Senin, 07 April 2014

# Serba-Serbi

REVOKE Saja Aplikasinya..!!!

Kalian pengguna twitter...?? sering ngerasa keganggu dan sebel tingkat khayangan sama twit-twit macem beginian..?? atau kalian justru adalah salah satu korban yang twitternya tiba-tiba nge-twit kayak beginian..??


Emang siapa sih si Wawan ini...?? pake nge-spam twitter cuma buat ngajakin makan doang...?? Minta banget ditemenin makan gitu yaa..?? Minta ditemenin apa ditraktirin..?? Kalo minta ditraktirin, sini gue traktir yuukk... Gue traktir batu nisan tapi... :p

Selain ada si Wawan yang minta ditemenin makan, ada juga Pak Jokowi yang namanya dicatut jadi objek twitt berantai kayak si Wawan. Nama Pak Jokowi dicatut ini kayaknya sih karena mau menjelang pemilu dan pilpres gitu yaa.. :p


"Kampreettt.... Sialaann.... twitter gue dibajak...!! Jadi ngetwit yang aneh-aneh macem begituan..."

Rata-rata dan Kira-kira semacam gitu deehh reaksi pemilik akun twitter yang twitnya tiba-tiba ngetwit-ngetwit aneh macem gitu... Selaaawwww braayyyy.... Jangan keburu ngamuk-ngamuk dulu dan jangan buru-buru su'udzon akun lo di-hack sama temen lo atau di hack teroris atau alien.. :p Nggak... Akun lo nggak pernah di-hack... Akun lo cuma kena bot twitter braayy. Sekali lagi itu cuma BOT twitter.

BOT twitter sendiri itu sebenernya cuma sebuah aplikasi yang bisa bikin twit kita tetep jalan sendiri. Mau kita itu pas ON atau nggak. Kegunaan bot sendiri ya cuma biar angka twit kita naik terus dan biar followers kita ngira klo kita selalu ON..

Tapi yang terjadi akhir-akhir ini banyak tweepers yang terjebak sama bot-bot model gitu tanpa mereka sadari. Biasanya mereka kena bot macem gitu itu karena gak sengaja mencet link aneh yang lewat di TL mereka. Link-link aneh itu biasanya disisipin ke cuplikan-cuplikan artikel-artikel yang sekiranya menarik orang-orang dan mengundang orang untuk nge-klik link-nya. Naahh setelah link-nya di klik, biasanya bakal diarahin ke autorisasi aplikasi.. dan artikelnya..?? gak ada... bodong...!! Dari autorisasi aplikasi yang gak disadari itulah biasanya 'jebakan' bot jalan.

Trus cara buat ngilangin bot twitter macem gitu gimana...?? Gampang aja siihh... revoke atau hapus atau cabut izin penggunaan aplikasinya...

Caranyaaa...??

Caranya adalah lewat pengaturan aplikasi di twitter. Tapi ini harus dilakuin lewat PC/Laptop yaa... kalo lewat HP gak bisa...

1. Klik gambar roda gerigi di pojok kanan layar tampilan twittermu. Trus pilih Setting/Pengaturan.


2. Setelah masuk Setting/Pengaturan, di menu-menu yang ada di sisi kiri tampilan twittermu pilih pilihan 'Apps'. Setelah kebuka tampilannya, disitu bakal ditunjukin aplikasi-aplikasi apa aja yang pernah kamu pake selama kamu ngetwit. Nah... revoke aja aplikasi yang sekiranya mencurigakan dan itu aplikasi gak pernah merasa kamu pake buat twitteran sehari-hari. Misalnya, biasanya kamu ngetwit pake UberSosial for BlackBerry atau TweetCaster for Android atau Write Longer tapi disitu kamu nemu aplikasi yang gak lazim.. jadi aplikasi itu yang harus kamu revoke.


Tapi kalau ternyata semua aplikasi yang kamu temuin disitu adalah aplikasi-aplikasi yang umum dan gak mencurigakan, revoke aja semua aplikasinya untuk amannya. Masalah nanti waktu pake aplikasi yang biasa kamu pake dan harus autorisasi ulang lakuin aja, ikhlasin. Demi TL yang bersih. Iya kaann...??

Setelah aplikasi di-revoke, insya allah tuh twit-twit nyebelin yang suka nongkrong di TL kalian dan gak kalian kehendaki bakal ilang dan gak muncul-muncul lagi.

Dan biar gak kejebak bot twit lagi di kemudian hari.... diharapkan kalian lebih hati-hati dan waspada lagi kalau mau nge-klik link. Kalau link-nya aneh.. mending gak usah di-klik deh....

Nah, itu deh sedikit tips dari aku. Boleh kok dipraktekin kalau kalian adalah salah satu korban bot twitter. Boleh juga buat di-share ke kakak, adik, pacar, temen, cem-ceman, gebetan, atau kenalan kalian yang kena spam bot twitter. Biar dia gak ngamuk dengan bilang, "Kampreettt.... Sialaann.... twitter gue dibajak...!! Jadi ngetwit yang aneh-aneh macem begituan..."

PS:
Maaf buat dua temen twitterku yang akun twitt-nya kupajang buat contoh korban bot twitter... *sungkem*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar