satu kelas cuma berisi 30 anak biar suasana KBM bisa maksimal. Dan anak-anak yang masuk di kelas ini 'katanya' anak-anak pilihan.
Saat pertama kali masuk jujur takut... Udah gitu ditambah sama komposisi kelas yang nggak imbang banget. Dari total 30 anak, 22 cowok dan 8 cewek... Bisa bayangin ngerinya..?? Tapi akhirnya sumpah nih kelas jadi so cool dan so sweet banget. Kompak abis mabro....
Ada satu cerita yang paling tak terlupakan dari kelas ini.. Kita satu kelas pernah 'mutusin' pasangan di kelas yang lagi hot-hotnya pacaran. Yang sensasional putusnya pasangan ini di depannya guru BK dan Wali Kelas kita. Kita sekelas nggak suka sama tingkah pacarannya mereka yang berlebihan... akhirnya satu kelas kompakan 'curhat' ke wali kelas dan jalan akhirnya mereka harus putus... hahahahaaa....
Ada cerita lain juga yang tak terlupakan lagi... Anak-anak sekelas punya 'guyonan' yang ekstrim kalo pas lagi jam kosong... Kita suka lempar-lemparan sepatu.... Weeeww.... *jadi kangeeennn...yuk lempar-lemparan sepatu lagi*

Nongkrong bareng di belakang kelas pas jam kosong

Lanjut ke kelas XI
Kelas XI ini aku harus pisah sama temen-temen kelas X. Karena di kelas XI udah mulai penjurusan, mau masuk jurusan IPA, IPS, atau Bahasa. Naaahhh di kelas XI ini aku masuk di kelas XI-IPA 1 yang disingkat jadi SPASI (Suwelas IPA Siji -Sebelas IPA Satu)
Berbanding terbalik sama kelasku waktu kelas X, pas kelas XI ini komposisi kelas berbanding jadi banyak ceweknya. Dari total 39 anak, 31 cewek sisanya 8 anak cowok. Langka banget yaa cowoknya...
Meskipun di kelasku cowoknya langka... tapi kelas ini bener-bener kompak. Anak-anak cowok nggak ragu buat gabung ngobrol bareng sama anak-anak cewek kayak nggak ada gap. Seru deh pokoknya... *miss you guys*

Spasi absen 1-20

Spasi absen 21-39

Cerita yang nggak terlupakan dari kelas XI adalah jauhnya kelas kami dari pusat peradaban. Eeehh koq bisa..?? Haduuh tadi baca deskripsi di awal nggak..?? Kan aku udah bilang klo sekolahku itu luasnya 6 hektar..!!
Jadi kelas XI itu ada di sebelah timur, sementara kalo ada pengumuman itu kan ada panggilan ketua kelas dimana ketua kelas atau perwakilanya harus kumpul di depan ruang guru yang ada di bagian tengah. Karena saking jauhnya kelas sama ruang guru alhasil kita kalo lagi panggilan ketua kelas itu 'ngembat' sepeda yang diparkir di parkiran depan kelas XI.
Lokasi kelas XI ini tuh ya lumayan ekskulif sih.. udah jauh dari ruang guru, terus 1 kompleks anak kelas XI semua.. enaakkkk.... :D
Balik ke cerita XI IPA 1. Hampir sama kayak pas kelas X. kelas XI ini aku juga masuk ke kelas yang konon katanya kelas unggulan. Gimana nggak dibilang kelas unggulan? anak-anak yang masuk di kelasku itu anak-anak yang masuk 10 sepuluh besar di kelasnya waktu kelas X. Di kelas XI ini wali kelas kita namanya Bu Lina. Guru Kimia yang terkenal 'unik' tapi paling kece dan gaul se-SMA 3. Hehehee... Bu Lina ini guru yang tergolong update gosip di sekolah, terutama gosip pacarannya anak-anak. Bu Lina juga terkenal dengan cubitan mautnya. *ampun Bu Lina, sungkem* Tapi meskipun gitu, kelas Spasi kece dan gaul lahh... :D

with Bu Lina :)

