[REVIEW] DAY6 - Zombie : Liriknya Relateable!

by - Jumat, Mei 15, 2020

Haaaiii......
Selamat ketemu kembali dengan Fitri yang sudah sangat jarang ngepost blog.
Sekalinya ngepost blog eh review.... dan aslinya udah lewat jadwal.
Tapi ya udahlah yaaaa...... kita lanjutin sajaaaa...

Jadi Senin, 11 Mei 2020 band favorit aku yaitu DAY6 akhirnya melakukan comeback. Uyyeeee.......

DAY6 ini band asal Korea Selatan. IYA BAND... B-A-N-D yang kalau perform mainin alat musik. Gak seperti boygrup yang kalau perform sambil dance.

(Info lebih lanjut tentang DAY6: Let Me Introduce : DAY6!

DAY6 kali ini comeback dengan mini album bertajuk "The Book of Us : The Demon". Di mini album ini mereka masukin delapan lagu dengan title track-nya yang berjudul "Zombie". Sebelumnya DAY6 udah sempet comeback dengan reguler album bertajuk "The Book of Us : Entropy" dengan title track-nya "Sweet Chaos".

Cover Digital Album DAY6 The Book of Us : The Demon



Kembali ke lagu barunya DAY6 yang berjudul Zombie, cerita di lagu ini tuh semacam related banget sama kehidupan banyak orang sekarang. Orang-orang terjebak pada rutinitas sehari-hari yang membosankan. Tiap pagi harus bangun, pergi kerja/sekolah, ngelakuin kerjaan yang memang itu udah tugasnya, sampe sore atau malem trus tidur lagi. Gitu aja terus berulang-ulang tiap hari.

Apalagi sekarang lagi masa pandemi Covid-19, pengulangan ritme hidup dah jadi kayak begitu-begitu aja. Di rumah, bangun pagi, sekolah/kuliah/kuliah tapi via daring dari rumah. Mau main kemana-mana tapi gak boleh karena lagi PSBB alias Pembatasan Sosial Berskala Besar sehingga akhirnya di rumah buat hiburan cuma main sosmed, nge-game, nonton YouTube, kalau udah malem tidur lagi deh. Makin-makin gak ada dinamika lagi kehidupan.

Ditambah sekarang juga lagi bulan Ramadan. Siang hari udah gak bisa lagi ngisi waktu luang sambil nyemil, karena kan lagi puasa. Belom lagi kegiatan macem ngabuburit juga dibatasi. Bahkan salat taraweh berjamaah pun di beberapa daerah bahkan dilarang. Haduh, gak kebayang gimana bosennya... :'((

Dan DAY6 bisa menangkap kebosanan ini dengan baik.
Sehingga dari beberapa reaction lagu ini yang aku liat di YT dan komen-komen yang masuk di MV-nya rata-rata pada sepakat, setuju, mengamini, dan merasakan hal yang sama kalau mereka setiap harinya juga mengalami apa yang disampaikan DAY6 lewat lagu mereka ini.

I became a zombie.
I walk on, drifting aimlessly 
Tomorrow will be no different
I live counting the time 'til close my eyes



Lagu Zombie ini liriknya ditulis sama Young K (bassist, vokalis) dan Wonpil (keyboard, synthesizer, vokalis). Sementara musiknya dibikin sama Jae (gitaris, vokalis) dan Hong Ji Sang. Di salah satu wawancaranya, Young K cerita kalau dia bikin lagu Zombie ini terinspirasi dari orang-orang yang lagi jalan pulang dari kantor waktu dia juga baru kelar pulang latihan. Dari dalam mobil, dia ngamatin orang-orang itu dan akhirnya terciptalah lagu Zombie ini. Emang bener-bener kok, lyricist kesayangan MyDay ini jeli banget liat situasi dan kondisi.

Dan sepertinya DAY6 sendiri (menurutku) dalam beberapa waktu dan kesempatan juga mengalami hal yang serupa. Rutinitas yang berulang dan mungkin meski menyenangkan tapi (mungkin mulai) membosankan.

Latihan - bikin/nyiptain lagu - rekaman - rilis album - promosi - konser, dan berulang lagi kembali ke awal.

Jadi ya cukup wajar ketika akhirnya lagu mereka ini bisa related sama banyak orang..


Udah cukup ngomongin dari segi cerita, kita coba geser ke segi musiknya. Meski sejujurnya aku bener-bener gak ngerti gimana musik tapi lagu DAY6 kali ini gak se-hype, se-jedag-jedug dua lagu mereka sebelumnya. Apalagi kalau dibandingin sama lagu mereka di comeback sebelumnya yakni Sweet Chaos kayak gak ada apa-apanya. Dengan ketukan permenit (bps) yang nyampe di angka 200, lagu Sweet Chaos jadi lagu DAY6 dengan tempo yang paling cepet dan paling bikin Dowoon sang drummer capek. Wkwkwkk....

Sementara di lagu Zombie ini, mereka lebih santai dan kalem. Gak bikin jedag-jedug yang rusuh. Meski di tengah lagu ada bagian riff gitar yang intens dan bikin kepala agak ngangguk-ngangguk.

Vokal Young K, Jae, Sungjin, dan Wonpil pun gak se-ngegas di Sweet Chaos atau di Time of Our Life. Disini mereka lebih mellow, sendu, dan sentimentil. Yaaa menyesuaikan tema dan isi lagu juga lah kalau begitu....
(Meski kalau urusan lagu sendu dan sentimentil, aku masih sangat cinta sama Letting Go, I Smile, dan mungkin I Need Somebody)


Sementara urusan wardrobe alias kostum.....
Comeback kali ini menurutku super duper NIAT!

