Kenangan : Cerita tentang Gathering Nasional Javanica (plus Ketemu Tim KTJ)

by - Minggu, Januari 03, 2021

Hmmm.....
Tema #30DaysWritingChallenge2021 hari ketiga ini term-nya tentang "Memory".

Ngomongin apa yaa kalau bahas memori ini..??

Memori itu bisa termasuk tentang kenangan kan yaa..?? Kalau kita bahas mengenai kenangan yang cukup menarik di 2020 yang belum sempet aku ceritain aja gimana? :D :D

Okee yaa??
Boleh!

Okesip!


Jadi, memori atau kenangan yang ingin kubagi dan kuceritain kali adalah ketemu sama Om Hao, Mas Genta, Mas Dova, dan Mas Wendy yang merupakan tim dari Kisah Tanah Jawa.

Buat yang belum tahu Kisah Tanah Jawa (KTJ) adalah konten kreator di YouTube yang membahas gak hanya tentang kisah-kisah mistis yang ada di Pulau Jawa tapi juga tentang sejarah peradaban Jawa lebih umumnya Indonesia/Nusantara. Selain di YouTube mereka juga nerbitin buku yang pembahasannya lebih kurang sama dengan apa yang mereka bahas di YouTube. Hanya saja kalau buku, mereka lebih fokus ke satu cerita tertentu kemudian dibahas lebih mendalam.
Jangan lupa cek YouTube mereka gaiss... :D

Di postingan lain, aku coba bahas/review buku-buku dari tim KTJ yang udah aku baca deh yaa. Hehe.....

Jangan lupa diliat dan di-subscribe gaisss

Nah kembali ke cerita pertemuan sama Mas-mas dari Tim KTJ.

Pertemuan itu terjadinya di acara Gathering Nasional Javanica (sebutan fans KTJ) yang diadain di Obis Camp, Trawas, Mojokerto tanggal 5-6 Desember 2020.

Aku tahu info acara itu dari akun fanbase Javanica Jombang yang akhirnya aku follow setelah sekian lama jadi fans kasualnya KTJ.

Di awal-awal pas tahu kemudian suka sama KTJ, aku berniat cuma untuk jadi fans kasual aja, yang cuma nonton-nonton videonya di YT, nikmatin konten-konten visual (gambar) di IG mereka, atau dengerin podcast-podcast pendek yang kadang diupload di twitter mereka. Ditambah nge-follow akun-akun personalnya Om Hao sama Mas Genta buat mencukupi kekepoan seorang fans. Udah sampe disitu aja nggak sampe yang nyemplung ke komunitas fans dan sejenisnya.

Tapi ternyataa semua berubah ketika negara api menyerang. Eh bukan gitu deh... wkwkk...
Semua berubah ketika keinginan untuk punya temen ngobrol yang se-frekuensi, yang paham sama apa yang kita obrolin itu muncul. Ditambah keinginan untuk bisa ketemu sama Om Hao sama Mas Genta.
Kalau enggak ngenal komunitas fans, sepertinya cukup syulit untuk mewujudkan keinginan bertemu dua 'bintang'nya KTJ itu.

Dan bener aja saudara-saudaraaa.........

Intinya pada akhirnya aku memutuskan diri untuk nyemplung ke komunitas fans KTJ. Bahkan sampai daftar membership-nya KTJ yang di YouTube itu.
Yang awal-awalnya gak ada niatan nyemplung di dunia per-fans-annya, malah totalitas sampai daftar membership.

Okeskip!

T-shirt, wristband tiket, dan stiker dari GathNas Javanica

Gathering Nasional (GathNas) Javanica di Trawas itu sepemahanku diinisiasi oleh teman-teman Javanica Regional yang kemudian disupport oleh semua Javanica di Indonesia.

Selayaknya GathNas pada umumnya, acara di Trawas itu pun ajang ketemunya teman-teman Javanica dari (hampir) seluruh Indonesia. Ada yang dari wilayah-wilayah Jawa Timur seperti Kediri, Blitar, dan sekitarnya. Dari Jawa Tengah seperti Semarang, wilayah Plat K, hingga ada yang dari Jabodetabek dan tidak lupa BALI!

Semuanya rame-rame ketemu.

Tapi berhubung dan lagi-lagi sebagai makhluk introvert, aku gak bisa langsung akrab sama semua peserta. Aku cuma bisa bergaul di circle Javanica Jombang ditambah satu Javanica asal Mojokerto. Sisanya hanya sekadar kenal, say hai dan ngelihat aja dari jauh... :'(((

Cuma bisa deket sama mereka.....

Sesungguhnya kalau menurutku acara dua hari itu kurang berjalan lancar. Karena hari Sabtunya hampir SEHARIAN HUJAN! Agenda api unggun yang sekiranya dilakuin untuk mengakrabkan diri sekaligus sesi sharing sama tim KTJ terpaksa batal dan dialihkan dengan kumpul-kumpul di Pendopo aja.