Di Spasi ini Ketua Kelas kita nama lengkapnya Ahmad Zainuri, tapi lebih akrab disapa Shomad. Anaknya lucu abis. Gak jaim dan baik hati, Kira-kira kalo mau bayangin Shomad itu kayak gimana, coba aja bayangin Olga Syahputra. Hweheheheheee.... Sebenernya Shomad ini juga Ketua Kelas di kelas X-1, jadi aku seneng banget pas bisa sekelas lagi sama Shomad. Heheheheee....
Shomad ini total banget kalo mau lagi ngerjain sesuatu. Pernah kita sekelas dapet tugas drama gitu deeh. Nah Shomad dan kelompoknya dapat cerita Cinderella. Karena kebetulan di kelompoknya kurang peran cewek, alhasil dia 'dianiaya' disuruh jadi Ibu Tirinya Cinderella.. Wkwkwkwkkk....

Shomad 'The Step Mother'

Ada Shomad, ada juga Yusfin alias Upin yang pinter. Apa pun yang terjadi Upin selalu rangking 1 deeh. Selain Upin, ada Irfan yang dipanggil 'Frenky' karena suaranya yang cemfrenk (cempreng) abis, ada juga Dyda si Moboob dan Sigit si Mbah.. Ada juga Zunairoh si Mak Nyet, Rika 'Mama', Zainul 'Minul' dll deeh. Yang jelas SPASI adalah salah satu kelas yang so sweet...

Dyda 'Moboob' kena hukuman cubitan mautnya Bu Lina

Ini waktu PTS (Pelajaran Tambahan Sore) *serius*

*makin serius ngerjain*

Capek serius mulu... Narsis dulu yuuk...!!
Pas pulang PTS

Suasana kalo lagi jam kosong (dalam kelas)

Suasana kalo lagi jam kosong (luar kelas)

Di akhir kelas XI

Di akhir kelas XI (2)

Pershabatan kita kan abadi kawan... :D

Selanjutnya di tingkat akhir, di kelas XII.
Naik ke kelas XII aku harus kembali berpisah dengan teman-teman SPASI karena keputusan pihak sekolah yang mengacak lagi susunan kelas. Alhasil di kelas XII aku tersesat di kelas XII-IPA 2 yang kemudian lebih tenar dengan nama TWESTAN (Twelve Science Etana - Dua belas IPA dua).
Di TWESTAN alhamdulillah aku terbebas dari kelas yang 'katanyakelas unggulan' semua kelas XII sama. Pas naik kelas XII kita harus hijrah, yang semula kelas XI ada di ujung timur harus hijrah ke ujung barat karena memang lokasi kelas XII ada di sebelah barat hadap-hadapan sama kelas X.
Komposisi di kelas XII-IPA 2 ini akhirnya lumayan rata. Lak-laki dan perempuannya imbang...
Tapi yang bikin kelas ini berkesan anak-anaknya selain memang rajin-rajin, loyal, dan juga pinter. Tapi juga terkenal sama kenakalannya. Kita sekelas pernah kena kasus sama guru Bhs. Inggris. Itu terjadi karena keisengan kita yang suka ngumpetin sepatu temen. Suatu hari ada temen yang sepatunya iseng diumpetin di kolong meja guru dan pas pelajaran lupa belum diambil. Di tengah-tengah mau akhir pelajaran guru Bhs. Inggris ini butuh kertas buat coret-coretan, naah nyarilah di kolong meja guru.. eeh bukannya nemu kertas malah nemu sepatu. Spontan aja tuh guru langsung marah-marah dan nuduh kita ngeledekin beliaunya.
Kelas XII ini kita bukannya malah makin rajin belajar, malah rajin bolos berjamaah. Kalo lagi BBI (Bimbingan Belajar Intensif) sering banget ngabur, kalo nggak ngabur yaa tidur di belakang kelas. Pokoknya makin kacau deeh... Tapi meskipun gitu TWESTAN juga bagian sejarah yang manis... :D

Lambang Twestan by Eky 'chii' Larasati

Jam kosong, nobar film sambil narsis dulu....