Anak-anak DAY6 ganteng-ganteng parah. Sampe pengen nangis liat teaser image atau bahkan pictorial imagenya.

Di teaser image yang ternyata dipake di MV-nya, Sungjin CS didandanin pake kostum ala-ala kerajaan era lama gitu yang bikin mereka keliatan ganteng parah! Urusan kostum kali ini aku udah gak pake protes-protesan lagi. Gak kayak waktu di MV Time of Our Life yang meski aku suka juga, ada beberapa kostum yang agak gak sreg kalau menurut seleraku. Kalau kali ini udah gak ada sama sekali. Wkwkwkkk.....

Kayaknya stylist-nim anak-anak DAY6 lagi punya banyak inspirasi dan lagi dalam mode tidak ingin banyak aneh-aneh.

Bahkan untuk hair do pun, anak-anak DAY6 gak banyak bikin perubahan. Cuma Jae yang lagi-lagi balikin rambutnya jadi full blonde setelah di comeback sebelumnya rambutnya item dengan sedikit highlite cokelat/blond gitu. Trus Young K yang sebelumnya rambutnya pake warna maroon, sekarang dibalikin jadi item. Sungjin yang kapan itu sempet botak, rambutnya sekarang udah numbuh dan bikin kegantengannya naik beribu-beribu kali lipat, sanggup bikin cewek-cewek melting. *uhuq*
Sementara Wonpil dan Dowoon mereka juga gak aneh-anehin dengan warna yang tetep item. Bedanya rambut Dowoon agak dipanjangin dikit sedangkan Wonpil biasa aja dengan style rambut standarnya gak jadi dianeh-anehin kayak pas zaman Days Gone by yang rambutnya di-blonde.






Tapi di balik kesenangan, terselip kesedihan.

Di comeback DAY6 kali ini aku seneng karena akhirnya DAY6 ngeluarin lagu dan mini album baru lagi. Tapi aku juga sedih, karena di comeback kali ini mereka gak ngadain promo. Karena beberapa member mereka didiagnosa mengalami gangguan kecemasan dan butuh waktu untuk istirahat dan pemulihan.

Waktu pertama kali denger berita ini aku super duper kaget. Karena di berbagai kesempatan, mereka semua lebih-lebih Young K selalu berpesan kalau fans a.k.a MyDay harus selalu sehat dan bahagia. Biar bisa menjalani hari-hari dengan menyenangkan dan bisa ketemu sama DAY6 lagi dengan segera.

Eh gak taunya kok tiba-tiba dan mendadak mereka yang harus sakit. \nangis guling2\

Belom lagi, beberapa hari sebelum M/V dan album rilis, TL twitter sempet chaos. Fans melakukan protes keras karena JYPE dan Studio J selaku agensi dan manajemen yang menaungi DAY6 gak kunjung merilis jadwal kegiatan anak-anak DAY6. Padahal mereka lagi mau comeback dan harusnya udah mulai rilis jadwal promosi-promosinya. Tapi sampe H-4an dari waktu rilis, belom ada tuh jadwal yang muncul. Kalender di website official juga kosong. Hal ini bikin fans suudzon. Mereka berpendapat kalau JYPE esp Studio J gak niat dan gak maksimal buat comeback DAY6 kali ini. Jujur aku sedih banget  dan sedikit marah pas liat kejadian ini. Karena gak tau kenapa aku ngerasa ada sesuatu. Dan tindakan agensi/manajemen kali ini tuh bener..... :'((

Dan bener aja, begitu berita konfirmasi keluar aku langsung nangis. Padahal pas itu aku posisinya lagi di luar rumah. Katakanlah aku lebay. Tapi gakpapa dibilang lebay juga. Namanya aku ngefans dan cinta sama mereka. Jadi ketika ada hal-hal buruk yang nimpa mereka aku ikutan sedih juga. Huhuu...

Tapi itu semua sedikit terobati ketika lagu, MV, dan albumnya rilis lagunya enak-enak. Lagu Zombie langsung nangkring di hampir puncak chart lagu Korea. Bahkan sama K-Netz, DAY6 dianggap pakai Sajaegi atau manipulasi chart karena bisa-bisanya lagu mereka nangkring di top chart dan itu gak cuma title track tapi hampir semua lagu di album TBoU : The Demon.

Lagu Zombie di puncak chart streaming Genie. Senin (11/5) pukul 23.03 WIB

Bahkan sampe saat ini, saat tulisan ini aku buat, lagu Zombie ini masih nangkring di trending nomor 5 YouTube Indonesia dengan viewers sudah hampir lewat 4 juta.

Coba cek deeh...

Sekalian sama dengerin lagu dan nonton MV-nya.. :D


Yah, itu lah reviewku mengenai lagu dan MV baru-nya DAY6.

Kalau kalian udah sempet lihat MV dan dengerin lagunya, coba dong gimana komentar kalian?

Dan kalau boleh menyarankan, ayo dengerin lagu mereka yang lain juga di album terbaru mereka ini.

Lagu-lagu lama mereka dari album-album sebelumnya juga boleh banget buat dicoba dan dikulik.. :D

Sebagian bisa kalian intip DISINI.

Track List di Mini Album TBoU : The Demon by DAY6

See you di next tulisan yaa....

Mungkin bahas isi album fisik TBoU : The Demon?
Atau bahas lagu-lagu baru dan gimana reaksi pertamaku waktu pertama kali dengarnya?

Kalau bahas isi album fisik, tunggu dulu sampe orderan albumku nyampe yaa. Kalau sekarang belom bisa. Meski unboxing isi album udah banyak bertebaran. Tapi aku nunggu punyaku sendiri sajaaa......
Okay?

See yaa...


BBAING~~

You May Also Like

1 comments