Acara yang sekiranya dimulai sekitar jam 7 malem, molor. Bahkan belum ada satu pun dari tim KTJ yang nyampe di lokasi. Dimaklumi juga karena seharian hujan. Tapi ya cukup was-was juga gimana kalau mereka gak jadi dateng? Ditambah siang harinya, temen-temen masih pada lihat update story-nya Om Hao yang masih harus kondangan di Jogja. Meski beberapa jam kemudian, Om Hao update lagi kalau udah di rest area tol Madiun perjalanan menuju Jombang/Mojokerto.

Tapi bener-bener sampe jam 21.00 belum kelihatan penampakan kehadiran tim KTJ. Peserta udah mulai kasak-kusuk, bahkan ada beberapa yang udah mulai ngantuk dan bosen. Meski panitia udah coba nyairin suasana dengan nyanyi bareng.

Hingga akhirnya sekitar jam 21.45 tiga orang tim KTJ, Mas Genta, Mas Dova, dan Mas Wendy nyampe di tempat acara. Mas Genta nyengar-nyengir sambil bersikap sok cool ngeliat anak-anak yang masih seru nyanyi-nyanyi. 

Begitu Mas Genta berdiri di jarak bidik yang cukup lumayan, jiwa-jiwa fansite (halah) tiba-tiba muncul. Ambil HP dan foto....... meski hasilnya renyek juga. :p

Halo Mas gentayanginkamu :p

Ketika pertama kali ngeliat Mas Genta langsung, meskipun dari jauh kesanku adalah : "Ebuseeettt mas-mas yang biasa kuliat di YouTube sekarang bisa liat langsung. wkwkwkk...."
Cengengas-cengengesnya Mas Genta di real sama di video-video KTJ ternyata gak beda. Sama aja. Cuma bedanya, kayak-kayaknya Mas Genta ini tipikal orang yang lebih ganteng penampakan aslinya dibanding ketika di depan kamera (di video KTJ).

Berhubung 'bintang tamu' udah datang, dipersilahkan lah beliau ini untuk berbagi cerita mengenai pengalaman yang dipunya. Mas Genta cerita kalau mereka berangkat langsung dari Jogja ke Mojokerto dan sempet nyasar. Selanjutnya entah apa lagi yang Mas Genta ceritain karena jujur aku gak terlalu nyimak karena suara soundnya agak renyek... :'((
Selain itu, aku juga jadi gak konsen karena mendadak berhasrat pengen berubah haluan jadi fansite-nya Mas Genta. Eike sibuk foto-fotoin blio, Bun..... *tidak patut untuk dicontoh. karmanya fotonya gak banyak yang bagus. sukurin!*

Abis Mas Genta yang cerita giliran Mas Dova sama Mas Wendy yang kayaknya nyeritain pengalaman mereka waktu di Alas Purwo. Lebih lengkap dan seru simak aja cerita mereka waktu di Alas Purwo di YouTubenya KTJ. :p



Halo Mas Dova..... :D

Meski udah ada Mas Genta, Mas Dova, sama Mas Wendy, tapi sosok Om Hao sebagai magnet utamanya utamanya KTJ yang belum juga keliatan tetep bikin was-was. Hingga akhirnya sekitar jam 11 kurang, Om Hao dateng......

Cuma sayangnyaaaa..... Om Hao agak kurang enak badan! Akhirnya urung dah tuh sesi sharing-sharing.
Tapi Om Hao masih meladeni teman-teman yang mau minta foto bareng dan minta TTD di buku KTJ.

Akhirnya sesi sharing baru bisa dilakuin keesokan paginya setelah senam pagi dan sarapan.

Sesi sharing ini cukup deep banget pesannya. 
Satu pesan yang sangat harus dan wajib diingat adalah bahwa sebagai generasi muda tidak melupakan dan justru harus melestarikan sejarah. 
Hal-hal seperti kesenian dan kebudayaan harus dipelajari dan dilestarikan.


Disini bener-bener deh, kebijaksanaan, dan kalemnya Om Hao yang biasanya cuma liat di YouTube sama zoom tuh kerasa langsung. Dan emang se amazing itu orangnya. Kalau jelasin tuh setenang kalau di video.

Jadi makin ngefans dan kagum sama beliau.

SERIUS!

Semoga lain kali bisa ketemu lagi sama Om Hao dan Tim KTJ yang lain.... :D

Thank you buat teman-teman Javanica Jombang yang udah ngasih info dan ngebarengin di acara ini.
Khubbi, Hanani, Anis, temennya Khubbi yang aku lupa namanya, dan Bu Intan sekeluarga.
Semoga lain kali bisa main-main dan eksplor bareng lagi.

(sebagian) Javanica Jombang bareng sama Om Hao dan Mas Dova









*eh, apa gak ada foto-foto bareng (yang berdua aja) sama Om Hao dan Mas Genta?
ADA DONG!!
Liat aja di highlite IG-story ku yaaak..... :D :D

You May Also Like

0 comments