Warga TWESTAN

Sebelum UN Kimia

Abis ujian praktek olahraga with Almh. Bu Suci

TWESTAN full memory :D

Cerita tentang teman-teman sekelas udah niih...
Tapi kepingan memori waktu SMA masih ada yang belum...
Masih ada kepingan memori tentang PASMAGA (Paskibra SMAN 3 Jombang)

Lambang PASMAGA JOE

Yeepp udah ketauan dari namanya... dulu pas SMA aku ikut ekskul Paskibra. Awal mula ikut Paskib siih karen pengen ngejar cita-cita jadi Pakibraka Nasional. Tapi ngeliat postur tubuh yang enggak memadai jadinya niat untuk ikut Paskibra Nasional batal. Tapi Paskibra sekolah tetep jalan...
Dan menurutku pribadi, temen-temen di ekskul Paskibra ini lebih seru dan lebih so sweet kalo dibandingin sama temen-temen dari ekskul-ekskul lain. Kita terkenal paling kompak (saingan sama anak Pramuka sebenernya), paling gokil, paling seru, dan paling humoris.
Hampir 70% kehidupan SMA-ku habis bareng-bareng sama Paskibra selain belajar tentunya. Apalagi pas udah kelas XI makin cinta aja sama Paskib. Setiap pulang sekolah selalu ke 'ekskul' mulai dari latihan sampe hanya sekedar nongkrong. Suka duka juga kita alami bareng-bareng juga... Mulai dari konflik-konflik internal hingga ngadepin junior (adik tingkat) yang yaa rada nakal-nakal.
Yang bikin ekskul Paskib itu solid selain memang rasa kekeluargaan dan persaudaraan yang tinggi, selama kita aktif jadi anggota Paskibra kita nggak boleh pacaran antar anggota. Itu hukumnya HARAM...
Bahkan sampai sekarang, teman-teman Paskibra (di angkatanku) lebih mudah diajak kumpul daripada teman-teman kelas... *PASMAGA kangen guys*

Pasmaga 2007/2008 #1

Pasmaga 2007/2008 #2


Kegitan utama di ekskul Paskib udah pasti latihan baris-berbaris yang disipilin dan juga panas-panasan. Tapi dengan begitu kita bisa saling merasakan dan kompak.. Kan panas satu panas semua.

Latihan Upacara HUT ke-63 RI

Senior-senior nyontohin ngibarin bendera yg bener :p

Upacara hari Pahlawan

Pengibaran Bendera di Upacara HUT ke-63 RI

Pasukan 8 *keren yah!!*

Lagi ngedengerin 'sambutan' dari Pembina Paskib pas abis upacara

Lomba PPI Cup 2008

Eits... tapi jangan dipikir anak Paskib itu bisanya cuma bari berbaris yang serius, disiplin, dan taat aturan. Ada saat-saat dimana anak Paskib juga bisa menggila, narsis dan usil.. :D

Narsis berjamaah di depan TU :p

Ilham and Richard

Narsis abis upacara #1

Narsis abis upacara #2


Abis ngelatih, narsis bareng-bareng


Abis menang Juara II lomba Gelegar 2008

Abis Gelegar 2009. Juara I kalo pas ini :D

Yaahhh itulah sedikit cerita tentang teman-temanku SMA. Kalo mau diceritain lengkap ya bakalan panjang banget nih entri.. Jadinya ya sekian aja. Mungkin di lain kesempatan kalo aku lagi mood dan pengen buat cerita tentang masa-masa SMA lagi, aku akan cerita... :D
Da terakhir untuk sahabat-sahabat SMA-ku, hanya satu kata kawan....
.....KANGEN.....

1 komentar:

  1. Great story, jadi baper kan sekolah tinggal 18 hari lagi :')

    The-History-of-Rarachan.blogspot.com

    BalasHapus