Selasa, 05 April 2016

# curhat # Serba-Serbi

Mabuk Jus

Sebulan belakangan ini Ibuku lagi giat-giatnya menjalankan program hidup sehat. Program hidup sehatnya dengan tiada hari tanpa minum jus! Jadi setiap hari itu di rumah pasti ada aja jus yang harus diminum.

Jus yang pasti ada tiap hari itu jus jambu biji merah.
Jangan ditanya lagi kenapa kok harus jus jambu biji merah. Karena jambu biji merah dipercaya bisa mengobati penyakit-penyakit, diantaranya demam berdarah dan tipus. Jambu biji merah juga mengadung banyak vitamin, diantaranya vitamin C yang besar.

Berhubung Ayah yang sudah memasuki masa pensiun (lansia) dan Ibu yang akan segera menyusul, jus jambu yang dibikin pun gak murni jambu biji merah aja. Tapi ada kombinasinya. Biasanya jusnya dicampur sama apel. Kata Ibu ini buat menghindari diabetes.

Tapi berhubung Ibu, Mas, dan aku yang sangat rawa mudah terkena flu, jus jambu yang dibikin pun dicampur dengan kulit manggis. Kayak malam ini
Ini jus jambu + kulit manggis *asli gak pake ekstrak* :p
Eh, jus jambu dengan kulit manggis itu ternyata gak cuma buat obat flu aja lhoo. Tapi juga bisa buat penanganan-penanganan alergi lain. Bermanfaat juga untuk kesehatan kulit lhoo.. :D

Yang paling ngerasain manfaat rutin minum jus ini sih Ibuku. Katanya badannya lebih seger, kulitnya juga lebih seger, trus dari ceritanya pas ketemu orang-orang katanya badannya lebih gemuk dan cerah. *ciiieeee*

Selain 'diglonggong' tiap hari sama jus jambu biji merah yang dikombinasi, kadang ayah juga suka minta dibikinin jus yang lain. Sukanya sih minta dibikinin jus alpukat. Gak tau kenapa. Mungkin karena jus alpukat itu bikin kenyang. Karena belakangan, selain rutin minum jus ayah juga lagi rutin minum semacam vitamin penambah nafsu makan gitu... gara-garanya ayah kemarin sempet kebablasan diet yang bikin berat badannya turun drastis kayak orang sakit diabetes. Makanya sekarang lagi usaha dibalikin agak gemukan lagi badannya.


Beda ayah, beda Ibu.
Selain gampang banget flu, ibu itu juga gampang iritasi kulit. Sekalinya iritasi kulit, bisa sampe lamaaaaa banget dan katanya kalau udah iritasi gitu gatelnya ikutan lama juga.
Nah buat ngobatinnya, Ibu minum jus seledri. Soalnya pake salep kulit udah gak mempan lagi.

Kalau pas lagi semangat '45, di rumah sehari bisa bikin 2-3 jus sehari. Kayak dua hari yang lalu, siang jus alpukat malem jus jambu biji kombinasi.
Mabuk-mabuk deehh minum jus terus.. :v
Ehh... kita di rumah kalau bikin jus jarang pake sirup atau gula. Murni buah aja. Kalaupun harus pakai gula itu pas bikin jus jambu biji merah yang dicampur sama kulit manggis. Biar gak kerasa pahitnya si kulit manggis.

Oya, untuk kulit manggis yang dipake itu bukan kulit luarnya yaaa... tapi kulit dalamnya. Jadi kalau mau manfaatin kulit manggis untuk pengobatan (campuran jus) yang diambil kulit dalamnya dengan cara dikerok pake sendok. Ngeroknya juga harus langsung abis makan manggisnya, jangan ditunda. Soalnya kalau ditunda, justru bisa beracun ketularan kulit luarnya. Hasil kerokan kulit manggis yang sisa bisa disimpen dalam plastik masukin freezer kulkas. Nanti kalau mau di-jus, sebelum di jus kulit manggisnya direndem dulu di air matang selama 15 menitan abis itu dicuci bersih baru di jus.

Rendaman kulit manggis sebelum di jus sama jambu biji merah

Ditanya kenapa sih kok harus rajin banget minum jus??
Kalau kata Ibu siihh sekarang mending rajin dan rutin minum jus aja daripada harus ketergantungan obat-obatan kimia. Karena ketergantungan obat kimia itu nggak baik buat tubuh.

Jadi yaaaa...
Selamat 'mabuk' minum jus...... :v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar